Membuat Toko Online Wordpress - Pilih Tema Toko Online

Harapannya, pembaca sudah paham dengan namanya toko online dan wordpress itu sendiri, informasi tentang dua hal tersebut banyak juga di dunia maya, bisa di cari dengan bantuan google. Di tulisan ini hanya mengulas apa yang sudah kami lakukan, yaitu membuat toko online wordpress.

tema gratisan
Sekedar contoh website Yang telah kami buat
Pertama, beli hosting dan domain, misalnya beli di IDWEBHOST  , mudah kok proses registrasinya, pakai bahasa Indonesia kalau tidak tahu pun bisa tanya (chat) langsung dengan customer supportnya. 

cara beli hosting
Di website idwebhost Pilih Menu Hosting

Setelah memilih menu hosting untuk awal kita membeli hosting dan domain di idwebhost, selanjutnya akan ada pilihan paket hostingnya. Untuk pertama kali kita pilih saja yang paket id Medium, paket ini sudah dapat gratisan domain.

paket hosting di idwebhost
Pilih saja yang paket id Medium untuk awal membuat web


Masuk ke step pertama, kita beli hosting dengan beberapa keterangan seperti kapasitas hosting kita 1 GB dan bandwithnya 25 GB, ada juga keterangan gratis domain dan pilihan beli hosting untuk berapa tahun, klik ORDER dan akan menuju ke step selanjutnya, yaitu ke step 2

Pilih untuk berapa tahun, misalnya kita pilih untuk satu tahun dulu

Step 2 yaitu pilihan nama domain di idwebhost, ada beberapa pilihan, kalau belum punya domain maka pilih daftar domain, kalau sudah punya bisa di transfer domain juga atau beli hosting tanpa domainpun bisa. Isikan nama domain di kotak, misalnya:  www.coba.com, maka sistem akan mengecek apakah sudah dipakai oleh orang lain atau belum domain tersebut. Kalau status tersedia berarti bisa kita lanjutkan ordernya, kalau status domain tidak tersedia, maka kita pilih nama yang lainnya. Demikian mudah sekali membeli hosting dan domain. Untuk step-step selanjutnya silahkan di coba pelan-pelan saja bagi yang memang baru pertama melakukan proses pembelian hosting dan domain.

cara beli domain di idwebhost
Step 2. Pilihan saat order domain

Setelah pembelian hosting dan domain selesai dan akan ada notifikasi / pemberitahuan di email kita (tentu saja kalau urusan di dunia maya harus punya email jadi jangan malas buat email), selanjutnya akan mendapat akun untuk masuk C-Panel domain kita.

cpanel-instal wordpress
Masuk Cpanel Untuk Instal Wordpress

Setelah masuk ke Cpanel, sekarang kita lakukan instalasi untuk wordpressnya, prosesnya juga mudah sekali. Cari softaculous installer  (scroll terus sampai ke bawah) dan klik logo wordpress (yang kami lingkari merah)

cara instal wordpress di cpanel
softaculous installer di cpanel


cara instal wordpress di hosting
Wordpress Yang Akan DiInstal
Directory untuk instal wordpress, hapus tulisan WP

cara instal wordpress di cpanel
Scrol ke bawah dan klik Instal

Setelah kita ikuti langkah-langkahnya dan selesai  proses instalasi, maka akan diarahkan ke login dashboard dan akan mengisi username dan password, sampai sini kita sebenarnya sudah punya website wordpress di hosting dan domain yang sudah kita beli tadi. Proses selanjutnya kita akan menginstal tema toko online untuk wordpress.

Pilih Tema Toko Online Untuk Wordpress
Tema toko online wordpress kalau kita cari di google sebenarnya banyak juga yang gratisan, hanya saja kita perlu mengintegrasikan dengan plugin woocommerce, kalau saja pengguna internet di Indonesia ini terkhusus calon pembeli di toko online nantinya bisa berbahasa inggris dengan baik, maka tidak ada kendala kalau interfacenya nanti dengan bahasa inggris, karena woocommerce berbahasa inggris walaupun sudah ada yang menterjemahkan ke bahasa Indonesia tapi belum semuanya.

Dari beberapa hal di atas, maka kami penulis karena masih pemula, akhirnya memutuskan untuk membeli tema toko online wordpress yang mudah digunakan (user friendly), tema yang kami pakai adalah smart tokoanda pun bisa membelinya di sini.  Harga relatif murah Rp 310.000,- saat kami membelinya.

Sedikit review dari tema yang kami pakai ini : 
  • Tema ini sangat mudah sekali digunakan, tampilan lumayan menarik, warna bisa di custom sendiri dengan mudah.
  • Ada slide show
  • Sangat mendukung untuk toko online otomatis, tinggal klik beli dan isi data pembeli
  • Ada pengaturan keranjang
  • Ada pemilihan pengiriman 
  • Bisa pesan barang via sms
  • Ada pop up Promosi
  • Mudah dishare di berbagai medsos
  • Ada kolom komentar untuk facebook
  • Mendukung facebook pixel
  • Bisa digunakan untuk afiliasi, reseller,dropshiping 
Benar-benar tema toko online yang smart, penasaran bisa order DI SINI

Instal Tema Toko Online di Wordpress 
Instal Lewat Dashboard
Masuk ke dashboard wordpress kita, di alamat : https://domainkita/wp-admin. Kita isikan username dan password untuk login.

Username-Email-Password-Login-Wp-Admin
Username-Email-Password-Login-Wp-Admin

Setelah login,  cari menu Appearance / Tampilan terus pilih Themes/Tema lanjutkan Pilih Add New / Tambahkan baru , dan Upload /Unggah Tema, kami anggap mudah cara instal tema, kalau gagal ada pesan file terlalu besar, maka kita gunakan cara ke dua yaitu upload file tema ke Cpanel.

Instal Tema Wordpress Via CPanel
Sebenarnya untuk instal tema bisa lewat dashboard, tapi karena file tema yang kami pakai lumayan besar, maka instal temanya lewat cpanel. Masuk ke cpanel, terus cari File Manager, pilih public_html, lanjutkan ke wp-content , pilih themes, dan upload file tema , terakhir ekstra file tema tersebut. Langkah selanjutnya tinggal kembali ke dashboard dan ke pengaturan tema. Maaf karena kami anggap mudah sehingga tidak kami sertakan screenshootnya.

Setelah tema diaktifkan dan website tidak terbuka, coba hubungi saja pihak customer supportnya idwebhost. Kalau proses berhasil maka kita loginnya tidak di wp-admin lagi, tapi di  https://domainkita/myaccount/login/

tema wordpress toko online
Contoh Login Area

Demikian di coba-coba saja, semoga berhasil dan sukses bisnis anda di dunia maya ini. Kalau ada masukkan bisa corat-coret dan berkomentar di kolom komentar di akhir postingan ini.

2 Komentar untuk "Membuat Toko Online Wordpress - Pilih Tema Toko Online"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel