Memanfaatkan Fungsi Smart Fill Tool Di Coreldraw X8 Untuk Mewarnai Garis Yang Berpotongan Dengan Objek Membentuk Kurva

Fungsi Smart Fill Tool

Awalnya Saya bingung membuat judul di tulisan ini, iya karena memang tidak tahu istilahnya, sampai ketika Saya membutuhkan cara mewarnai tersebut, Saya ketik kata kunci di google : "cara menggambar bola warna-warni di coreldraw" ha ha.. , Saya pikir seperti menggambar gambar bola warna-warni, misalnya bola voli. Bagaimana cara mewarnai tiap bagian bola yang terpisah oleh garis-garis. Sampailah saya menemukan tulisan penggunaan smart fill tool. Terus apasih fungsi smart fill tool ? apa sebuah tool pengisi warna yang smart alias pintar, karena kepintarannya ia bisa mewarnai objek tanpa melewati garis yang berpotongan dengan objek tadi. Mungkin dengan contoh akan menjadi lebih mudah.

Smart Fill Tool Function
Fungsi Smart Fill Tool


Smart Fill Tool Coreldraw x8 (2018)

Siapa dari pembaca di sini yang masih memakai coreldraw x7 ? Saya rasa sudah susah menggunakannya apalagi yang bajakan, makanya Saya juga beralih ke Coreldraw x8 walaupun Saya bukan ahli desain grafis. Namun kadang Saya dapat tugas layaknya ahli saja, apa-apa yang berbau komputer pasti ujung-ujungnya Saya yang kena. Coba kalau yang berbau uang Saya kena, kan asyik gitu lho. Tapi dinikmati saja mumpung bisa dan biasanya kalau ada hal baru saya anggap inilah tantangan, jadi jangan mundur kecuali di belakang ada jurang ha ha.. Stop, kita lanjut pada sub judul di atas, yaitu smart fill tool di Coreldraw x8. 

Biasanya sebuah software ketika ganti versi maka ada yang berubah, minimalnya letak icon toolnya. Begitulah saya juga bingung mencari di manakah letak smart fiil tool itu, apalagi saya belum pernah memakai tool tersebut di coreldraw versi berapapun, sekarang langsung berhadapan dengan pencarian di Coreldraw x8. Tidak putus asa saya search di google, saya buka help, namun masih nihil , clue yang saya dapat di mana letak Smart Fiil Tool ini, adalah di sebelah kiri, saya cari-cari tetap tidak ketemu juga. Sampailah saya pada youtube dan menemukan video dengan judul : "How To enable Smart Fill Tools In CorelDraw 2018"  Yup, ketemu sekarang letak Smart Fill Tool tersebut, benar di sebelah kiri pojok sendirian ha ha..

Smart Fill Tool Coreldraw 2018 (x8)
Letak Smart Fill Tool Coreldraw 2018 (x8)
smart fill tool
Sebelah Kanan Contoh Objek Yang Diwarnai Dengan Smart Fill Tool

Tulisan yang super singkat, kapan-kapan kalau saya menemukan hal yang baru bagi diri sendiri terkait coreldraw, saya coba untuk menulisnya lagi di blog ini. Terimakasih bagi pembaca blog ini, jangan bosan baca tulisan saya yang gado-gado ini. Kalau ada yang mencari artikel tentang pendakian gunung, maaf belum sempat naik gunung lagi.

2 komentar untuk "Memanfaatkan Fungsi Smart Fill Tool Di Coreldraw X8 Untuk Mewarnai Garis Yang Berpotongan Dengan Objek Membentuk Kurva "

Comment Author Avatar
Makasih gan...berkat blognya sya baru tau letak smart fill tool Corel X8 ya hehehe
Comment Author Avatar
Terimakasih kembali, ikut senang bisa bantu para pembaca juga