Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CPU Fan Error Press F1 to Run SETUP

Cara Mengatasi (How to Fix)  CPU Fan Error

Sedang asyik-asyiknya kerja, ehh..dapat pesan whatsapp dari teman kerja kalau komputer di kantornya error. Begitulah tugas IT dalam tanda kutip, he he he... Semua permasalahan yang berhubungan dengan komputer, printer, HP dan semisalnya selalu tanya ke IT. Tidak mengapa kalau ada masalah, mungkin bisa ditulis untuk konten di blog. Pesan errornya adalah CPU FAN ERROR ! Press F1 to Run SETUP. Respon pertama dalam hati, ini kipas CPU nya yang rusak, ataukah power supplynya ? Tapi kan ini komputer baru dirakit. Ya.. nanti sajalah kucoba datang ke kantornya. Sambil terus lanjutkan buat konten untuk posting di FB dan IG  walaupun Saya juga bukan seorang konten kreator ( tadi kan sudah Saya bilang kalau Saya itu IT dalam tanda kutip) . Saya cari-cari di google siapa tahu permasalah CPU FAN ERROR ini sudah banyak terjadi dan diposting di blog atau halaman website. Kebiasaan Saya atau kebiasaan semua orang, biasanya kalau ada masalah , pertama yang dilakukan adalah tanya ke Google dulu. Taraa... dan benar sudah banyak yang posting tentang CPU FAN ERROR ini. Rata-rata yang diposting terjadinya pada motherboard ASUS. Dari beberapa kata kunci yang banyak dicari seperti : Asus CPU Fan Error dan  american megatrends cpu fan error.  Saya lihat lagi di pesan WA tersebut, iya juga terlihat komputernya memakai bios American Megatrend dan motherboad ASUS.


cpu fan error
CPU Fan Error


Melanjutkan pencarian solusi CPU Fan Error , ketemu di website ASUS sendiri dan ditulis cara-cara untuk mengatasinya.

Pertama pastikan kipas tidak terganggu saat berputar, misalnya kabel CPU Fan tidak menyentuh baling-baling CPU FAN.

Selanjutnya pastikan juga sudah benar pengkabelannya, jangan salah menancapkan kabel CPU Fan ke CHA-FAN. 

Wait ..., apalagi itu CHA-FAN maklum ya pembaca Saya kan IT dalam tanda kutip. Saya cari skema letak motherboard yang dipakai komputer tersebut. Sudah ketemu dan dari hasil pencarian tersebut bisa menambah informasi dimana letak slot CPU-FAN dan CHA-FAN.


asus H812M-CS layout
ASUS H81M-CS | Download



cpu fan error
CPU Fan & CHA Fan



Saya pikir jika dua hal tersebut terjadi pada komputer yang baru dirakit, wahh.. ini yang merakit tentu kurang rapi atau terjadi kesalahan ( ahh.. ini toko komputer yang merakitkan PC sudah terkenal bagus kok) Tapi tidak ada salahnya nanti Saya cek lagi.

Kemudian penjelasan selanjutnya dari website Asus tersebut Saya kurang paham, ha ha.. Jadi Saya putuskan untuk mencari tutorial lainnya. Yang di halaman pertama google itu ada video di youtube tentang cara mengatasi CPU Fan Error. Agar menghemat waktu Saya pilih yang paling atas dari hasil googling ( google kan mencarikan yang paling sesuai dengan apa yang kita cari).

Setelah Saya tonton video di youtube tersebut langkah-langkah untuk mengatasi CPU Fan Error adalah : 

  • Masuk ke BIOS ( Asus dengan menekan F2 atau Delete, sesuaikan dengan motherboard komputer kita)
  • Setelah masuk cari pengaturan CPU Fan Speed
  • Yang semula settingan masih N/A kita pilih ignore
Misalnya pada komputer ini yang dipakai adalah motherboard ASUS H81M-CS, dengan ACPI BIOS Revision 3602. Setelah Saya tekan F2 masuk dengan tampilan UEFI BIOS Utility-EZ Mode. Dengan tampilan UEFI memang bisa dengan mouse, hanya saja yang belum terbiasa jadi sedikit canggung, dimana menu setting CPU Fan Speednya ya ? Saya klik Advanced Mode (F7), ketemu di tab Monitor. Kita rubah saja pada CPU Fan Speed yang semula N/A menjadi ignore


cpu fan error asus
CPU Fan Speed N/A ganti Ignore


  • Terakhir seperti biasanya untuk menyimpan perubahan settingan tersebut kita tekan F10 atau kita klik Exit with Save
Tunggu saat booting, pesan error itu sudah hilangkan ?

Ternyata mudah juga ya mengatasi CPU Fan Error tersebut, jika masih error atau bahkan komputer jadi tidak menyala bisa jadi ada permasalahan di hardware tadi, bisa karena power supply sudah melemah, atau kipas CPUnya yang sudah mulai rusak. Pembaca yang mengalami hal yang sama dengan Saya semoga terbantu dengan artikel ini. Jika ada cara-cara lain bisa di-share di kolom komentar. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "CPU Fan Error Press F1 to Run SETUP"