Merubah Atau Membalik Warna Foto Hitam Putih Menjadi Putih Hitam

Sekali lagi saya bukanlah ahli di semua bidang, hanya saja pekerjaan di depan komputer, menjadikan hal-hal yang terkait komputer saya sering diikutsertakan. Kita kerjakan saja tugas tersebut dengan senang hati kalau memang sekiranya mampu dikerjakan, kalau tugas dianggap terlalu banyak tidak bisa dikerjakan secara bersamaan, maka kerjakan dulu tugas yang paling mudah, jadi ingat kalau dalam tes atau ujian, biasanya ada perintah “ kerjakan soal yang mudah dahulu”

Kita lanjutkan, tulisan kali ini hanya sebagai catatan pribadi saja, ketika saya menemui hal baru dan itu dibutuhkan saat ini, maka saya usahakan mencatatnya, siapa tahu suatu saat dibutuhkan kembali. Kalau dicatat maka mudah mencarinya kembali, mencatat bisa di buku khusus atau seperti yang saya lakukan ini mencatat dalam sebuah tulisan di blog. Enakkan, mencari hal yang kita butuhkan  tapi sudah lupa, tinggal buka saja blog santridanalam.com ini.

Setelah kemarin belajar bersama (baca: menyimak di youtube) dengan tema branding atau lengkapnya “ Hijrah dari Pedagang ke Pebisnis" di channel yukbisnis miliknya Mas J, saya dapat tugas untuk mencetak ( jawa : ngeprintke) slide yang ada di video tersebut. Mudah saja tugas tersebut tinggal download video, kemudian masukkan ke program editor video misalnya camtasia, terus bagian video yang menampilkan slide tersebut di save dalam format gambar ( misalnya format png). Setelah semua selesai, yang unik dan ciri khas slidenya Mas J ini adalah backgroundnya model seperti papan tulis tempo doeloe yaitu warna hitam.

Foto slide background warna hitam tersebut kalau diprintkan menghabiskan tinta hitam, akhirnya saya berpikir bagaimana kalau saya balik yang warna hitam jadi putih, sedangkan tulisannya yang warna putih jadi hitam. Begitulah latarbelakang kisah tugas saya sehingga mengantarkan saya untuk mencari tips merubah atau membalik warna foto hitam putih menjadi putih hitam atau invert colour.

Ternyata caranya mudah yaitu search di google saja he he...
Dapat tips dan langsung saya praktekkan dan saya catat di blog ini juga. Ternyata software bawaan windows yang simple dan kadang terlupakan ini punya fasilitas untuk membalik warna atau istilah kerennya invert. Tentu pembaca yang memakai windows tidak perlu repot instal software editing foto apalagi kalau spesifikasi komputernya terbatas. 

  • Buka saja foto yang akan diubah/dibalik warnanya dengan Paint 
  • Pilih select all ( ctrl + A )
  • Klik kanan foto dan pilih Invert Colour
  • Kalau sudah berhasil di balik warnanya, kemudian simpan foto tersebut

balik warna foto hitam putih
buka foto dengan paint, select all

Invert Colour dengan Paint
Invert Colour dengan Paint

Hasil Invert Colour dengan paint
Hasil Invert Colour

Belum ada Komentar untuk "Merubah Atau Membalik Warna Foto Hitam Putih Menjadi Putih Hitam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel