Mendaki Gunung Sindoro 26-27 Mei 2012 Lewat Kledung Temanggung Jawa Tengah

Hampir saja terlewatkan , salah satu gunung dari sekian banyak gunung di Jawa Tengah, yaitu Gunung Sindoro. Walaupun Gunung Sindoro (3.136 mdpl) lebih rendah di banding tetangganya Gunung Sumbing (3.371 mdpl) , namun tiap gunung punya ciri khas pemandangan yang berbeda.

Langsung saja berikut catatan perjalanan kami (yoiyok dan ibnu) naik Gunung Sindoro lewat jalur pendakian Kledung Temanggung Jawa Tengah

Transportasi Kami
Naik motor dari muntilan ke wonosobo lewat jalur salaman, kepil ke arah pertigaan pasar kertek wonosobo. Berangkat jam 17.00 dengan lalu lintas yang padat, sampai di kledung jam 18.30. Waktu sekitar 1 jam 30 menit, lebih cepat dibandingkan lewat Magelang Kota dan temanggung.

Jika masih belum jelas di mana letak basecamp pendakian Gunung Sindoro, jangan malu bertanya kepada penduduk setempat

Catatan Pendakian
Setelah sampai di basecamp sindoro, motor dimasukkan , kemudian mencatat di buku tamu ,trus bayar untuk parkir dan lain-lain, jangan lupa meninggalkan kartu identitas. Sambil istirahat, dan persiapan pendakian bisa melihat peta pendakian

Peta Pendakian Gunung Sindoro Bisa Di lihat Di Basecamp

Administrasi Basecamp Gunung Sindoro Kledung

Jam 20.30 : Mulai mendaki
setiap 1 jam kita berhenti istirahat 5-8 menit

Jam 01.00 : Kita putuskan untuk ngecamp, kayaknya bang ibnu mulai ngantuk nunggu ane yang jalannya pelan karena kaki udah pegal-pegal
Kita ngecamp setelah 1 jam lewati pos 3, selanjutnya......

Bangun jam 04.30 , beres-beres dan sholat subuh dulu, setelah itu foto pemandangan sekitar

View Gunung Sumbing Dari Gunung Sindoro

Sunrise Dan View Gunung Ungaran

Puncak Belum Kelihatan, Capek Deh....

Jam 5.30 : Kita kejar sunrise naik ke puncak, ternyata puncak masih jauh, sekitar 1 jam baru sampai puncak
Setiap lihat bukit., ayo sedikit lagi sampai puncak, ehhh...ternyata bukan puncak

Ini Baru Puncak, alhamdulilah....sampai juga

Total waktu pendakian tanpa waktu tidur : sekitar 5,5 jam

Turun Ke Area Kawah
Setelah makan nasi plus mie rebus, kita lanjutkan dengan turun ke kawah, lihat dan foto-foto lagi.

Area Kawah Di Lihat Dari Atas Puncak

Asap Yang Keluar Dari Kawah Yang Bergejolak

Keliling Puncak
Setelah melihat kawah, kita naik dan keliling puncak untuk melihat pemandangan yang lainnya

Seperti Bukit Teletubies

Gunung Prahu Dieng Terlihat Juga

Area Puncak Yang Luas Seperti Lapangan Bola

Mencoba Komunikasi HT
Setelah capek-capek keliling puncak, kita ngopi plus jahe merah, kita buat persediaan minuman tuk turun nanti berupa kopi jahe merah. Sambil nunggu air mendidih, ane mencoba komunikasi dengan repeater yang ada di talun muntilan (repeater relawan guruh merapi). Dengan HT IC 2N dan antena super stik, ternyata modulasi bisa diterima di induk guruh merapi dengan jelas.
Sippp... ane sekarang suka bawa HT tuk naik gunung

Waktunya Turun
Jam 09.00 kita mulai turun, di setiap perjalanan selalu bertemu dengan pendaki yang mau naik, kadang berhenti tuk saling sapa.

Turun yuk........

Sampai di basecamp jam 12.30. Total waktu turun sekitar 3,5 jam.
Kiranya cukup sekian cerita dan catatan pendakian kami, semoga bermanfaat

5 komentar untuk "Mendaki Gunung Sindoro 26-27 Mei 2012 Lewat Kledung Temanggung Jawa Tengah"

Comment Author Avatar
brow mau tanya kalo dari solo naik bus arah kemana ya menuju kledung
solo -magelang : naik EKA
magelang-wonosobo : turun di kledung
Comment Author Avatar
okey brooow..terima aksih infonya....
Selamat pagi Pak.
Saya blogger yang mengulas sedikit tentang gunung ungaran.
Mohon perkenan mempublish foto Bapak di blog saya.

Saya mencantumkan sumber fotonya.

Terima kasih.
Comment Author Avatar
Ya, silahkan , boleh di publish foto-foto dari blog kami juga dan terimakasih atas kunjungannya di blog kami