Pendakian Gunung Prahu Jalur Kenjuran Sukorejo Kendal

Sudah lama ingin naik Gunung Prahu lewat jalur dusun Kenjuran, karena aku (admin sandal) aslinya anak Sukorejo juga,rasanya tidak gaul kalau satu kecamatan tapi tidak tahu jalur pendakian Gunung Prahu lewat Kenjuran.

Akhirnya tanggal 15 Desember 2012, hari Sabtu kami bertiga (Yoiyok, Hamzah dan satu teman dari daerah Batang yaitu Aji) nanjak Gunung Prahu lewat Kenjuran, pendakian ini bersifat mendadak, mengingat ada acara penghijauan di Gunung Prahu, acara dari rekan pecinta alam dari Patak Banteng Wonosobo (sisi selatan Gunung Prahu).Biasanya acara seperti ini rame,mengundang PA dari semua sisi Gunung Prahu. Maka kemungkinan besar ada yang mendaki Gunung Prahu lewat Kenjuran (sisi utara Gunung Prahu )

puncak gunung prau
Jalan- Jalan Ke Puncak Gunung Prahu

Masalah Transportasi
Untuk ke Desa Kenjuran dari Sukorejo bisa ditempuh dengan motor dan mobil, untuk ojek dan angkot kami belum punya informasi banyak. Berangkatnya kami dicarikan oleh teman ojekan dengan tarif 35.000 rupiah.

Untuk pulangnya kami bareng dengan anak-anak Sukorejo naik mobil colt terbuka dengan bayar 10.000 rupiah per orangnya,saat itu ada sekitar enam belas orang (lupa ngitung nya he he..)

Rute ke Kenjuran
Untuk rute detail belum bisa kami sampaikan karena kami belum punya GPS, semoga catatan sederhana dari ingatan kami ini bisa membantu.
Dari Bundaran Sukorejo ke selatan menuju Puskesmas Sukorejo. Susuri terus Jl. Banaran (jalan menuju perkebunan cengkeh Banaran ), setelah lihat google map malah tambah bingung kok banyak jalan menuju Bringinsari, intinya setelah lihat gapura Bringinsari jangan masuk ke Kelurahan Bringinsari tapi ambil jalan menuju Kelurahan Ngargosari, terus nanjak menuju Kelurahan Purwosari, dan dari Purwosari lanjutkan ke Dusun Kenjuran.

kenjuran,gunung prau
Perjalanan ke Kenjuran

banaran,sukorejo,gunung prau
Lewati Perkebunan Cengkih Banaran

Kondisi jalan menuju Dusun Kenjuran bervariasi dari yang beraspal, beraspal tapi mulai rusak, dan batu-batuan yang di tata.

start awal pendakian gunung prahu kenjuran
Kondisi Jalan Dusun Kenjuran Menuju Start Pendakian

Selanjutnya belok ke kanan, jalan ke ladang jagung (pada saat kami naik ladang di tanami jagung). Jalan agak lebar berupa tanah, kalau musim hujan basah kalau musim kemarau kemungkinan berdebu.

jalur,kenjuran,gunung prau
Jalan Awal Pendakian Gunung Prahu Kenjuran

Selanjutnya lurus terus, sebelah kanan terlihat ada mushola atau masjid kurang tahu , he he..

pendakian gunung prahu kenjuran
Di Masjid Ini Bisa Isi Air Dulu Sebelum Nanjak

Kita lanjutkan perjalanan dengan jalan lurus terus, sampai ada persimpangan, ambil jalan ke kanan yang nanjak.

tanjakan pertama,kenjuran,gunung prau
Tanjakan Pertama

kenjuran,ladang,gunung prau
Lumayan Tanjakannya Untuk Pemanasan

Istirahat dulu kalau capek lewati tanjakan ladang jagung ini. Setelahnya belok ke kiri, nanjak lagi lho..!! Sambil istirahat sambil nikmati perjalanan dan foto-foto pemandangan.

dusun kenjuran dari atas ladang gandum
Dusun Kenjuran Dari Atas Ladang Jagung

Lanjutkan lagi jalannya pelan-pelan saja insyaallah sampai puncak, kejar waktu, takut kemalaman di hutan. Beberapa menit kemudian akan kita jumpai deretan pohon-pohon pinus.

pinus,kenjuran,gunung prau
Pohon Pinus Yang Lumayan Banyak Di Sekitar Jalur Ini

Perjalanan sampai puncak biasanya 5- 6 jam, maka di perhitungkan tenaga,waktu,logistik. Buat perjalanan ini nyaman, semangat dan rasa senang tetap harus di tanamkan, berpikir dengan jernih dan bermusyawarah dengan cepat ketika menemui persimpangan. Lihat tanda-tanda yang di buat pendaki sebelumnya misalnya  tali rafia ( tali plastik) yang di talikan di semak-semak atau pohon. Utamakan jalan yang sering dilalui orang dengan ciri-ciri tidak tertutup rumput dan semak-semak.

hutan gunung prahu kenjuran
Hutan Gunung Prahu Jalur Kenjuran

pos istirahat,kenjuran,gunung prau
 Di Hutan Gunung Prahu Kenjuran

Jalur di hutan sudah enak, lebar dan landai, jalur tersebut biasa di pakai untuk motor trail. Kami berhenti sejenak nikmati suasana hutan, sunyi... hanya terdengar suara binatang. Terdengar suara burung dan lutung (monyet) di atas pohon. Seiring kabut dan gerimis, kami lanjutkan perjalanan lagi, menapaki jalan yang tertutup dengan daun-daun, terasa lunak tanah yang kami pijak.

hutan lebat,kenjuran,gunung prau
Cahaya Di Sela- Sela Pohon Yang Rindang
jalur empuk,gunung prau,kenjuran
Jalur Paling Empuk (lunak) Menuju Gunung Prahu Kenjuran
Alhamdulilah kita telah lewati jalur hutan menjelang maghrib, perut lapar karena seharian belum makan. Pendakian ini pendakian dadakan, logistik cuma bawa beras kurang dari 1 kg, mie goreng 2 bungkus, coklat 6 batang, air cuma 1,5 litter. Tapi temen kita yang dari batang, Si Aji, alhamdulilah bawa rambutan yang di sepanjang perjalanan kita makan untuk pelepas dahaga dan menghemat air. Aji juga bawa susu 4 sachet, air 3 litter, roti tawar, dan mie. Untuk mengganjal perut yang sudah kelaparan ini, kita makan roti sekaligus menarik nafas dalam-dalam, nikmati udara senja hari yang makin dingin.

senja di gunung prau
Senja Hari Menuju Gunung Prahu

Malam mulai merambat, kamera sudah tidak bisa mengumpulkan cahaya, kabut juga makin tebal. Bukit-bukit mulai kelihatan, pohon pinus pertama di area puncak Gunung Prahu juga mulai kelihatan, kenali medan dan hapalkan tanda-tanda alam. Masih asing terasa di antara bukit-bukit ini, walaupun ku pernah naik dari Dieng dan Patak Banteng, tapi kalau di lihat dari arah Kenjuran tidak tahu arah juga, di tambah kabut mulai tebal. Ku punya ide tuk naik ke puncak salah satu bukit, kita sudah menyalakan senter, maka serentak dari arah puncak Patak Banteng para pendaki menyalakan senter juga. Dengan jalan pelan-pelan, kita turun dan mendekat ke camp teman-teman PA di puncak Patak Banteng. Cari-cari tempat yang pas untuk ngecamp, akhirnya kita putuskan ngecamp di puncak bukit, menghadap ke Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Semalaman kita terus di guyur dengan gerimis, sehingga tenda pun rembes, petualangan baru di musim hujan dengan kondisi di dalam tenda basah semua. Kita mencoba bertahan sampai pagi pun tiba.

sindoro,gunung prau
View Sindoro Sumbing Berselimut Awan

Golden Sunrise Gunung Prahu- Santri dan alam
Golden Sunrise Gunung Prahu

Menapaki bukit-bukit di Puncak Gunung Prahu tiada bosannya, bunga-bunga bertebaran dan bukit menghijau sejauh mata memandang, tapi saatnya kita tuk pulang, inilah catatan sederhana kita mendaki Gunung Prahu lewat Kenjuran Sukorejo Kendal.
Smoga bermanfaat !!

yoyok sukorejo,gunung prau
Ayo Pulang Yuk...

Catatan : Jika pulang lewat jalur Kenjuran setelah pohon pinus terakhir, ada persimpangan, ambil jalan ke kiri jangan yang kanan. Ke kiri dan cari patok warna putih menuju jalur Kenjuran.

Pengalaman : Kita pulangnya  ambil yang kanan, sehingga tersesat di jalur yang smakin lama semakin rimbun semak-semaknya, karena kita coba menelusurinya dan berakibat 1 jam lebih kita cuma muter-muter bukit yang penuh dengan semak tak jarang duripun menggores kulit-kulit kita.

14 komentar untuk "Pendakian Gunung Prahu Jalur Kenjuran Sukorejo Kendal"

Comment Author Avatar
saya pernah denger orang dieng nyasar sampe sini.. pas lewat hutan2 katanya lebet banget ..
Kalau tersesat berarti tidak pada jalur yang telah dibuat, memang kalau keluar jalur akan berhadapan dengan hutan yang lebat, semoga hutan tersebut terjaga kelestariannya
Masya Allah hebat euy anak kenjuran suka ngeblog juga. good.

salam kenal

By Tito anak sebelah kenjuran
Comment Author Avatar
Sebetulnya admin bukan anak kenjuran, tapi tepatnya anak Sukorejo. Salam kenal kembali
Halow gan. setelah naik prau lewat jalur patak banteng dan kenjuran sukorejo, lebih enak mana gan treknya? dan apa aja perbedannnya. thanks
Kalau dilihat dari transportasi dan waktu tempuh memang lebih mudah dan lebih cepat lewat Patak Banteng. Untuk trek naik gunung rata-rata sama ada tanjakannya.

Perbedaannya waktu tempuh, jalur hutannya, suasana rame dan tidaknya,transportasi dan jalan menuju basecamp
Comment Author Avatar
mas minta no WA nya basecamp kenjuruan
dulu belum ada basecampnya, saya cari di google map basecamp kenjuran : 0819 0112 2388, link map : https://goo.gl/maps/Ua1TXJRqtiYjFwTVA
semoga membantu
Comment Author Avatar
ada yg punya tracklog prau via dusun kenjuran?
kebetulan dulu saat naik belum punya GPS dan android jadi tidak bisa buat tracklog pendakian gunung perahu via kenjuran
Apakah via kenjuran di buka min untuk umum.?
Comment Author Avatar
setahu saya via kenjuran dulu dibuka umum, cari di google map tahun 2022 ini adanya : Wisata Pendakian G. Prau Kenjuran

atau tanya ke akun IG : shelterprauoutdoor
Comment Author Avatar
Saya dulu cuma sampai pos 3 karena bawa anak2 kecil. Hutan Prau via kenjuran memang lebat sekali, medannya lumayan susah dan jarak tempuh ke puncak lebih lama, jadi jarang ada pendaki yang mau lewat situ.
Keren banget bang 2012 sudah mulai mendaki dan lewat jalur yang sepi... Semoga bermanfaat bang informasi nya sehat terus... Salam dari batang