Cara Ganti Cartridge Canon G2000 - Santri Dan Alam

Cara Ganti Cartridge Canon G2000

Pembaca blog santri dan alam yang setiap hari bekerja di kantor atau bekerja menggunakan printer, kira-kira pernah punya printer Canon Pixma ip2770 apa belum ? Dari sekian jenis printer yang pernah saya pakai printer canon ip2770 ini yang sering saya gunakan. Tentu ada kelebihan dan kekurangan printer canon pixma ip2770. Kelebihannya harga relatif murah untuk sekedar print dokumen. Kekurangannya tentu tidak ada ink tank nya alias tidak ada fasilitas infusnya, kecuali ditambahi sendiri. Berkali-kali gonta-ganti infus, namanya printer ya, kalau sedang normal lancar saja, kalau sedang ngacau ya itulah saat-saat buat sebel. Dari sinilah karena repot sering trouble dengan infus tambahan itu, saya pikir bagaimana kalau ganti dengan printer canon yang memang dari pabriknya ada fasilitas infusnya, harapannya lancar jaya terus, tidak ada trouble seperti masuk angin di selang infusnya, begitu harapan saya. Akhirnya saya pilih Canon G2000 selain infus dari pabrik ada jua scannernya.

Satu tahun lebih saya pakai printer Canon G2000 tanpa trouble sama sekali, sampai isi ulang lagi tintanya. Sampailah pada satu trouble, ketika saya print kok warna merahnya tidak keluar? Pengalaman dahulu kalau ada yang tidak keluar salah satu warna, saya lakukan cleaning lewat pengaturan di printer, begitu biasanya cara membersihkan catridge secara umum. Saya buka juga printernya, ternyata memang tinta merah (magenta) tidak mengalir lewat selang infusnya. Saya lakukan cleaning terus berkali-kali tetap saja ketika saya test print, warna magenta tidak juga keluar. Sampai akhirnya muncul error 5B00 , hadehhh.. , Untuk cara mengatasi error 5B00 Printer Canon G2000 sudah ada di tulisan sebelumnya. Kenapa tidak sejak awal saya lepas catridge printer sehingga saya bisa membersihkan catridge canon G2000 tersebut. Ya, karena saya tidak tahu cara mengambil catridge tersebut.

Cara Ganti Cartridge Canon G2000

Sebab masalah datang, akhirnya saya cari tahu penyelesaiannya di google, saya ketik saja kata kunci : Cara Ganti Catridge Canon G2000. Ternyata mudah, caranya sebagai berikut :


  • Pastikan printer dalam keadaan mati. 
  • Buka printer dari depan, saya anggap sudah bisa jadi tidak saya sertakan foto cara membukanya. Jangan menunggu catridge bergerak ke tengah, walaupun printer on tetap saja catridge akan diam di pojok kanan dalam.
  • Setelah terbuka, lihat pojok kanan, dekat dengan rumah catridge. Ada penghalang catridge,  yang berupa plastik putih. Tekan saja penghalang tersebut.

Cara Ganti Cartridge Canon G2000
Tekan Penghalang Rumah Catridge

  • Setelah tidak menghalangi catridge. Tarik saja catridge ke tengah dengan cara menarik kabel yang berbentuk pita. Jangan khawatir, kabel tersebut aman ditarik, dan sangat ringan untuk menarik catridge ke tengah.
Cara Ganti Cartridge Canon G2000
Tarik Kabel Catridge Agar Catridge Bisa Kita Keluarkan Dari Rumahnya



  • Setelah rumah catridge tertarik ke tengah, sebelum kita membuka dan mengeluarkan catridge, maka penutup tinta kita buka ke atas. Hal ini dilakukan agar tinta tidak balik ke tabung infus.

Cara Ganti Cartridge Canon G2000
Buka Penutup Warna Biru Posisikan Seperti Pada Gambar di Atas

  • Selanjutnya, kita bisa mulai membuka penutup catridge, dengan cara seperti pada gambar di bawah ini.

membuka tutup catridge canon g2000
Cara Membuka Penutup Catridge Canon G2000

  • Kalau penutup atau pengunci catridge bisa di buka, maka langkah selanjutnya bisa kita lakukan penggantian catridge, atau sekedar membersihkan catridge tersebut.
Cara Ganti Cartridge Canon G2000
Cara Ganti Cartridge Canon G2000


  • Setelah selesai ganti catridge Canon G2000, kita tekan pengunci.

cara mengganti catridge canon g2000
Tekan Kembali Pengunci Catridge

Mudah bukan ?, begitulah cara ganti catridge canon G2000.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ganti Cartridge Canon G2000"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel