Cara Mengatasi You Cannot Shrink a Volume Beyond The Point Where Any Unmovable File Are Located Windows 10

Proses menulis dan update blog tersendat dong apalagi ada permasalahan pada tugas atau pekerjaan kita sehari-hari. Masih saja persoalan komputer mewarnai hari-hari admin ini, cie elah.., sok puitis min. Jadi mohon di afwan kan ya, kalau blog yang temanya Pendakian Gunung dan Kajian Islam kok akhir-akhir ini banyak tulisan terkait komputer.


Paragraf di atas mungkin kurang bisa dipahami oleh pembaca yang berbahasa lain, coba memakai google translate untuk memahaminya. To the point permasalah yang kita angkat di tulisan kali ini adalah, tidak bisa partisi drive C dengan shrink. Sesuai foto di atas yang saya hadapi saat kasus ini terjadi adalah notebook Asus E203 MAH dengan windows 10.

Paling mudah melakukan partisi bagi saya yang masih pemula dan tidak repot instal program pihak ketiga adalah dengan mengakses Disk Management. Saya anggap pembaca sudah mengerti kenapa disk harus dipartisi atau dibagi dan pembaca juga sudah mengerti bagaimana cara mengakses Disk Management. Kalau belum tahu dan mengerti berikut gambar dari potongan slide presentasi saya, semoga bisa dimengerti.
Kenapa Harus Di Partisi
Kenapa Harus Di Partisi
Kenapa harus dipartisi ? ada beberapa alasan disk harus di partisi, tetapi yang saya pahami masih sedikit. Pertama, layaknya sebuah rumah yang disekat-sekat maka file-file di windows bisa di pisah-pisahkan, bisa dikelompokkan. Kedua faktor keamanan saja, ketika file sistem di drive C terpaksa harus di format atau instal ulang, maka file data di partisi berbeda (misal drive D) tidak ikut terhapus.

Dan berikut caranya mengakses Disk Management di Windows 10
Cara Buka Disk Management Windows 10
Cara Buka Disk Management Windows 10

Muncul sedikit kasus error dengan pesan : “You Cannot Shrink a Volume Beyond The Point Where Any Unmovable File Are Located” , lihat pada gambar berikut.
Tidak Bisa Shrink Drive C
Tidak Bisa Shrink Drive C

Kenapa ya ? apa perlu di defrag? Terpaksa tanya google lagi. Solusi yang saya dapatkan dan sudah saya praktekkan yaitu :

Non Aktifkan Hibernasi
Caranya dengan akses cmd , ketik di pencarian start “ cmd” kemudian klik kanan untuk Run As Administrator. Kemudian ketik : powercfg /h off   , setelah di ketik atau di copy paste ya di enter.

Buka CMD Run Administrator Windows 10
Buka CMD Run Administrator Windows 10

Non Aktifkan Pagefile
Ketik di cmd : SystemPropertiesPerformance.exe , setelah di enter lihat settingannya pada gambar di bawah ini.

santridanalam
Proses Disable Pagefile Windows 10

Uncheck Automatically Manage Paging & Check No Paging File
Uncheck Automatically Manage Paging & Check No Paging File
Pesan Restat Setelah Disable Pagefile

Non Aktifkan System Protection
Ketik di cmd : SystemPropertiesProtection.exe, dan lihat settingannya di bawah ini. 

Disable System Protection Windows 10
Disable System Protection Windows 10
Klik configure, Check Disable System Protection. 

Apply. OK dan Restat. Setelah booting dan masuk windows kembali, coba di shrink drive C tersebut. Lihat pada gambar, drive C sekarang bisa di shrink.

Shrink Di Windows 10 Dengan Disk Management
Shrink Di Windows 10 Dengan Disk Management

Setelah selesai, kembalikan pengaturan yang tadi kita rubah. Aktifkan Hibernasi, ketik di cmd : powercfg /h on
Aktifkan Pagefile dan aktifkan juga system protection, caranya sama seperti di atas. Terimakasih atas kesediaan membaca tulisan ini, maaf kalau terlalu panjang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi You Cannot Shrink a Volume Beyond The Point Where Any Unmovable File Are Located Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel