Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Custom Domain Blogspot Niagahoster

Jika ada perintah untuk buat website, ntah langsung saja Saya memakai blogspot. Terpikir jaman gini masih saja buat website untuk jualan? Itu lawannya di pageone alias halaman depan sudah banyak marketplace bertengger he he he.. Akan bertahan berapa lama Saya mengembangkan website, jika Saya miskin untuk buat konten yang berkualitas. Iya akan bertahan berapa lama jika Saya harus bayar hosting ( walaupun ada hosting yang murah), tapi untuk kebutuhan sebuah toko online agar websitenya berjalan dengan lancar dan kencang butuh biaya hosting yang tidak murah juga.

Ya paragraf di atas alasan Saya masih memakai blogspot, selain Saya juga masih newbie jadi maklum saja alasan Saya tersebut semoga pembaca juga menerimanya. Saya kesulitan buat konten yang berkualitas, secara teknispun Saya masih pemula pemograman website, desain website dan setidaknya di CMS wordpress saja Saya masih newbitol sekali. dari kesemua itu harapan Saya untuk sekedar bertahan, konsisten menulis, rasanya masih cukuplah menggunakan blogspot, tinggal nanti beli domain TLD , baru kita custom domain blogspot menjadi .com misalnya. Kalaupun dari web blog yang sudah kita custom domain tersebut masih belum menghasilkan cuan, ya setidaknya biaya yang kita keluarkan tidak banyak-banyak sekali kalau cuma beli domain saja.

Saatnya kita masuk tulisan tentang cara custom domain blogspot, ini pun hanya catatan bagi Saya , jadi ketika Saya lupa dengan suatu cara tertentu, kebiasaan Saya mencarinya di google, daripada Saya buka blog orang lain, mending Saya buka blog sendiri saja, kan selain masih ingat letaknya, Saya juga mudah mereview ulang kembali jika itu tulisan sendiri. 


Custom Domain Blogspot
Custom Domain Blogspot


Kali ini Saya beli domain di niagahoster, kenapa pilih niagahoster karena ingin mencoba saja sih bagaimana layanan di niagahoster, kalau butuh hostingpun coba beli di niagahoster kata penasehathosting masih lumayan peringkat niagahoster untuk masalah hostingnya. 

Ternyata cukup memudahkan Saya terkait pembayaran di niagahoster. Saya suka jika transfer ke virtual account, dan di niagahoster tersedia virtual account untuk BCA. Selain itu tampak juga ada metode pembayaran dengan shopeepay, lah..ini Saya banget sih. Jika pembaca punya pendapat lain, ya sah-sah saja, namanya beda orang beda pendapat itu wajar.

Sama seperti proses pembelian domain di tempat lain, kita siapkan saja email, nomer HP, alamat untuk melakukan pendaftaran di niagahoster

Langkah-langkah Custom Domain Blogspot di Niagahoster

Karena ini hal baru bagi Saya, sedikit berbeda tidak seperti saat dulu Saya custom domain blogspot di idwebhost, domainesia dan exabytes. Kalau di niagahoster ini mudah dan ringkas saja caranya. Saya anggap pembaca sudah bisa cara daftar dan beli domain, termasuk cara beli domain di niagahoster. Setelah selesai proses pemesanan domain, kemudian kita bayar, selanjutnya masuk ke panel client niagahoster


  • Masuk Panel Client Niagahoster

Setelah masuk ke menu dashboard atau panel client, maka pilih domain yang sudah kita beli, kalau ada peringatan verifikasi lewat email tinggal masuk email dan klik tautan untuk verifikasi domain tersebut.


beli domain niagahoster
Verifikasi Domain Niagahoster


  • Setelah kita klik tab Domain, lanjutkan dengan klik “ Kelola Domain”

domain niaga hoster
Kelola Domain Niagahoster



  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman Pengaturan Domain, dan kita pilih tab DNS Management

custom domain blogspot niagahoster
DNS Management



  • Di halaman DNS Management ini kita klik Blogspot

mudahnya custom domain blogspot niagahoster



  • Setelah klik blogspot, kita diminta untuk memasukkan CNAME yang kedua, karena dari blogspot kita akan mendapat 2 buah CNAME

custom domain blogspot niagahoster
Isi CNAME ke-2 dari Blogspot


  • Pilih menu Setelan/ Settings paling bawah
  • Kemudian pada bagian kanan kita cari Memublikasikan/Publishing  dan di bawahnya kita cari Domain kustom / Custom Domain, kalau sudah ketemu kita klik saja Custom Domain tersebut
  • Kita isi dengan domain yang sudah kita beli dengan diawali dengan www, misalnya : www.santridanalam.com

custom domain blogspot
Domain kustom Blogspot


  • Setelah itu akan muncul CNAME dari blogspot (tulisan kecil-kecil warna merah )
  • Kita copas saja CNAME tersebut di notepad agar mudah untuk di copy paste ke panel client niagahoster

cname blogspot
Copas Cname ke-2


  • Pilih CNAME yang ke-2, bukan yang  www, dan kita copy pastekan ke isian di panel client niagahoster tadi
  • Kita copy paste nama CNAME dan tujuannya
  • Terus kita save record

cname di niagahoster
Masukkan Cname ke-2 


  • Tunggu akan muncul pesan Berhasil

custom domain blogspot
Berhasil Custom Domain Blogspot

  • Selesai Cname ditambahkan

menambahkan cname custom domain
CName Sudah Ditambahkan



  • Cek Juga Name Server dengan pilih tab Name Server. Jika sudah benar yaitu ns1 dan ns2 niagahoster, kita lanjutkan setting di dashboard blogger lagi.

nameserver niagahoster
Name Server ns1 dan ns2



  • Kita lakukan save/simpan di custom domain blogspot

custom domain blogspot
Save / Simpan


  • Lanjutkan dengan pengaturan pengalihan (redirect domain) dan ketersediaan https dan redirect ke https. Kita aktifkan dengan geser tombol aktifasinya.

redirect https custom domain blogspot



  • Selesai sudah langkah-langkah custom domain blogspot, tunggu beberapa menit atau jam untuk prosesnya.  Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mudahnya Custom Domain Blogspot Niagahoster"