Rumah RISHA Semoga Bisa Menjadi Solusi Bagi Yang Kesulitan Pendanaan Dalam Membuat Rumah

Sudah terbiasa mencari informasi dengan mengakses di google, sedikit lupa awalnya saya mencari informasi tentang apa ya? kok secara tidak sengaja akhirnya mampir ke youtube, di tayangan youtube tersebut ada penjelasan soal Patahan Lembang di Bandung. Apa saya lagi mencari produsen kaos atau sablon di Bandung ? Karena lupa ya sudahlah, intinya dalam tulisan kali ini saya hanya sharing tentang rumah yang dibuat dengan sistem RISHA.

RISHA Rumah Instan Sederhana Sehat
RISHA Rumah Instan Sederhana Sehat

Apa itu rumah RISHA, tinggal ketik di google saja dengan kata kunci RISHA maka bermunculan informasi tersebut. RISHA adalah akronim dari Rumah Instan Sederhana Sehat. 

Rumah instan adalah rumah yang dibangun dengan sistem pabrikasi komponen-komponennya, selanjutnya  komponen tersebut dirakit di lapangan tanpa mengalami modifikasi terhadap komponen-komponen tersebut. Adapun Rumah Sederhana Sehat ( RSH) adalah rumah yang memenuhi ketentuan dasar kenyamanan, keamanan,keselamatan, dan kesehatan bangunan serta penghuninya.


Yang membuat saya tertarik dengan rumah RISHA ini adalah tahan gempa atau saya lebih suka menyebutnya rumah ramah gempa. Rumah ramah gempa tentunya bisa diusahakan dengan penerapan teknik bangunan, tetapi bagi saya orang yang tidak paham tentang bangunan, terlalu ribet memikirkan hal tersebut. Dengan RISHA kita tidak usah memikirkan terlalu ribet persoalan teknis dalam bangunan, intinya RISHA berusaha menyederhanakan hal tersebut.

Komponen RISHA
  • Komponen Pondasi untuk menjaga agar panel struktural RISHA berdiri tegak dan menapak tanah dengan baik dan tidak mudah geser.
  • Panel Struktural ( P1 dan P2 ) sebagai komponen pemikul beban diterapkan sebagai balok,kolom atau sloof.
  • Panel penyambung ( simpul atau P3 ) diterapkan untuk titik pertemuan kontruksi antara kolom dan balok serta sloof, kaki kuda-kuda untuk atap.

Panel Struktural Rumah RISHA
Panel Struktural Rumah RISHA

  • Komponen atap, untuk menopang atap membutuhkan rangka (kuda-kuda) yang terbuat dari kayu. Persyaratan kayu untuk kuda-kuda yaitu seperti pada gambar di bawah ini.

Persyaratan Bahan Kayu Untuk Kuda-Kuda
Persyaratan Bahan Kayu Untuk Kuda-Kuda

  • Komponen non struktural seperti : dinding (panel masif), jendela, pintu
Bahan Untuk Komponen Non Struktural RISHA
Bahan Untuk Komponen Non Struktural RISHA
  • Komponen utilitas seperti : kamar mandi, sistem air bersih, pembuangan limbah. Bahan dasar pembuatan kamar mandi kapsul adalah fiber yang terdiri dari unsur-unsur resin, katalis dan mats/serat fiber
Persyaratan Bahan Pembuatan Kamar Mandi Kapsul

Untuk selengkapnya tentang rumah RISHA ini bisa di lihat pada modul di bawah ini :


Apakah Rumah RISHA itu MURAH ?
Pemilihan bahan, konsep yang sederhana, sedikitnya kebutuhan pekerja tentunya bisa memangkas banyak biaya pembuatan rumah. Coba tanyakan langsung ke aplikator rumah RISHA di bawah ini :

CV. Anugrah Karya Gemilang
Alamat Kantor : Komplek puri cipageran indah I Blok E no.128 A Cipageran,Cimahi Utara, kota Cimahi,Propinsi Jawa Barat. Contact Person : Ibu Sumiyati ,Telp (022) 6653887 ,Hp.0889-2812-639

CV. Mukti Aji
Alamat kantor : Jl.Urip Sumohardjo no.186 Cilacap. Contact Person : Bpk.Soni ,Hp 0815-7121-235

PT.Wajako
Alamat kantor : Jl.Mawar no.121 Tabanan,Propinsi Bali. Contact Person : Ir.Wayan Dic S., M.Sc.,Hp.0812-3958-520/0888-3811-648, Email : wayansantana60@yahoo.com

Selengkapnya tentang RUMAH RISHA bisa akses web resminya di : http://eproduklitbang.pu.go.id/risha/

Sekian informasi yang bisa saya tulis, dan harapannya seperti pada judul di atas semoga rumah RISHA bisa menjadi solusi bagi yang kesulitan membuat rumah, yaitu kesulitan dalam pendanaan he he...termasuk saya sendiri.

Posting Komentar untuk "Rumah RISHA Semoga Bisa Menjadi Solusi Bagi Yang Kesulitan Pendanaan Dalam Membuat Rumah"