Cara Print Dari HP Android ke Printer Canon IP2770 Dengan OTG - Santri Dan Alam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Dari HP Android ke Printer Canon IP2770 Dengan OTG

Kegiatan printing atau mencetak sebuah file dengan printer dahulu memang banyak dilakukan di rentalan komputer, di kantor-kantor. Namun semakin beragamnya kegiatan, bisa saja ngeprint dilakukan oleh emak-emak di rumah. Misalnya mencetak atau print alamat kirim dari marketplace tertentu, atau sekedar ngeprint tulisan saja. Dan uniknya ngeprint saat ini tidak selalu harus lewat komputer baik pc atau laptop. Dengan HP Android kita bisa langsung memberikan perintah kepada printer untuk mencetak.  Di tulisan ini Saya memakai kabel OTG untuk menghubungkan HP Android ke printer. Yang perlu disiapkan :


Cara Print Dari HP Android Dengan OTG
Cara Print Dari HP Android ke Printer Canon IP2770 Dengan OTG 

HP Android 

HP yang Saya pakai saat tulisan ini dibuat adalah HP Xioami Redmi 5A. Karena Saya akan memanfaatkan koneksi USB OTG maka pastikan pembaca semua juga mempunyai HP yang support USB OTG. Rata-rata HP android keluaran saat ini sudah support OTG. Bisa baca-baca di spesifikasi android Anda , atau cek dengan aplikasi USB OTG Checker yang bisa didownload di playstore. Setelah memastikan memang HP android yang kita pakai support dengan OTG, bisa kita membeli kabel adapter USB OTG jika belum punya.

Kabel OTG

Penggunaan kabel atau adapter OTG untuk menghubungkan HP ke USB printer. Apa itu OTG adapter ? OTG atau On The Go. Dengan koneksi OTG kita bisa mentransfer file dari flashdisk, hardisk eksternal, card reader USB tanpa menggunakan komputer, bisa menghubungkan mouse, keyboard dengan HP dan menggunakannya.

Printer 

Kebetulan Saya memakai printer Canon IP2270. Printer Canon banyak digunakan di kantor-kantor untuk mencetak dokumen. Proses mencetak dengan Canon terbilang lebih cepat. Canon seri IP2270 banyak digunakan karena relatif murah harganya. Persoalan biasanya saat sudah diberi infus tambahan, selebihnya printer ini lumayan untuk cetak dokumen.

Aplikasi Android NokoPrint

Mungkin banyak aplikasi android yang bisa di gunakan untuk menghubungkan dengan printer. Dalam tulisan ini baru Saya coba aplikasi NokoPrint. Silakan pembaca bisa didownload di playstore. Aplikasi NokoPrint ini untuk printer Canon IP2270 bisa berjalan dengan baik, driver juga tersedia.

NokoPrint
NokoPrint

Proses Instalasi NokoPrint Dan Ngeprint

Memasang aplikasi android itu mudah, perlu sambungan ke internet, lewat android langsung saja ke google playstore.  Setelah selesai pasang aplikasi NokoPrint langsung tancapkan saja kabel OTGnya. satu ujung ke HP Android, ujung lainnya ke USB printer. Jika muncul seperti gambar di bawah ini bisa dicentang agar aplikasi NokoPrint terbuka saat kabel OTG dihubungkan.

Install NokoPrint Untuk Pertama kali
Install NokoPrint Untuk Pertama kali


NokoPrint Printer Canon iP2700 Series
Printer Canon iP2700 Series


Menginstal Driver Printer di NokoPrint
Menginstal Driver Printer di NokoPrint

Selesai Pemasangan Printer Di NokoPrint
Selesai Pemasangan Printer Di NokoPrint


Print Preview Sederhana Sebelum Di Print
Print Preview Sederhana Sebelum Di Print


Demikian cara print dari HP Android dengan NokoPrint dan prnter Canon iP2770, sederhana namun berguna saat kita membutuhkan cara praktis print dari HP Android tanpa lewat komputer.

Posting Komentar untuk "Cara Print Dari HP Android ke Printer Canon IP2770 Dengan OTG "

Berlangganan via Email