Run Time Error 339 Component 'richtx32.ocx' Pada Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Berawal dari kebiasaan diri, mungkin suka saja tatkala berhasil bantu teman yang mengalami kesulitan permasalahan komputer atau yang lainnya. Mungkin juga karena dahulu Saya berteman dengan orang yang suka menyanggupi permintaan tolong dari orang lain terkait permasalahan komputer. Yah..semoga saja kebaikan itu menular he he. Dan dari seringnya orang yang meminta tolong akhirnya mungkin saja anggapan mereka kalau Saya ini memang pinter komputer atau bahasa kerennya ahli IT , padahal Saya mah... remahan rempeyek saja. Menurut Saya pribadi kuncinya adalah kebiasaan, kemudian tanya google, dan dipraktekkan baik untuk diri sendiri atau ketika teman yang mengalami permasalan tersebut. 

Modal lain memang sedikit paham Bahasa Inggris,  biasanya pesan error di komputer ada yang dalam bahasa Inggris. Tidak kalah pentingnya adalah adanya waktu luang, karena ketika kita mengerjakan permasalahan error tersebut ternyata menyita waktu, terlebih lagi kalau memang harus melakukan trial error. Jadi kesimpulannya dari paragraf awal ini, Saya bukan orang yang jago komputer layaknya programer, hacker , karena Saya sekedar user saja.


Run Time Error 339 component 'richtx32.ocx' or one of its depedencies not correctly registered:a file is missing or invalid
Run Time Error 339 component 'richtx32.ocx' 


Run Time Error 339 Pada Kamus Bahasa Arab v3.0 Di Windows 10

Ada teman yang jika mengalami permasalahan pada komputer tanya ke Saya, termasuk ketika instal Kamus Bahasa Arab v.30 di atas. 

Run Time Error 339 component 'richtx32.ocx' or one of its depedencies not correctly registered:a file is missing or invalid.

Mengapa muncul error tersebut, dan bagaimana solusinya? Belum selesai Saya mencari jawaban dari google ternyata dia bilang lagi, sudah bisa caranya agar tidak error adalah: ketika menjalankan harus jadi admin, yaitu klik kanan shortcut Kamus Bahasa Arab v3.0 dan pilih Run as Administrator.


Run Time Error 339 run as administrator
Run as administrator


Apa penyebab error 339 di atas terjadi ? Ini terjadi jika program menggunakan Rich TextBox ActiveX Control (RichTx32.ocx), tetapi tidak menyertakan file ActiveX dalam paket penyiapan. Runtime ini tidak termasuk dalam Windows dan seharusnya didistribusikan bersama dengan program aplikasi yang bersangkutan. RichTx32.ocx ActiveX Control juga tidak termasuk dalam paket distribusi run-time VB6 dari Microsoft.

Solusi Run Time Error 339 component 'richtx32.ocx'  

Selain dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator , solusi untuk error tersebut adalah :
  • Download RichTx32.ocx, format .zip di sini 
ekstrak file zip tersebut dan copy paste file RichTx32.ocx tersebut, jika :

Windows 32 bit pastekan di  C:\Windows\System32

Windows 64 bit pastekan di  C:\Windows\SysWOW64

  • Registrasi RichTx32.ocx
RichTx32.ocx tersebut butuh diregistrasi caranya lewat Command Prompt, jalankan sebagai admin, dan ketik di cmd :

-Untuk Windows 32-bit

regsvr32.exe %systemroot%\system32\RICHTX32.OCX

-Untuk Windows 64-bit

%system32\syswow64\regsvr32.exe %systemroot%\syswow64\RICHTX32.OCX


============
Tambahan :
============
  • Untuk Download Aplikasi Kamus Bahasa Arab bisa di sini 

Posting Komentar untuk "Run Time Error 339 Component 'richtx32.ocx' Pada Aplikasi Kamus Bahasa Arab "