Santri Dan Alam

Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Tracklog Pendakian Gunung Merapi Via Babadan

Rencana bulan Mei 2018 ini, ada rekan yang akan mendaki Gunung Merapi lewat jalur Babadan Magelang, walaupun sebenarnya jalur pendakian Gunung Merapi saat ini yang resmi di Selo Boyolali dan Sapuangin Klaten. Memang dulu ada jalur pendakian via Babadan dan karena aktivitas erupsi Gunung Merapi seperti jalur Kinahrejo, jalur Babadan pun jarang pendaki yang melewatinya dan di tutup.
mendaki merapi babadan
Lembah Kali Gesik, Merapi Via Babadan

Maaf kalau ada pembaca yang kecewa karena merasa terkecoh dengan judul artikel ini, memang benar kami pribadi belum punya data pendakian Gunung Merapi via Babadan, mencari di google ternyata ada juga data di sebuah blog, ada peta rutenya namun sayangnya yang di minta rekan kami adalah tracklog GPS pendakian Gunung Merapi via Babadan. Jadi tugas kami harus bisa membaca peta rute tersebut dan mengintrepretasikan ke google map misalnya dan di ploting ulang untuk dapatkan koordinatnya.

Sebuah tugas yang tidak mudah, apa bisa dengan teknik georeferensi ya ? apa di kira-kira, di jiplak dan dipaskan dengan google map, sebuah cara yang tidak menjanjikan keakuratan tracklog tersebut. Untuk menambah referensi lagi, terus saya cari rute Pendakian Gunung Merapi via Babadan yang lainnya, dapat dari situsnya merapi bgl esdm.



babadan
Sumber : BPPTKG

Georeferensi Dengan QGIS
Untuk melakukan georeferensi dari gambar jalur pendakian di atas harus tahu paling tidak koordinat keempat titik : Kiri Atas, Kanan Atas, Kiri Bawah, Kanan Bawah. Kesulitan menentukan koordinat tersebut akhirnya kami potong gambar peta dengan beberapa titik referensi, yaitu Pos Babadan dan Desa Kinahrejo dengan mencari di google map dan google earth koordinat tersebut.


merapi, selo, babadan, kinahrejo
file .tif dari gambar yang sudah kami coba georeferensikan


Menggambar Ulang Jalur Pendakian Dalam Layer .shp Untuk Di ubah Nantinya ke .kml atau gpx

Jika memang tracklog hasil jiplak tersebut kurang akurat, lebih amannya kalau mendaki gunung minta ditemani dengan pemandu atau orang yang sudah pernah melewati jalur tersebut, karena medan di lapangan tentu tidak tergambarkan secara utuh hanya dengan melihat peta atau tracklog GPS apa adanya.

Kalau nanti jadi mendaki via Babadan dan bisa merekam track pendakian tersebut, insyaallah tulisan ini akan di update dan ditambahi tracklog GPS tersebut kalau memang di bolehkan untuk di share secara luas. Bagi rekan yang punya pendapat dan masukkan bisa komentar di kolom komentar, dan terimakasih telah membaca tulisan ini.
 



Baca Juga :
 Mendaki Gunung Merapi Via Babadan   

Tracklog Pendakian Gunung Di Indonesia 


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tracklog Pendakian Gunung Merapi Via Babadan"

 
Template By Kunci Dunia