Memulai Jadi Penulis Di Blog Sendiri - Santri Dan Alam

Memulai Jadi Penulis Di Blog Sendiri

Anda sedang belajar buat blog ?, dengan tujuan masing-masing yang berbeda-beda, entah memang sejak awal ingin dapatkan penghasilan google adsense, atau sekedar ikutan afiliasi marketplace atau blog sebagai tempat iklan-iklan yang lain? Memang semuanya tidak ada yang instan kalau tidak punya budget lebih. Jadi bagi yang baru awal sekedar hobi curhat, nulis-nulis daripada hanya di tulis di status medsos lebih enak kalau catatan kegiatan ditulis di blog, sekedar arsip pribadi atau syukur-syukur memberikan manfaat untuk orang lain, tentu memilih masih ikut subdomain seperti di blogger atau di wordpress.org , jadi nanti alamat blog kita akan tertulis : https://namablogkita.blogspot.com atau https://namablogkita.wordpress.com  , untuk tujuan sharing artikel tampaknya sudah cukup, semakin banyak kita menulis dan fokus pada tema (niche) tertentu maka pengunjung akan berdatangan karena mereka memang butuh artikel dengan tema yang sesuai dengan tema blog kita (tertarget). Cek blog kita masing-masing, rata-rata artikel dengan tema apa yang banyak dibaca ? Mulailah buat artikel lagi yang mempunyai tema yang sama dengan artikel yang banyak dibaca tersebut.
ngeblog dapat uang
Ilustrasi Nge-blog 
Setelah pengunjung banyak (mungkin bisa ribuan dan belum pernah kebayang blog saya bisa dikunjungi ribuan orang dalam satu hari he he..), iya setelah pengunjung banyak mungkin kita jadi berpikir kenapa tidak kita jadikan blog kita ini sebagai sambilan untuk dapatkan uang ? Mungkin seperti kita yang newbie ini bertanya, “emang bisa blog untuk menghasilkan uang?” iya bisa bagi mereka yang bisa he he.., begini lho... blog entah itu kontennya artikel, atau blog download bisa kita daftarkan untuk publisher iklan google. Di sisi lain kan orang bayar kalau beriklan di google, lha sisi lain orang dibayar sebagai tempat iklankan iklan orang lewat google tadi. Misal blog kita ramai sampai 500 pengunjung perhari, kan ada kemungkinan 500 orang tersebut lihat iklan google di blog kita, dari sekian ratus yang lihat mungkin mereka tertarik dan klik iklan tersebut, dari klik tadi kita dapat bayarannya namanya iklan CPC (cost per click), ya segitu saja gambaran soal iklan sehingga kita bisa dapat uang dari ngeblog.

Tertarik dengan itu, ngeblog nulis-nulis gitu kok dapat uang? Lah..jangan dibayangkan mudahnya dulu, niat buat blog kita “luruskan” untuk sharing artikel yang bermanfaat untuk orang lain, masalah misal akhirnya bisa kita pakai untuk tambahan uang (ntah untuk iklan adsense, branding toko, branding produk, toko online dsbnya) nanti saja apalagi modal kita pas-pasan , bisa modal nulisnya cuma sekali-kali tidak kontinyu, atau modal SEO kita masih buta, atau modal uang untuk sekedar beli domain TLD (Top Level Domain) karena untuk bisa jadi publisher iklan adsense ada syarat-syaratnya salah satunya yang mudah diterima adalah kita harus beli domain TLD untuk blog. Domain TLD misalnya seperti .com sekaligus bisa untuk branding baik personal ,nama toko, nama produk dan sebagainya.

Agar blog kita bisa diterima google adsense saya sendiri belum bisa kasih contekan karena belum praktekkan triknya, kadang cuma sekedar iseng nyoba-nyoba daftar dan ditolak terus he he.., terakhir ditolak karena kontennya tidak berbobot he he.., ada juga keterangan kontennya mungkin banyak yang hanya kopi paste artikel orang lain. Memang sih beberapa konten di blog ini ada yang tidak berbobot, kadang cuma nulis satu sampai dua paragraf saja gimana bisa berbobot? dan yang saya kopas adalah artikel Agama Islam, memang saya belum bisa menulis sendiri untuk tema agama Islam.

Jadi apasih kesimpulannya dari tulisan ini, mari saya coba simpulkan :
  1. Menulislah kalau memang hobi menulis, tuangkan di blog sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain
  2. Mencoba fokus ke satu tema yang kita mampu menulisnya, misal sesuaikan dengan minat atau hobi dan jangan lupa kemampuan, kalau ternyata tema tersebut banyak disukai pembaca, maka kita berusaha untuk terus kembangkannya.
  3. Tulisan murni dengan bahasa kita sendiri bukan kopas, kalau inspirasi mungkin bisa dari tulisan orang lain, bisa dibaca, dicerna terus disimpulkan di tulisan kita. Ada juga yang sekedar diganti padanan katanya (atau pakai spinner) , sebaiknya memang kalau mentok tidak ada inspirasi apa yang mau kita tulis, maka buka saja google, tuliskan kata kunci tema kita, misal “mendaki gunung” maka akan ada suggest (kata yang disarankan) dari google, dari situ kita dapat inspirasi tentang apa yang akan kita tulis. Masih mentok lagi, ya search aja kata kunci suggest tadi dan kopi minimalnya 3 artikel dari website orang lain dan kita buat artikel yang serupa.
  4. O iya..jangan lupa mulai dipikirkan beli domain TLD, terutama yang murah, dan beli yang murah ternyata hampir sama semua he he.., saya sendiri kadang terjebak dalam promo domain murah, setelah dicermati hampir sama semua kok. Mungkin domain .web.id yang murah, iya murah di awal pembelian dan untuk perpanjangannya. Kalau domain .com rata-rata harganya 115 ribu sampai 125 ribu. Kadang ada promo domain .com 70 ribuan, ternyata ada biaya pajak PPN nya misal 12 ribu, terus belum lagi perpanjangannya ternyata 120 ribu, sampai pusing nih saya kumpulin semua penyedia layanan domain, dari domainesia, hostingeridwebhost sampai banyak yang iklanin di facebook juga. Entah nawari hosting murah gratis domain, gratis SSL ternyata ya cuma 1 tahun, untuk perpanjangan harus bayar, atau memang ada yang gratis domain selamanya tapi bayar hostingnya lebih mahal , ha ha..., pusing tidak kalau begini.  Sampai tulisan ini saya ketikpun saya bingung mau beli domain di mana yang bener-bener jujur murahnya?  Mungkin pembaca yang sudah expert bisa kasih saran , silahkan dikomen saja tulisan ini.
Penutup tulisan ini sebetulnya saya ingin menulis tentang penyedia domain yang murah, tapi saya sendiri juga belum bisa menentukan dari perbandingan penyedia tersebut, ada kelebihan dan ada kekurangannya dari masing-masing penyedia domain tersebut. Untuk pembaca maaf saya belum bisa memberikan tutorial membuat blog dari awal, ini masih seperti curhatan admin saja, terakhir saya ucapkan terimakasih bagi anda yang mau membaca sampai tuntas tulisan ini.

Banner IDwebhost

2 Komentar untuk "Memulai Jadi Penulis Di Blog Sendiri"

  1. Makasih gan infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sedikit infonya sih gan, kalau membuat blog karena tujuan dapatkan uang sebaiknya perlu modal yang lebih, yaitu kelebihan visitor he he..

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel