Cara Membuat Blog Di Blogger ( VIA HP)

Pernah ditanya oleh teman yang dahulu di Magelang tapi sekarang sudah di Makassar, bagaimana cara membuat blog? Karena saya sedang sibuk dan sedikit males, akhirnya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Dalam hati, hari gini belum tahu cara buat blog, wah sungguh terlalu. Membuat blog gratisan sangat mudah sekali baik dengan blogspot ataupun wordpress, zaman sekarang juga sudah berbahasa Indonesia seperti bermain dengan medsos, bahkan blog mungkin sudah tidak diminati oleh anak milineal. Namun tidak mengapa saya mulai mencicil membuat tulisan tentang blog secara bertahap, kali ini " Cara Membuat Blog di Blogger via HP.

Apa itu Blog ?

Menulis minat atau aktivitas kita kemudian di publish di internet, terus ada komentarnya, rutin kita update, simple, bahasa tidak terlalu formal, mungkin itu ciri dari blog. Dan ini populer sekali sebelum hadirnya medsos. Blog yang ternyata dari kata Web log, Web artinya website adapun Log adalah aktivitas, jadi Web Log artinya aktivitas di website, begitu kira-kira maksud Blog.

Apa Beda Blog Dengan Website

Dari konten atau isinya blog lebih ke minat dari pengisi konten, misalnya hobi memancing, hobi mendaki gunung, hobi komputer atau gado-gado gabungan dari berbagai hobi tersebut.  Adapun website bisa berupa informasi penting terkait produk ataupun layanan, misalnya website profil perusahaan , toko online dengan informasi produknya.

Perbedaan lainnya antara blog dengan website seperti di atas sudah saya singgung tentang ciri sebuah blog adalah tentang Update. Blog rutin diupdate mengikuti aktivitas pengisi konten, misalnya tahun 2012 sudah pernah naik Gunung Merbabu Via Selo, sekarang tahun 2019 tentu sudah berbeda situasi dahulu dengan sekarang, maka blog yang kita kelola perlu di update. Berbeda dengan website, update profil perusahaan bisa jadi tidak terlalu banyak dan rutin karena apa yang kita tawarkan tidak banyak perubahan.  Untuk perbedaan yang lain antara blog dengan website bisa di baca-baca di internet saja he he..

Cara Membuat Blog Di Blogger ( VIA HP)
Cara Membuat Blog Di Blogger ( VIA HP)

Cara Membuat Blog Di Blogger

Setelah tahu sedikit tentang pengertian blog, maka kita lanjutkan cara membuatnya. Untuk kita yang masih belajar menulis termasuk saya pribadi memilih layanan dari blogger saja, karena blogger adalah produk dari google. Tahu sendirikan kalau google itu mesin pencari terbesar saat ini, jadi harapannya google akan lebih mendahulukan produk dia sendiri yaitu blogger he he... Yup untuk saat ini google memang merajai dunia internet, satu akun google bisa untuk mendaftarkan ke produk-produk google lainnya.

Langkah pertama, membuat akun gmail (akun google), di jaman ini hampir semua orang punya email dari gmail, entah itu yang serius atau yang asal dibuatkan oleh penjaga konter saat beli hp he he.., misalnya abcdrxyz@gmail.com, untuk bisa memakai playstore memang butuh membuat email di gmail. Jadi proses membuat email ini saya anggap semua sudah bisa, masak android sudah sampai versi 9.0 ( Android Pie) kita belum bisa buat email, terus HP yang katanya smart itu dipakai untuk sms doang ha ha...

Langkah kedua, setelah email di gmail selesai dibuat (jangan lupa passwordnya) dan android sudah kita isi dengan kuota internet, silahkan menuju link blogger, yaitu di https://www.blogger.com. Ikuti tahapan yang ada, mudah kok bahasa Indonesia juga bisa.

Cara Membuat Blog Di Blogger ( VIA HP)- santri dan alam
Masuk Ke Blogger
Setelah masuk, dengan mengisi email dan password gmail, atau kalau sudah tersinkron dengan akun gmail maka akan langsung masuk ke blogger seperti di bawah ini, yaitu membuat profil blogger, isi saja sesuai keinginan Anda, jadi nama ini akan tampil sebagai penulis artikel di blog nanti dan sebagai nama akun blogger kita nantinya.

membuat profil blogger
Membuat Profil Blogger
Lanjutkan setelah selesai kita memberi nama akun blogger kita, dan muncul tampilan sebagai berikut :

Selamat Datang Di Blogger   Di sini Kita Bisa Memulai Aktifitas nge-Blog
Selamat Datang Di Blogger 
 Di sini Kita Bisa Memulai Aktifitas nge-Blog 

Muncul tulisan terkait undang-undang Uni Eropa, bisa di hilangkan dengan memilih tanda silang seperti gambar di atas. Selanjunya pilih Blog baru untuk mulai membuat blog.

cara membuat blog dengan hp
Pilih Blog Baru
Tampilan dashboard atau menu untuk melakukan blogging di blogger ini sama tampilannya baik di HP atau di komputer/laptop, ini akses tetap melalui browser.

Selanjutnya kita akan mengisi nama blog dan alamat blog, seperti di bawah ini :

memberi nama blog di blogspot
Untuk Alamat Blog Kalau Ada Tanda Centang Abu-Abu  Berarti Tersedia

Nama blog terserah kita, untuk alamat blog (domain blog) tentu karena gratisan maka akhirannya ada .......blogspot.com, sementara untuk belajar blog dan memang sambilan atau sekedar untuk tempat menulis catatan pengalaman kita dan lain-lain, pakai gratisan dulu he he.. Begitu selanjutnya, jika muncul tawaran google domain , di lewati saja atau disilang.

Google Domains
Untuk Domain TLD ( misal: com)
Bisa Beli di Penyedia Domain Saja
Lewati Google Domains
Akhirnya sampailah kita di dashboard blogger seperti berikut ini :

dashboard blogger
Ini Dashboard Blogger
Mudah kan cara membuat blog itu, yang sulit nanti adalah menghidupkan blog dengan tulisan-tulisan yang bagus dan mengoptimalkan blog, harus belajar terus tentang SEO (Search Engine Optimization) paling tidak bisa riset kata kunci yang sering dicari di google dan menggunakannya untuk membuat artikel.

Mengelola Blog Di Blogger Dengan Aplikasi Android

Setelah blog selesai kita buat, maka bisa juga kita kelola lewat aplikasi android, bisa diinstal aplikasi blogger android, dan seperti biasa login dengan email kita.

Instal Aplikasi Blogger Di Android
Instal Aplikasi Blogger Di Android


blogger dengan hp
Tampilan Di Aplikasi
Silakah di Coba-coba Sendiri he he


Cara Menghapus Blog

Bila kita sudah tidak sempat lagi menulis dan akibatnya blog pun tidak update, mungkin akhirnya kita memutuskan untuk menghapus blog tersebut, maka begini yang bisa kita lakukan, mudah sekali cara menghapus blog itu, perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Menghapus Blog Di Blogger
Cara Menghapus Blog Di Blogger

Cara Menghapus Blog, silakan masuk ke menu atau dashboard blog Anda, kemudian di klik bagian Setelan, kemudian pilih Lainnya, akan muncul di sebelah kanan Hapus Blog, klik saja Hapus blog yang berwarna biru.

Demikianlah cara membuat blog di blogger dan sampai cara menghapus blog juga, terimakasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Di Blogger ( VIA HP)"