Cara Menggunakan Viewranger Untuk Record Track dan Add POI - Santri Dan Alam

Cara Menggunakan Viewranger Untuk Record Track dan Add POI

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang penggunaan aplikasi Viewranger sebagai aplikasi GPS offline, maka di tulisan kali ini sedikit membahas bagaimana cara merekam tracklog dan menandai tempat penting ( istilahnya POI atau waypoint).

Fasilitas record tracklog tentu sangat penting, kita bisa mendapatkan jalur yang sedang kita lewati, misal ketika kita naik gunung ,sejak berangkat dari basecamp kita sudah record track terus hingga kita sampai di puncak . Maka ketika kita turun, kita bisa berpedoman dengan track yang sebelumnya kita record agar menjaga kita tidak keluar jalur mungkin akibat jalan tertutup kabut saat turun atau karena sebab lainnya yang kadang membuat kita tidak mengenali jalur pendakian ketika turun.

Cara record track di aplikasi Viewranger adalah sebagai berikut :

Masuk ke Viewranger, sentuh gambar ikon peta di atas untuk masuk ke tampilan utama. Aktifkan GPS dengan menyentuh ikon GPS pada bagian bawah-tengah. Kemudian sentuh ikon (+) warna hijau untuk melihat menu tambahan.
cara menggunakan viewranger
Perhatikan Ikon Tanda Panah Merah di Atas

Lanjutkan dengan sentuh ikon stopwatch, ada tulisannya walaupun pakai bahasa Inggris bertuliskan "Record a Track", kira-kira saja dan rata-rata anak sekarang saya anggap sudah paham Bahasa Inggris.
cara menggunakan viewranger
Merekam Jalur (Record a Track) Dengan Viewranger

Setelah kita sentuh record a track, akan muncul menu seperti gambar berikut ini :
cara menggunakan viewranger
Menu Record Track Viewranger

Perhatikan pewaktu belum berjalan, status track recording masih off dan tombol record belum aktif. 
Untuk pilihan aktivitasnya di atas misalnya saya pilih walking (berjalan), kalau akan disesuaikan dengan aktifitas kita seperti mendaki, maka sentuh saja dan pilih Hiking.
Sudah siap kita record track ? sentuh saja tombol record warna merah tersebut
Setelah disentuh akan berubah dan kembali ke menu utama.
menggunakan viewranger record track
Record Track Sudah Aktif
Terlihat pewaktu sudah berjalan. Untuk GPS juga sudah aktif (ikon GPS berubah warna menjadi hijau). Untuk menghentikan record track atau sementara di pause (dihentikan sementara), sentuh saja pewaktu yang sedang berjalan tersebut (bundar warna biru muda) dan tampilan akan seperti berikut ini : 
cara menggunakan viewranger
Menu Record Track Yang Aktif
Untuk stop langsung, sentuh tombol paling kiri. Untuk menghentikan sementara, misal kita sedang istirahat dan minum air sebentar  bisa dengan sentuh tombol pause (tengah). Untuk melanjutkan melihat menu utama bisa sentuh tombol back kanan atas. Untuk tab-tab yang lain seperti TRIP 1, NAVIGATION di coba saja disentuh munculnya apa ?
Setelah benar-benar kita STOP, selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut ini :
Save Track Viewranger
Save Track Viewranger
Title adalah judul track yang telah kita rekam.
Sentuh SAVE untuk menyimpan track tersebut. 
Kemudian akan muncul ringkasan track tersebut seperti gambar di bawah ini :
cara menggunakan viewranger
Summary Track Viewranger
Di menu ini bisa di ganti nama track (rename) , bisa langsung di share ke FB dan twitter ( tapi ingat track belum kita olah diedit, tambah POI dan lain-lain)

Di menu ini bisa juga kita hapus track tersebut, mungkin karena masih belajar mencoba jadi hapus saja track tersebut, caranya scrol ke bawah terus sampai ditemukan tulisan delete track.
Delete Track Di Viewranger
Delete Track Di Viewranger

Untuk kembali ke tampilan utama (tampilan peta) sentuh tombol back. Untuk mencari track yang tadi kita simpan (artinya yang tidak kita delete), caranya sentuh tab profile dengan ikon orang. Kemudian pilih tab TRACKS dan terlihat nama track yang tadi kita simpan. Sentuh saja peta track tersebut untuk melihat rinciannya dalam summary track.
menggunakan aplikasi gps viewranger
Perhatikan Tanda Panah Merah Di atas
Selesai Cara Record Track dan bagaimana mengelola file tersebut kapan-kapan kita lanjutkan lagi, tapi jangan lupa juga tulisan ini belum selesai,  yaitu bagaimana cara menambah POI ? Misalnya saat kita berhenti di POS 1, kita tandai tempat tersebut dan kita simpan di Viewranger.

Perhatikan gambar berikut, sama seperti di atas sebelumnya, sentuh ikon GPS akan aktif, kemudia sentuh saja ikon tanda plus warna hijau.


Setelah kita sentuh ikon plus warna hijau muncul menu berikut ini :
Add POI di Viewranger
Add POI di Viewranger
Sentuh Add POI untuk menambahkan POI atau menandai tempat yang penting di peta Viewranger nanti, dan nantinya bisa kita gabung dengan track yang sebelumnya kita simpan.
Setelah kita sentuh Add POI , muncul tampilan berikut ini :
add POI viewranger
Isi Nama POI
Isi nama POI, misal POS 1, Mata Air, Jembatan  atau nama tempat yang penting sepanjang pendakian gunung kita, lanjutkan dengan sentuh OK.
Add POI Move Point
Geser Titik POI di Tempat Yang Tepat
Muncul tampilan berikut, harap perhatikan letak kotak merah di atas apa sudah tepat dengan tempat yang sebenarnya, inilah di Viewranger harus pas menempatkan POI dengan tempat sebenarnya, bisa dengan Move Point (di geser) agar lebih tepat bisa di zoom in dulu. Misal di atas POI Jembatan tapi kok letaknya jauh dari sungai, maka kita geser ketempat yang benar. 

Setelah yakin kita sentuh Done (tanda centang) hasilnya seperti berikut ini :
Menggunakan Viewranger Untuk Add POI
Done POI Setelah Kita Geser Di atas Sungai
Misalnya POI yang kita buat masih kurang tepat letaknya bisa kita edit, pilih menu edit
Menu Edit POI ViewRanger
Menu Edit POI ViewRanger
Edit POI bisa di geser lagi letaknya dengan memilih Move Point, atau bisa juga di hapus dengan memilih Delete.

Setelah kita simpan, dimanakah kita mencari kumpulan POI tersebut ?
menu lanjutan viewranger
Titik Tiga Menu Lanjutan

Sentuh tab ikon titik tiga, dan cari tulisan Points of Interest disitulah bersemayamnya semua POI he he.
Lanjutkan sentuh tulisan Point of Interest dan akan muncul POInya
Bisa di Edit POI
Pilih lagi titik tiga di sebuah POI bisa kita dapatkan menu sebagai berikut :
Edit POI
Menu ada details POI, Show On Map ( tampilkan di peta), Navigate to (navigasi ke POI tersebut), Edit. atau Share(bagikan).
Misal kita ingin menghapus POI tersebut maka pilih Edit, muncul seperti ini :
Pilih Delete
Ya muncul pilihan untuk Delete POI juga.

Sampai di sini dulu penggunaan Viewranger, tentu masih banyak fasilitas di Viewranger ini dan akan sangat panjang kalau diulas semuanya. Kapan-kapan dilanjutkan lagi kalau ada kesempatan, atau rekan semua bisa mencoba di utek-utek sendiri, jangan takut salah kalau soal beginian, siap..?? Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini.

0 Response to "Cara Menggunakan Viewranger Untuk Record Track dan Add POI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel