Kontribusi Kecil Mensukseskan Reboisasi

Musim penghujan seperti sekarang ini tidak membuat aktivitas berpetualang menjadi surut. Dari beberapa sisi memang mendaki di musim penghujan ada beberapa keuntungan seperti :
  1. Cuaca tidak terlalu panas di siang hari sehingga bisa menghemat air minum
  2. Sumber air juga mulai terisi kembali, entah sekedar genangan hujan, atau sungai kecil.
  3. Jalur pendakian tidak berdebu

Dari sekian keuntungan mendaki di musim hujan, tentu saja ada kekurangan kalau mendaki di musim hujan, seperti :
  1. Sulit mendapatkan pemandangan yang cerah, ya siap-siap hanya memandang kabut
  2. Harus siap basah-basahan, dan hati-hati jangan sampai hipotermia karena kedinginan ketika memakai pakaian basah, jadi segera ganti pakaian jika akan istirahat
  3. Jalur akan licin dan hati-hati jika melewati jalur yang mudah longsor
  4. Bahaya petir juga harus diwaspadai

Ya paragraf di atas sekedar memberi gambaran bagaimana mendaki di musim hujan itu.  Kembali ke judul yaitu : " Kontribusi Kecil Mensukseskan Reboisasi " Tentunya tulisan sederhana ini arahnya terkait dengan reboisasi. Pendaki juga bisa melakukan aktivitas tersebut bagi yang sudah sering melakukan semoga bisa terus ditingkatkan dengan adanya program pemeliharaan. Bagi kita yang belum pernah melakukan reboisasi, bukan berarti kita tidak bisa berkontribusi. 

kantong semar nepenthes
Tumbuhan Kantong Semar ( Nepenthes )Jangan di Ambil Biarkan Tumbuh di Habitatnya

Pernahkah kita melihat lahan yang datar, sedikit semak saat mendaki gunung. Terpikirkan oleh kita itu tempat yang cocok untuk mendirikan tenda. Tapi tunggu dulu, perhatikan adakah tanaman kecil di area tersebut ? Ya..kalau melihat adanya tanaman baru kemungkinan besar itu adalah tanaman yang baru saja di tanam oleh orang. Maka janganlah kita merusaknya sengaja atau tidak sengaja, seorang pendaki harus perhatian dengan lingkungan sekitar, jangan sampai demi kesenangan pribadi akhirnya tanaman reboisasi pun hancur karena kita salah memilih camping ground.

Perhatian dan hati-hati dalam mendirikan tenda, mungkin itu kontribusi kecil kita untuk ikut mensukseskan reboisasi, maklum lah...kita masih pemula belum banyak ikut andil, istilahnya kita ya ..purpala ( pura-pura pecinta alam )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kontribusi Kecil Mensukseskan Reboisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel