Cara Masuk BIOS (UEFI) Laptop Acer Aspire E14 - Santri Dan Alam

Cara Masuk BIOS (UEFI) Laptop Acer Aspire E14

Cara Masuk BIOS (UEFI)

Bagi anda pemakai komputer atau laptop sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BIOS. Bagi yang belum tahu berarti memang jarang troubleshooting komputer/laptop sendiri alias jarang utek-utek komputer, karena kebutuhan kita untuk masuk pengaturan BIOS atau UEFI biasanya terkait dengan instal windows dengan flashdisk atau instal sistem operasi selain windows yang membutuhkan booting di awal lewat USB flashdisk, walaupun di BIOS sendiri banyak pengaturan dan infomasi terkait komputer/laptop kita.  Permasalahan timbul saat kita sudah berkali-kali menekan tombol DEL, atau F1 atau F2 namun tetap belum bisa masuk ke settingan BIOS, maka di tulisan berikut saya menulis : “Cara Masuk BIOS (UEFI) Laptop Acer Aspire E14” , mengapa saya pilih laptop Acer, karena itu yang saya pegang he he.., semoga bisa juga di terapkan ke laptop lainnya.

Cara Masuk BIOS (UEFI)
Cara Masuk BIOS (UEFI)


Sedikit Tentang Perbedaan BIOS dengan UEFI

Baik BIOS atau UEFI fungsinya untuk inialisasi hardware kemudian mencari booting device dan sistem operasi. Hal tersebut dapat dilihat ketika kita menyalakan komputer, tampak proses ketika BIOS bekerja seperti : menampilkan jenis BIOS, RAM, dan lain sebagainya. Setelah itu baru booting ke sistem operasi. Dari fungsi yang sama tersebut ternyata ada perbedaan antara BIOS dengan UEFI, atau ada yang menyebutnya perbedaan antara BIOS UEFI dengan BIOS Legacy.
  • UEFI di desain untuk menggantikan BIOS, karena kebutuhan penyimpanan saat ini untuk komputer-komputer tertentu menggunakan hardisk dengan kapasitas besar ada yang lebih dari 2 TB, dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh UEFI tidak dengan BIOS.
  • Mengapa kemampuan UEFI bisa melebihi BIOS dalam hal dukungan kebutuhan penyimpanan tersebut di atas?  Karena UEFI support penyimpanan yang menggunakan partisi GPT (Guide Partition Tool) dengan arsitektur 64 bit, sedangkan BIOS hanya mendukung penyimpanan dengan partisi partisi MBR (Master Boot Record)  dengan arsitektur 32 bit.
  • UEFI sebagai pengganti BIOS tentu saja tampilan lebih user friendly, bisa menggunakan mouse

Cara Masuk UEFI Tanpa Pencet ( Masuk UEFI Mode/ UEFI Firmware Settings)

Saat kita harus akses menu BIOS (UEFI) dengan menekan kalau tidak tombol DEL, F1 atau F2 namun ternyata gagal juga, jangan buru-buru laptop dipaksa restat ulang. Biarkan saja masuk windows, karena dari windows kita bisa masuk ke menu UEFI. Bagaimana caranya ?
  • Masuk ke menu windows setting misalnya dengan klik icon gear di windows 10, setelah masuk pilih Update & Security
windows setting
windows settings


cara masuk uefi firmware settings
Pilih Update dan Security

  • Selanjutnya pilih Recovery, dan pilih Restat Now, tunggu proses restat sampai masuk ke mode recovery. Perhatikan menu Choose an option, kita pilih Troubleshoot ( icon gambar obeng dan kunci pas)
cara masuk bios
Recovery dan Restart Now
  • Setelah masuk menu Troubleshoot, pilihlah Advanced options artinya pilihan lanjutan
cara masuk bios (uefi) firmware settings
Masuk Ke Troubleshoot


cara masuk bios (uefi)
Pilih Advanced Options
  • Terakhir di menu Advanced options ini kita pilih UEFI Firmware Settings

cara masuk UEFI firmware settings
UEFI Firmware Settings
  • Restart
cara masuk BIOS
Restart
Dan sekarang bisa masuk ke menu BIOS, demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Masuk BIOS (UEFI) Laptop Acer Aspire E14"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel