Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki - Santri Dan Alam

Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki

Mendaki gunung masih menjadi hobi menarik , walaupun tak jarang kita dengar berita seorang pendaki yang tersesat dan pulang hanya tinggal nama. Namun dari peristiwa tersesatnya pendaki semoga diambil hikmah salah satunya adalah tentang pentingnya navigasi di gunung. Iya layaknya kita beraktivitas di kehidupan sehari-hari saat ini, misalnya saja saat kita bepergian ke kota,  sebagian dari kita menggunakan google map saat berkendara. Maka saat ini dengan meningkatnya jumlah pendaki,  meningkat juga kebutuhan ilmu tentang mendaki gunung, Bernavigasi salah satu bekal yang perlu untuk mendaki gunung, kalau kita sudah mempunyai smartphone, harusnya pendaki juga smart. Pilihan tepat juga memanfaatkan android yang kita punya sebagai alat navigasi, yaitu dengan cara kita instal aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki

Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki
Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki
Pada tulisan sebelumnya, saya sedikit mengulas tentang ViewRanger, bagaimana cara menggunakannya, bagaimana peformanya, sejauh ini bagus juga ViewRanger hanya saja ketika download peta offlinenya sangat lama. Kalau lihat di google playstore sebenarnya banyak juga aplikasi gps untuk android, inginnya semua menjadi aplikasi gps yang terbaik, atau menjadi aplikasi gps tercanggih, aplikasi gps terakurat. Semua mempunyai kekurangan dan kelebihan, bahkan ada rekan saya yang menginstal aplikasi gps lebih dari satu di HPnya. Kali ini saya coba sedikit menulis tentang aplikasi A-GPS Tracker. 

Sedikit membaca keterangan di google playstore tentang aplikasi A-GPS Tracker ini terlihat sederhana, simpel, dan memang digunakan untuk kemudahan penggiat outdoor. Tampilannya yang simpel ini bagi pertama yang menggunakan tentu suatu kelebihan, diharapkan akan lebih user friendly. File A-GPS Tracker ini kecil hanya 3,6 MB, download sangat cepat, silahkan coba saja di download.
Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki
Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki

Setelah selesai, buka saja aplikasinya, terlihat begitu sederhana dan simpelkan? tadi jangan salah walaupun sederhana seperti ini, ternyata sudah mampu memenuhi kebutuhan saya seperti record tracklog dalam format .gpx, buat waypoint, bisa dimasukkan/import file .gpx juga. 

Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki - OK

Pilih Ya Agar Aplikasi Tetap Berjalan Saat HP Kita Standby
Pilih Ya Agar Aplikasi Tetap Berjalan Saat HP Kita Standby

Tampilan Sederhana Aplikasi A-GPS Tracker
Tampilan Sederhana Aplikasi A-GPS Tracker

Cara Download Peta Offline A-GPS Tracker
Ini mungkin yang sering ditanyakan bagaimana sih download peta di aplikasi A-GPS Tracker ini, cari di menu kok tidak ada? Hmm... bingung ya? bahkan di review google playstore saja ada yang bertanya soal tersebut. Bagaimana kalau saya katakan bahwa cara downloadnya seperti ini :
  • Pakai koneksi internet ( ya iya lah..), ingin gratisan ya cari Wifi gratis dulu he he..
  • Terus buka saja A-GPS Tracker, udah gitu saja. 
Saat dibuka dan apa yang tampil dilayar HP kita itu yang di download oleh aplikasi. Coba saja matikan koneksi internetnya (misal di mode terbang), terus buka lagi aplikasi A-GPS Tracker, masih ada kan tampilan peta tersebut. O iya apa memang sudah ada sebelumnya? Coba saja geser atau zoom out ( dikecilkan), maka wilayah yang sebelumnya tidak tampil di layar HP kita tidak akan nampak petanya (blank)
Hasil Tangkapan Layar Saat HP Online
Tampak Peta Tersebut
cara download peta offline
Coba Kita Offline dan Zoom Out Peta
Maka Sekitar Peta Yang Tidak Terload Akan Blank
Jadi sekarang paham ya, cara download peta offlinenya yaitu : online dulu dan geser peta di aplikasi sampai pada tempat yang akan jadi tujuan kita berpetualang tersebut.

Cara Load (import/memasukkan) Tracklog Hasil Download
Mudah sekali cara kita memasukkan treck hasil download yang juga banyak di sharing di internet. Biasanya berformat .gpx, dan di aplikasi ini ada fasilitas untuk load file gpx tersebut. Mari kita coba, pertama kita download file treck tersebut misalnya kita akan mendaki gunung semeru, kita download semeru.gpx , bisa di download di sini beberapa Tracklog Pendakian Gunung Indonesia yang saya kumpulkan.

Setelah kita download file tracklog tersebut, otomatis biasanya akan tersimpan di folder download, di aplikasi A-GPS Tracker ini bisa di load, pilih load gpx dan masuklah ke folder download.
santri dan alam
Pilih Load GPX

santri dan alam
Cari File Di Folder Download
Setelah loading file Semeru.gpx , maka otomatis kita akan diarahkan ke peta Gunung Semeru, dan ingat apa yang tampil di layar HP itu otomatis tersimpan dan bisa di buka saat offline.

tracklog pendakian gunung indonesia
File Tracklog Selesai Load ke Aplikasi A-GPS
Cara Record Tracklog Dan Buat Way Point (POI) di A-GPS Tracker
Caranya mudah saya rasa semua pembaca di sini juga bisa, tinggal sentuh REC - START, kalau berhenti sejenak bisa di STOP. Kalau sudah selesai di SAVE, kalau mau di hapus semua yang sedang kita rekam pilih CLEAR.

Kalau buat waypoint atau POI bisa pilih gambar pin warna merah. Mudah sekali bukan, yang simpel ini ternyata begitu bermanfaat dan bisa bantu kita bernavigasi di setiap pendakian gunung kita. Jangan lupa dicoba saja, kalau ada kendala bisa komentar di kolom komentar.

aplikasi gps offline
Record Tracklog Silahkan Di Coba Saja

0 Response to "Aplikasi GPS Offline Untuk Pendaki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel