Aplikasi Android GPS Offline (ViewRanger) Untuk Mendaki Gunung - Santri Dan Alam

Aplikasi Android GPS Offline (ViewRanger) Untuk Mendaki Gunung

Bagi rekan yang suka berpertualangan seperti mendaki gunung dan lain sebagainya, mengenal medan sangatlah penting. Terus bagaimana kalau kita belum mengenal medan pendakian gunung? Minimalnya kalaupun kita belum menguasai medan, kita tetap harus bisa bernavigasi saat mendaki gunung. Tentu kita pernah mendengar navigasi dengan peta dan kompas, dan seiring perkembangan zaman perlengkapan navigasi juga semakin beragam, di tulisan ini kita berusaha memanfaatkan HP untuk bernavigasi.
aplikasi gps offline mendaki gunung
Akun ViewRanger Saya,
Belum banyak Track Yang Saya Rekam di Aplikasi Ini
Seperti yang kita tahu, rata-rata sekarang ini hampir semua orang punya smartphone, dan menggunakannya bukan hanya untuk berkomunikasi (sms, telepon, medsos) tapi juga digunakan juga untuk navigasi. Terutama ketika di kota, dengan google map perjalanan kita ke suatu tempat yang belum kita tahupun bisa sampai dengan lebih mudah.
Penggunaan GPS di HP ketika di kota bagi keumuman orang memang lebih mudah dipahami, karena kita hanya membutuhkan kuota internet. Permasalahannya jika kita memasuki wilayah yang tidak ada sinyal GSM walaupun kita punya kuota kita tetap tidak bisa terhubung ke internet. Sehingga peta di google map pun tidak bisa ditampilkan atau tidak bisa loading (kalau sebelumnya peta belum kita download).

Hal lain lagi yang membuat sebagian orang bingung, kalau di smartphonenya tidak ada chip penerima sinyal GPS dari satelit, jadi sama sekali navigasi tidak bisa berjalan kalau tidak ada sinyal GSM. Penggunaan GPS tanpa koneksi internet ini yang biasa orang sebut GPS offline. Banyak orang mencari di google apasih aplikasi GPS android terbaik, apasih aplikasi GPS paling akurat, tapi mereka belum memahami sebenarnya prinsip GPS tersebut, mereka juga belum mengenali android yang mereka miliki itu ada chip penerima sinyal GPS yang jadi syarat utama agar bisa bernavigasi offline.

Ketika kita melakukan perjalanan di wilayah yang tidak ada sinyal GSM seperti di gunung, kita butuh GPS handheld yang mempunyai chip penerima sinyal satelit GPS (misal GPS Garmin) yang memang didesain untuk berpetualang, namun sayangnya harga GPS handheld tersebut mahal. Tapi kita jangan kecewa, seperti diawal tulisan ini, teknologi semakin berkembang termasuk cepatnya perkembangan hardware android dan aplikasinya. 
Mengaktifkan GPS Lewat Menu Asisten  Di Xiaomi Redmi 5A
Mengaktifkan GPS Lewat Menu Asisten
Di Xiaomi Redmi 5A
Mengaktifkan GPS Lewat Menu Asisten  Di Samsung Grand Neo GT-I9060
Mengaktifkan GPS Lewat Menu Asisten
Di Samsung Grand Neo GT-I9060
Sebelum kita memakai aplikasi GPS dengan nama apapun, kita harus mengenali HP android kita sendiri, support atau tidak untuk menerima sinyal satelit GPS ( GPS adalah satelit navigasi milik Amerika, sedang satelit milik Rusia namanya Glonass)  . Cek di Menu Asisten ( Assistant Menu) , tarik dari atas ke bawah untuk menampilan menu asisten tersebut, dan cari icon GPS, dan sentuh untuk mengaktifkannya. Ini modal utama untuk bisa bernavigasi secara offline. Tentang keakuratan GPS di HP coba cek saja dengan aplikasi GPS Test, sekarang tidak seperti jaman dahulu yang susah lock satelit, kemampuan prosesor HP android zaman ini sudah bagus lebih cepat lock satelit.
Aplikasi GPS Test Untuk Meyakinkan GPS Android Anda Sudah Bekerja,
Tampak Di Kolom Akurasi Sampai 3 Meter
Setelah hardware HP mendukung maka tinggal di instal aplikasi ViewRanger untuk aplikasi GPS. Saya memakai aplikasi ViewRanger selain gratis, mudah pengoperasiannya, yang penting lagi lumayan banyak fitur di dalamnya, saya rasa sudah cukup mewakili GPS handheld. Apa saja fitur tersebut yang sering saya pakai dalam mendaki gunung.

Import file tracklog format .gpx
Kalau bernavigasi di kota, tentu di peta sudah ada jalannya, sehingga kita bisa tahu posisi di jalan mana dan tempat yang alan dituju berada di jalan mana juga. Saat mendaki gunung tentu di peta aplikasi gps belum ada jalannya (jalurnya). Jadi kita harus mencari rekaman jalur (tracklog) tersebut bisa dengan meminta ke orang yang pernah merekam jalurnya saat mendaki gunung, atau mendownload tracklog pendakian gunung di internet. Tracklog ada yang berupa jalur saja, ada juga yang disertai dengan Waypoint/ POI (Points Of Interest), titik-titik tempat yang penting misal : Basecamp, POS 1 , Mata Air, Puncak dan lain-lain. File tracklog ini yang biasa dipakai untuk GPS Garmin formatnya .gpx. Setelah kita download file tracklog tersebut bisa langsung di buka dengan aplikasi gps android ViewRanger.

Merekam Jalur Pendakian Dan Menandai Tempat 
Ini kebalikannya dari point 1, yaitu kita sendiri bisa merekam jalur yang kita lewati, menandai tempat yang kita anggap penting dalam pendakian gunung. Inilah yang dinamakan dengan record tracklog dan menandai tempat ( menambah waypoint/ POI ). 

Apasih gunanya kita record tracklog ? tentu sebagai panduan perjalanan kita saat turun nanti, ketika naik pandangan kita sering ke atas, ketika turun pandangan ke arah bawah tentu kadang membuat kita bingung kok berbeda ya ? apalagi kalau naik gunung malam hari kita tidak melihat sekeliling lebih jelas dibanding ketika kita turun saat siang harinya. Jadi dengan tracklog yang kita simpan sebelumnya kita mengurangi potensi tersesat saat turun. 

Adapun fungsi kita menandai tempat dengan membuat waypoint/POI, adalah sebagai pelengkap panduan di tracklog tersebut, dan saat kita membuat catatan perjalanan nanti kita bisa membuat peta rute pendakian lebih lengkap.

Download Peta Offline
Kompas selalu disandingkan dengan peta, demikian juga dalam GPS dimana koordinat posisi kita yang di dapatkan layaknya resection dan intersection yang dilakukan oleh satelit sebetulnya bagi GPS sudah cukup tidak perlu peta, hanya saja bagi kita sendiri butuh gambaran posisi tersebut di mana sebenarnya, hal tersebut dituangkan dalam peta.  Dan di gunung peta tersebut tidak bisa di load karena tidak ada sinyal GSM, jadi peta tempat tujuan kita mendaki harus kita download dulu, istilahlah download peta offlinenya.

Langkah-Langkah Menggunakan Viewranger
Langsung saja karena tulisan ini sudah panjang, berikut langkah-langkah atau cara menggunakan viewranger. 

►Masuk Google Playstore dan cari dengan kata kunci "viewranger"
Aplikasi GPS Offline ViewRanger di Playstore
Instal Dan Daftar Dengan Email, Atau Biasanya Otomatis Muncul Popup Jika Android Anda Sudah Disinkronkan dengan Akun Google
Daftar (Sign Up) Akun View Ranger
Daftar (Sign Up) Akun View Ranger
Pilih Sign Up with Email Untuk Mendaftar via Email

Halaman Peta ViewRanger, Silahkan di Coba-Coba Dulu Agar Terbiasa (familiar)
Bagian Awal Yang Muncul Saat Pertama Kali Buka Viewranger
Bagian Awal Yang Muncul Saat Pertama Kali Buka Viewranger

Cara Download Peta Tujuan Kita Naik Gunung
Peta di download ( tentu saja online dulu saat download bisa cari wifi gratisan biar kenceng downloadnya) Peta area gunung tersebut di simpan agar bisa di buka/dipakai saat offline. Caranya sebagai berikut :

1. Sentuh tanda layer/tumpukan di samping kanan atas
cara download peta offline viewranger
Sentuh Ikon Layer Map
2. Pilih jenis peta (defaultnya peta viewranger) , untuk lihat petunjuk downloadnya , sentuh ikon tanda tanya, baca keterangannya yang pakai bahasa Inggris he he he..( paham ya?)
aplikasi gps offline android
  Sentuh Peta Tanda Panah Untuk Menyimpan Peta

3. Cari gunung tujuan mendaki kita. misal Argopuro, apa yang nampak di layar HP itulah yang akan kita simpan. Zoom saja sesuai area yang kita inginkan untuk disimpan.
aplikasi gps offline terbagus
Area Peta Yang Akan di Download
4. Sentuh download dan bisa disimpan dengan nama tertentu, misalnya : Gunung Argopuro. Tunggu sampai selesai, tergantung kecepatan internet kita. Setelah yakin namanya, kita sentuh SAVE.
download peta offline viewranger
Custom Nama Peta Untuk Di Save
File Peta Yang Lumayan Besar
Harap Sabar Menunggu
5. Setelah selesai downloadnya, coba kita cek, matikan data atau wifi dan buka bagian peta (sentuh ikon layer) dan sentuh " More Maps" bagian paling bawah , bagian Custom Offline Maps ada peta dengan nama Gunung Argopuro (jadi sudah berhasil). Coba sentuh open, karena bahasa Inggris jadi hati-hati jangan sentuh delet yang artinya hapus he he.. Walaupun kita offline (karena data dan wifi kita matikan) maka peta yang sudah kita save bisa di tampilkan.
viewranger aplikasi gps offline
Hafalkan Untuk Buka Map Dengan Menyentuh Ikon Layer Map
aplikasi peta offline viewranger
Pilih More Maps Untuk Menggunaka Peta Secara Offline
peta viewranger argopuro
Open Peta Hasil Save 
Selain pilihan open, ada juga pilihan ganti nama (rename), remove,delet, caranya sentuh saja Tulisan Gunung Argopuro (bukan sentuh open)

Cara Download Tracklog GPS ( jalur pendakian gunung dalam format .gpx)
Peta gunungnya sudah kita download, sekarang kita download peta jalur atau tracklognya. Caranya mudah tinggal cari saja website yang mengupload tracklog pendakian gunung , kemudian setelah tersimpan buka saja tracklog tersebut, otomatis akan minta di buka dengan aplikasi apa, pilih saja aplikasi viewranger untuk membukanya.

baca file gpx gps di android
Setelah File Tracklog .gpx Selesai di Download
Buka Saja Dengan Aplikasi Viewranger GPS
Misalnya kita download tracklog pendakian gunung argopuro, di blog ini juga ada kumpulan tracklog pendakian gunung tersebut, klik di sini.

cara memakai viewranger
Garis Hitam Menunjukkan Track
Bulatan Kuning Adalah POI
Dengan berbekal peta hasil download dan tracklog di atas sudah bisa membantu kita untuk bernavigasi di gunung. Untuk cara merekam tracklog, menambah POI kita lanjutkan di tulisan berikutnya, kalau lanjut di sini khawatir tulisan menjadi panjang ( karena disertai gambar screenshoot agar mudah dipahami)

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Android GPS Offline (ViewRanger) Untuk Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel