Gunakan Gratisan Untuk Belajar

Gunakan gratisan untuk belajar bukanlah kata-kata mutiara, hanya kata saya yang kadang tidak bisa belajar karena terbentur biaya. Ini terkait hobi, misalnya untuk upgrade kemampaun diri yang berkaitan dengan mendaki gunung seperti P3K, Survival, Navigasi dan lain sebagiannya butuh praktek, dan praktek tentu butuh peralatan dan perlengkapan yang tentu mengeluarkan biaya, kalau di hitung-hitung lumayan juga biayanya. Terus apa kita berhenti karena tidak punya biaya ? Kalau menurut saya sih...kerjakan apa yang bisa dikerjakan dulu, terutama yang tidak membutuhkan biaya banyak, syukur-syukur bisa gratisan.
admin santri dan alam
Beberapa Hobi Admin Santri Dan Alam

Memang kebetulan saya kerja di tempat yang akses komputer dan internetnya bisa kapan saja, bagi saya tidak perlu bayar, internet lumayan kencang kalau dipakai sendiri he he.., jadi lihat gratisan seperti ini, saya manfaatkan saja. Ebook, tutorial yang kita butuhkan tinggal search di google,kerjakan hobi yang berkaitan dengan mendaki gunung di depan monitor dulu saja. Kalau mentok memang harus dipraktekkan di lapangan, ganti saja hobinya ke utek-utek komputer, kerjakan apa yang bisa kita kerjakan dulu. Hobi sementara alihkan ke komputer coba untuk pakai linux jangan windows terus walaupun kalau mau utek-utek windows pun tidak ada selesainya he he..

Di tulisan kali ini hanya sebuah catatan admin pribadi saat mencoba membuat peta, kenapa harus buat ? Karena tidak ada yang memberikan peta gratisan. Tak apalah beli sebuah peta rupa bumi indonesia (RBI), untuk satu wilayah dengan ukuran kertas A1 skala 1:25000 harganya sekitar Rp 50.000,- belum termasuk ongkir. Kalau satu keluar biaya sedikit, tapi setelah asyik menekuni navigasi darat, ntar pingin beli lagi...eh..keinginan tersebut akan kandas karena butuh biaya lagi.

Pertamakali Berkenalan Dengan QGIS 
Setelah googling sana sini ( walaupun belum paham banget soal produksi sebuah peta secara digital, mungkin ada yang mau nerangkan biar paham) ketemu software open source lumayan mudah dibandingkan dengan ArcGIS yang berat dijalankan di komputer spek minim ini. ArcGIS mungkin saja poweful karena berbayar (walaupun kalau mau cari pasti ada yang bajakan) tapi software yang saya dapat dari hasil googling ini juga bisa berjalan di linux. Weits...sekalian aja aktifkan lagi utek-utek linux mintnya yang sempat berhenti lama, langsung booting ke linuxmint cari lewat Management Software ketik QGIS, dan instal saja, mudah semudah instal program di windows gak perlu jauh-jauh ke terminal bus he he. Trus bagaimana cara menggunakan QGIS,bisa ikuti tutorialnya di sini : http://www.qgistutorials.com/id/

Instal XDM di Linuxmint
Saat bersemangat memakai linux tentu saja mengalami kendala apalagi ketika sehari-hari kita tidak lepas dari penggunaan aplikasi yang adanya di windows. Kita sudah terbiasa mendownload dengan cepat pakai IDM (internet download manager), terus bagaimana kalau kita migrasi ke linux ? Pengguna linux mint bisa memakai XDM (xtrem download manager) tool yang gratis tapi tidak mengecewakan. Di tulisan ini (lebih tepatnya catatan admin saja) sekedar rewrite apa yang sudah admin lakukan, yaitu cara menginstal XDM di linux mint.

  1.  Silakan download XDM di sini.
  2.  Pilih dan sesuaikan dengan OS (operating system) yang kita gunakan
  3.  Ekstrak file yang kita download tadi
  4.  Klik kanan pada area kosong , pilih "open in terminal "
  5.  Ketik di terminal perintah : sudo sh ./install.sh
  6.  Dan tunggu sampai proses instalasi selesai
  7.  Buka XDM via start menu


Segini aja dulu lah postingan di blog kali ini, belum bisa disebut sebuah tulisan tutorial, jadi admin masukkan saja ke kategori unek-unek admin

0 Response to "Gunakan Gratisan Untuk Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel