Tampilan Baru Dashboard Blogger 2019 Lebih Responsive - Santri Dan Alam

Tampilan Baru Dashboard Blogger 2019 Lebih Responsive

Kehadiran smartphone seperti android menjadikan bertambahnya pengguna internet di dunia. Kalau dahulu untuk akses internet harus ke warnet, maka saat ini akses internet hanya dalam genggaman. Memang tidak semua orang memakai smartphone untuk akses internet, namun jumlah pengguna internet yang memakai smartphone (mobile device) lebih banyak daripada yang memakai komputer (dekstop). Ini mempengaruhi desain website atau blog saat ini, desain tampilan website atau blog akan dioptimalkan untuk pengguna yang memakai handphone (mobile). Hal tersebut sudah lama, dimulai sekitar tahun 2013. Tidak perlu diterangkan lagi bagi yang berkecimpung dalam dunia pembuatan blog atau website tentang optimasi tampilan web atau blog nya untuk pengguna mobile device. Demikian juga bagi pengguna layanan blog dari google yaitu blogger, banyak template baik yang default, gratisan atau yang premium sudah responsive.  Apa itu responsive ada yang menyebut juga responsif. Responsive pada intinya tampilan web atau blog tersebut bisa menyesuaikan dalam perangkat apapun, terutama lebarnya. Ketika di akses dengan komputer dekstop yang jelas lebih lebar dari android ia akan melebar sesuai perangkatnya. Dan sebaliknya saat diakses dengan android yang berbeda-beda lebar layarnya, tampilanpun bisa menyesuaikan lebarnya. Di tulisan ini tidak membahas lagi soal template responsive blog, namun sekedar berita kalau ada perubahan tampilan di dashboar blogger menjelang akhir tahun 2019. Saya mencoba menulis ini dengan judul : Tampilan Baru Dashboard Blogger 2019 Lebih Responsive


Tampilan  Responsive  Dashboard Blogger  2019
Tampilan Baru Dashboard Blogger  2019 Lebih Responsive 

Tampilan responsive untuk desain web sudah lama mulai tahun 2013, namun untuk tampilan dashboad blogger baru dikerjakan secara bertahap. Dari waktu ke waktu terus ada perubahan untuk kenyamanan semua pengguna layanan blogger ini. Saya kurang tahu perubahannya apa saja dari tahun-tahun sebelumnya, karena saya masih baru ikutan menulis di blog dengan blogger. Memang sudah lama saya daftar di blogger, tapi dahulu tidak serajin saat ini upadate postingannya. Sehingga tidak terlalu memperhatikan perubahan tampilan dshboard blogger. Perubahan dashboard blogger tahun 2019 ini cukup terasa. Di pertengahan bulan Oktober 2019 ini, saat saya ketik tulisan ini ada beberapa perubahan di dashboard blogger, antaralain di :

  • Tampilan Statistik
Bagian atas sendiri adalah daftar pengikut, jumlah postingan, dan komentar. Laporan pageview tampilannya juga berubah. Kemudian  ditampilkan juga postingan terbaru lengkap dengan grafik statistiknya. Pada intinya memang di buat responsive sehingga bagi blogger yang ingin melihat dashboad dengan handphone lewat browser HP tidak perlu repot-repot zoom in zoom out, geser sana-sini untuk menyesuiakan tampilannya. Silahkan di lihat dashboad blog Anda lewat browser HP agar lebih tahu, kalau masih kesulitan menyesuaikan diri, bisa juga dibantu dengan melihat dashboard blogger dengan komputer.

Tampilan Baru Dashboard Blogger  2019 Lebih Responsive
Tampilan Statistik Blog di Blogger

  • Tampilan Komentar
Tidak luput dari perubahan juga selain tampilan statistik blog, yaitu pada tampilan komentar. Untuk desain responsive biasanya memang icon akan lebih besar, termasuk dalam komentar ini, tampilan avatar atau photo profile blogger lebih besar, sehingga lebih jelas siapa yang komentar. Dengan tampilan responsive ini lumayan capek kalau scroll ke bawah, kecuali monitor komputer atau layar HP nya panjang ya gaes ha ha..

Tampilan Baru Dashboard Blogger  2019 Lebih Responsive
Tampilan Komentar Di Dashboad Blogger Lebih Responsive

  • Tampilan Tema
Coba saja di lihat tampilan tema di dashboad blogger sekarang ini, mungkin ada yang kesulitan mencari menu edit HTML nya? Jangan khawatir biasakan diperhatikan dengan seksama, menu dalam dunia mobile biasanya di cirikan dengan titik tiga. Iya di situ klik atau sentuh saja titik tiga tersebut, taraaa... ketemukan menu Edit HTML. Jadi jangan khawatir sobat blogger yang baru ingin belajar ngeblog, kalau di tutorial-tutorial di google tampilannya masih pakai dashboad lama, sesuaikan diri saja. Kadang saya membaca tutorial dengan tampilan dashboad Bahasa Inggris, padahal dashboad blogger saya Bahasa Indonesia, pinter-pinter menyesuaikan atau mengkiaskan hal yang mirip tersebut.
Menu Tema di Dashboad Blogger Baru
Menu Tema di Dashboad Blogger Baru



Letak Edit HTML di Dashboard Blogger Baru
Letak Edit HTML di Dashboard Blogger Baru

Segini dan segitu dulu ya tulisan dari saya ini blogger recehan gaje, cuma woro-woro (memberi berita) saja kalau Tampilan Baru Dashboard Blogger 2019 Lebih Responsive 

Belum ada Komentar untuk "Tampilan Baru Dashboard Blogger 2019 Lebih Responsive "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel