Mengenal Kompas dan Cara Menggunakannya Untuk Navigasi Darat

Macam Kompas Dan Cara Pemakaiannya Untuk Navigasi Darat

Bingung mempelajari navigasi darat sebaiknya dari mana ? Daripada bingung pelajari saja dari yang paling mudah dulu dan yang sedang kita senangi. Bagi kita yang tidak pernah ikut diklat, tidak pernah ikut pelatihan, tetapi tertarik dengan navigasi darat setelah dapat informasi dari teman pendaki yang lain, maka membaca banyak referensi, membeli perlengkapan yang dibutuhkan dan kedepannya harus banyak berlatih.

Pada tulisan kali ini, kami mulai dari mengenal kompas. Dari beberapa referensi yang kami baca, kompas banyak macamnya. Untuk kebutuhan navigasi darat yang sering dipakai adalah kompas bidik dan kompas orientasi. Kedua kompas tersebut dipasaran dengan beberapa merk.

Bagian-Bagian Kompas Bidik


memakai kompas bidik


Fungsi Kompas Bidik
  • Untuk membidik objek/sasaran yang jelas di medan, sehingga didapatkan besar sudut antara objek dengan arah Utara ( sudut azimuth )
  • Untuk membidik/mencari objek, ketika sudah diketahui sudut dari utara (azimuth) dengan cara melihat  pada peta ( di ukur dan di hitung )
  • Dengan membidik sebuah objek dan mencocokan posisi objek tersebut pada peta, bisa mengetahui posisi kita di lapangan dan di peta, sehingga memudahkan ketika bernavigasi (berjalan menuju sebuah tempat)

Bagian-Bagian Kompas Orientasi

Kompas orientasi yang  sebagian mengenalnya dengan nama kompas silva ( silva hanya salah satu dari brand kompas). Dinamakan kompas orientasi karena fungsinya untuk bernavigasi dengan pedoman (orientasi) pada peta. Bagian-bagian kompas orientasi yang membedakan dengan kompas yang lainnya adalah sebagai berikut :


bagian kompas orientasi
Bagian-bagian Kompas Orientasi


Fungsi Kompas Orientasi
Fungsi umumnya adalah untuk bernavigasi (berjalan ke suatu tujuan) dengan berpedoman (berorientasi) pada peta.


Bagian- bagian Kompas Multifungsi

Dinamakan kompas multifungsi karena memiliki beberapa fungsi gabungan dari kompas bidik dan kompas orientasi. Bagian-bagian kompas multifungsi lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini :


bagian kompas multifungsi
Kompas Multifungsi


Fungsi Kompas Multifungsi

Kompas multifungsi bisa digunakan seperti kompas bidik sekaligus bisa juga dipakai seperti kompas orientasi. Ada juga tambahan klinometer untuk mengukur sudut elevasi, penerapannya klinometer bisa untuk mengukur tinggi sebuah benda misalnya ketinggian pohon dan sebagainya

Cara Penggunaan
Bagaimana cara penggunaan kompas bidik, kompas orientasi dan kompas multifungsi di atas ? Karena dengan paham penggunaan kompas tersebut akan paham juga fungsi dari kompas tersebut dalam navigasi. Tunggu kami bisa membeli kompas-kompas di atas dan membeli peta topografi agar bisa mempraktekkan secara langsung dan bisa melanjutkan tulisan ini.

0 Response to "Mengenal Kompas dan Cara Menggunakannya Untuk Navigasi Darat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel