Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Aria2 di Pulpstone Openwrt HG680p

Yang sering berselancar di dunia maya, yang kuotanya sisa terus, atau yang memang membutuhkan banyak file software atau hal lainnya di internet, pasti tidak jauh dari aktivitas downloading atau dalam bahasa Indonesia mengunduh. Download file dengan ukuran besar sampai beberapa giga, dengan kecepatan internet standar rumahan Indonesia akan banyak menghabiskan waktu. Saat proses download koneksi internet yang digunakan untuk hal lain juga akan terganggu. 

Sebetulnya ada waktu yang trafik relative sepi, tidak mengganggu pekerjaan, dan kecepatan internet bisa maksimal. Iya malam hari , tengah malam atau sekalian saja dini hari. Ada juga operator GSM yang memberikan bonus kuota untuk malam hari. Jadi bagaimana kalau kegiatan download kita lakukan malam hari saja. 

Dari latarbelakang permasalahan ini, saya manfaatkan saja openwrt. Misalnya ketika malam sambil bersantai sejenak, apa yang akan kita download sudah disiapkan disiang harinya, seperti website sumber download. Buka PC/laptop menuju TKP untuk download. Klik tautan download, nanti secara otomatis akan diambil alih oleh router. Matikan PC/laptop, kita tinggal tidur selama router masih menyala, proses download tetap berlangsung. Enakkan? tidur, dan saat bangun nanti selesai downloadnya . Lebih hemat energi juga, bandingkan kalau harus menggunakan PC untuk standby saat proses download. Router paling membutuhkan adaptor 12 volt DC. Terus bagaimana cara agar kita bisa download menggunakan router openwrt ? Iya caranya gunakan saja Aria2 di openwrt. 


aria2 openwrt
aria2 openwrt


HG680p Openwrt

Siapkan dulu yang dibutuhkan, yaitu STB HG680p yang sudah dibuat untuk router openwrt. Bisa dibaca cara membuat atau cara install openwrt di stb hg680p , sudah saya tulis di blog ini juga. Tak lupa koneksi internet, saya memakai indihome, jadi nanti port LAN STB akan saya sambungkan dengan kabel UTP ke port LAN modem indihome dan nanti saya harus merubah IP address STB saya ini.

Jika pembaca memakai internet menggunakan modem 4G, tinggal tancapkan saja modemnya ke port USB STB. Default IP address STB Pulpstone openwrt ini di 192.168.1.1 yang kalau menggunakan koneksi indihome harus saya ganti agar tidak sama dengan default ip address modem indihome. Bisa ya pembaca setting pulpstone openwrt ? Cara setting pulpstone openwrt belum saya tulis secara khusus di blog ini. 


Merubah Port LAN Menjadi WAN Openwrt

Bagi yang menggunakan modem 4G atau pakai LAN to USB skip saja tahapan ini. Seperti diawal tadi karena saya internetnya akan menggunakan koneksi indihome dan akan menggunakan port LAN bawaan STB sebagai input, maka harus merubah port LAN STB menjadi WAN. 

  • hubungkan PC/LAPTOP ke STB , cari SSID dengan nama PulpstoneAmlogic, password defaultnya : internet
  • masuk ke LUCI , buka browser , ketik 192.168.1.1 , user dan password default : root
  • setelah masuk LUCI, pada bagian Network, pilih Interfaces
  • edit pada bagian LAN

merubah port LAN menjadi WAN openwrt
edit interface LAN


  • pada General Setup ganti IPv4 address dari 193.168.1.1 misalnya menjadi 192.168.10.10, di save sampai benar-benar berubah, tunggu beberapa saat


bedakan ip address router openwrt
edit IPv4


  • sekarang LUCI berada di alamat 192.168.10.10 , ini saya lakukan karena jika mengambil input internet dari indihome, karena modem indihome berada di alamat 192.168.1.1 juga, agar tidak bentrok IP addressnya dengan router STB

  • masuk kembali ke LUCI, masih pada Network > Interfaces , kita klik : ADD NEW INTERFACE

merubah port lan menjadi wan openwrt
add new interface


  • kita buat interface WAN, untuk nama WAN, protokol nya kita pilih DHCP Client, interface fisiknya terisi dengan eth0 ( port LAN bawaan STB), klik submit

merubah port lan menjadi wan openwrt
buat interface WAN


  • balik kembali kita edit, interface LAN , klik pada physical settings , kita edit Interface, hiilangkan cek list pada eth0, jangan lupa SAVE

merubah port lan menjadi wan openwrt
port LAN menjadi WAN


  • dan akhirnya sudah jadi deh, router STB bisa terhubung ke internet lewat port LAN, adapun kita bisa akses lewat wifi STB tersebut. Jika laptop kita ingin terhubung lewat ethernet, maka  harus menambahkan USB to LAN.


merubah port lan menjadi wan openwrt
sudah jadi interface WAN



Setelah diubah port LAN STB menjadi interface WAN, maka sekarang bisa terkoneksi dengan internet dengan menyambungkan port LAN STB ke modem indihome. 



stb indihome openwrt
STB Openwrt Port LAN



Bagaimana kalau kita ingin menghubungkan perangkat PC/laptop kita ke STB ? Ada dua pilihan bisa menggunakan wifi STB atau menambah port LAN di STB, yaitu membeli adapter USB to LAN, contohnya seperti di bawah ini USB to LAN produk TP-LINK.



usb to lan tp link
usb to lan tp link



ARIA2 Pulpstone Openwrt

Setelah kita instal Pulpstone Openwrt untuk STB HG680P , maka sudah terinstal juga aria2, ada webuinya juga. Sudah lengkaplah, tinggal bagaimana cara menggunakan aria tersebut untuk download. Sebelum kita mulai mari cek dengan masuk ke settingan profile Pulpstone di 192.168.1.1/pulpstone. Secara default,  username :admin, password : admin. 

Banyak menu yang tersedia, ada juga Aria2 WebUI . Kalau kita klik Aria2 WebUI , maka secara default pula akan diarahkan ke alamat 192.168.1.1/webui-aria2 . Karena milik saya sudah diubah ke 192.168.10.10, maka webUI Aria2 di alamat 192.168.10.10/webui-aria2


Integrasi Aria2 dengan Chrome

Seperti download manager lainnya, Aria2 bisa juga diintegrasikan dengan browser chrome. Jadi ketika kita browsing dengan chrome dan sudah menemukan website sumber download. Disitu ada tautan  untuk download. Kita klik tautan tersebut, maka secara otomatis proses download selanjutnya diambil alih oleh router, jadi walaupun PC atau laptop kita matikan, download tetap berjalan selama router dalam kondisi menyala.

Bagaimana cara mengintegrasikan Aria2 dengan chrome? 

Caranya menggunakan ekstensi  Aria2c Integration. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • masuk ke chrome web store
  • ketik saja Aria2c , nanti akan muncul Aria2c Integration, pilih ekstensi yang reviewnya paling banyak

aria2 integration
aria2c integration


  • instal seperti biasanya
  • selesai instalasi, pojok kanan atas akan muncul icon ekstensi
  • klik kanan dan pilih opsi

setting aria2c integration


  • pilih RPC, sebelah kanan JSON-RPC path ganti localhost dengan ip address router kita. Misalnya milik saya di 192.168.10.10 , maka menjadi 192.168.10.10:6800/jsonrpc

aria2 rpc
aria2 rpc



rpc aria2 openwrt



  • kemudian pilih Capture
bagian File Size adalah settingan untuk batas minimal besar file yang akan didownload menggunaka Aria2.  Cek list untuk enable. Misalnya kita ingin yang didownload adalah file dengan besar minimal 5 MB, edit saja 500M menjadi 5M

bagian File Types adalah settingan untuk jenis file atau format file yang bisa kita download dengan integrasi Aria2 sekali klik tautan. Jika ada file yang tidak bisa didownload, tinggal menambahkan format atau ektensinya di File Types.

contohnya saya akan download file tracklog gps dengan format gpx, ternyata belum bisa, maka saya tambahkan gpx dibagian File Types tersebut.


setting capture aria2
aria2 capture


sudah begitu saja settingnya?  


iya sementara itu yang saya tahu, nanti file hasil download akan masuk ke folder : aria2-webui . Folder tersebut di dalam folder usb yang berada di router masuk dalam partisi ROOTFS. Jika ukuran space folder tersebut terbatas, maka bisa di perluas sesuai dengan kapasitas micro sd yang kita pakai. 

Cara memperluas atau expand partisi ROOTFS sudah saya coba dan tulis juga di blog ini.

Posting Komentar untuk "Menggunakan Aria2 di Pulpstone Openwrt HG680p"