Pertama Kali Mengenal Bitcoin dan Mengapa Pilih Bitcoin ?

Saya pemula dipembahasan ini. Iya tentang bitcoin namanya sudah pernah saya dengar mungkin sudah sejak tahun 2010 atau 2011. Biasanya kalau ada berita di TV terkait hacker atau virus kadang pewarta menyebutkan bitcoin.

Hal sulit dipahami kala itu, maksudnya apa bitcoin itu virus atau program tertentu yang bisa mengumpulkan uang di internet ? Ataukah mendapatkan uang dari proses transaksi digital ?

Semua itu karena belum sampainya pengetahuan soal bitcoin yang benar. Tahun 2010 internet masih sulit diakses. Media sosial tidak seramai sekarang. Kalaupun ada artikel tentang bitcoin di internet tentu berbahasa Inggris. Dengan kondisi demikian , maka bagaimana kita akan berpikir untuk mencari informasi yang lebih banyak terkait bitcoin?


ada apa dengan bitcoin hari ini


Ya tidak mengapa kalaupun saya tidak tahu tentang bitcoin pada awal-awal kemunculannya, tetap tidak ada kata terlambat untuk mempelajari dan memahaminya.

Kalaupun dulu tahu dan mencoba memiliki bitcoin , tampaknya tetap sulit juga. Kala itu belum ada yang menjualnya di Indonesia. Dari berita lain yang sering terdengar adalah soal mining bitcoin.

Iya apalagi mining itu ? Biasa diterjemahkan menambang, tambah bingung lah menambang sesuatu yang tidak tahu sepeti apa wujudnya. Ya sudahlah berita soal bitcoin dahulu cuma sekilas dan berlalu begitu saja.

Sampailah saya di akhir tahun 2021 , karena mulai sering membuka twitter, ada akun influencer dan politik di twitter yang pengikutnya banyak membahas tentang kripto.

Inilah awal saya mencoba membeli koin-koin kripto layer 1. Karena kemudahan akses internet, kemudahan transfer uang memakai e-wallet untuk membeli koin USDT ( salah satu stable coin yang biasanya dipakai untuk membeli bitcoin dan koin kripto lainnya )

Selang beberapa bulan, market mulai turun. Naik turunnya harga ( volatile) di aset kripto memang dianggap hal biasa. Tetap optimis saja walaupun saat itu portofolio banyak di koin selain bitcoin.


Ada Apa Dengan Bitcoin 

Semakin ramai saja twitter dengan meme atau candaan terkait kripto dan bitcoin. Sampailah melintas di twitter akun Ada Apa Dengan Bitcoin ( @aadbitcoin ). Akun twitter ini memang membahas tentang bitcoin saja . Bukan pula cara trading dengan membaca chart candlestick , atau menarik garis di technical analysis.

Dari akun tersebut saya jadi tahu mengapa hanya bitcoin saat ini yang benar-benar terdesentralisasi, sudah teruji lebih dari 12 tahun bitcoin mampu bertahan dari beberapa bear market.


ada apa dengan bitcoin hari ini
ada apa dengan bitcoin


Mengapa Pilih Bitcoin

Untuk mengetahu kenapa bitcoin, perlu kita mengetahui sejarah kemunculan bitcoin.

Bitcoin adalah uang digital yang diamankan dengan enkripsi SHA256, untuk mencegah penggunaan ganda ( double spending) maka Satoshi Nakamoto mengusulkan pencatatan transaksi dalam timechain atau blockchain. 

Untuk lebih tahu secara teknis dan rinci bisa dibaca di whitepaper bitcoin ( sudah diterjemahan dalam Bahasa Indonesia )


Mengapa Bitcoin Dibuat ?

Bitcoin dibuat untuk menghilangkan pihak ke-3 yaitu institusi yang menvalidasi transaksi kita. 

Seperti yang kita tahu kalau kita melakukan transfer pembayaran ke rekening seseorang, maka pihak bank yang akan menvalidasi sah atau tidaknya transfer dana yang kita lakukan. Bank akan merubah catatan rekening pengirim dan rekening penerima.

Apakah bitcoin benar-benar berhasil menghilangkan peran bank tersebut ?

Iya berhasil, semua transaksi divalidasi dengan matematika yang bekerja pada sistem bitcoin. Untuk menambah keamanan validasi perubahan catatan buku besar ( ledger) maka partisipasi semua pihak dibutuhkan. Catatan tersebut terbuka bisa dicek oleh siapa saja.

Siapa saja bisa download file "catatan/ledger" dari block awal sampai block akhir dan menjalankan node. Dengan demikian keamanan bitcoin semakin kuat. Data tersebut terdesentrasilasi tidak berada di satu tempat tertentu ( sentralistik). Jika ada yang bermaksud curang merubah catatan/ block tertentu harus merubah seluruh data di jaringan bitcoin yang tersebar diseluruh dunia dan itu sampai sekarang mustahil dilakukan.


Mengapa Pilih Bitcoin ?

Selain bisa digunakan langsung dari orang ke orang ( peer to peer), bitcoin bisa digunakan di mana saja ( tanpa batasan wilayah tertentu /borderless), kapan saja tanpa mengenal hari libur, aman tervalidasi, anti sensor dan banned, biaya murah untuk transaksi dalam jumlah besar, cepat untuk transaksi antar negara. 

Lebih dari itu semakin kita mempelajari bitcoin maka semakin banyak wawasan dan pembelajaran terkait sistem ekonomi dunia ( ekonomi makro), perlindungan kekayaan karena nilainya tidak tergerus inflasi, bitcoin bisa digunakan siapa saja tidak memandang ras, suku, agama, memberikan kebebasan. 

Demikian sekilas tentang awal saya mengenal bitcoin dan mengapa saya memilih hodl bitcoin, masih banyak yang harus terus dipelajari  dan dipahami terkait bitcoin. Teknologi semakin berkembang tentu saja kedepannya akan semakin banyak pengembangan di ekosistem bitcoin sendiri. 

Selamat belajar 

Posting Komentar untuk "Pertama Kali Mengenal Bitcoin dan Mengapa Pilih Bitcoin ?"