Memahami Angka-Angka di Spesifikasi Tenda

Ketika kita membeli tenda ada yang tidak mencantumkan spesifikasi tenda, ada yang mencantumkan spesifikasi apa adanya, ada yang mencantumkan detail akan tetapi dengan angka-angka yang kita sendiri tidak mudah untuk memahaminya. Berawal dari itu, kami coba pahami apa maksud angka-angka pada spesifikasi tenda tersebut.

O iya maafkan kami para pembaca, kami mengambil gambar dari google beberapa tenda dengan merk tertentu, selain untuk memudahkan juga karena kami sendiri tidak punya tenda he he..

bahan tenda
Contoh Spesifikasi Tenda Yang Tertulis

Dari gambar di atas sudah lumayan jelas dari merk tenda, desain tenda, ukuran tenda, kapasitas tenda, bahan rangka/frame/pole tenda, berat tenda. Tersisa angka-angka seperti PU 2500mm, maksudnya apa bahan kain polyester PU 2500 mm tersebut.


bahan tenda
Spek Tenda Yang Tertulis

Contoh lagi di atas, untuk lapisan luar tertulis 190 T polyester PU2500mm, kalau kita beli offline dan bisa lihat tenda, bisa memegang tendanya maka bisa tahu o..o..seperti ini kain 190 T polyester PU2500mm , simple kan ? Penasaran tidak maksud dari angka-angka tersebut? Kami pribadi penasaran dan ingin tahu maksudnya, dan akhirnya cari sana sini informasi lewat internet, beberapa hal yang kami dapatkan yaitu :
  • Angka 190T adalah jumlah benang per inchi, semakin besar angkanya maka semakin rapat kainnya, mudahnya 190T adalah ada 190 benang dalam tiap inchi.

  • Polyester PU2500mm, adalah polyester dengan coating/lapisan waterproof  2500mm, semakin besar angka tersebut, maka semakin waterproof. Dari referensi lain mengatakan kalau curah hujan di Indonesia rata-rata 800-1500 mm, dengan angka 2500mm sudah cukup tidak tembus hujan secara umum.

  • Untuk bahan alas tenda misal PE 12x12 , PE (polyethylene) semacam terpal, angka 12x12 ini kepadatan, semakin besar angkanya, maka semakin padat/rapat
Demikian sedikit yang kami tahu dan bisa kami tulis, tentu tidak telalu detail seperti apa bahan tenda yang dimaksud, namun dengan artikel ini semoga bisa membantu memberikan gambaran tentang spesifikasi tenda yang akan kita beli. Kalau ada hal penting dan belum di tulis di sini, bisa pembaca tambahkan di komentar.

2 komentar untuk "Memahami Angka-Angka di Spesifikasi Tenda"