Cara Mengganti Favicon Blogger 2020 ( Versi Baru) - Santri Dan Alam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Favicon Blogger 2020 ( Versi Baru)

Favicon atau Logo Blogger di Address bar

Bagi yang sudah pernah belajar membuat blog dari google, tentu pernah dengar istilah favicon (favorit icon). Iya benar, sebuah logo kecil di address bar browser, contohnya seperti gambar di bawah ini :


cara mengganti favicon blogger
Letak favicon di Addres bar 


Logo atau favicon tersebut menunjukkan ciri khas blog kita, kalau tidak diganti maka logo secara default adalah logo blogger jadi tampak kurang keren. Pertanyaannya sebelum kita ganti berarti harus siapkan dahulu logo yang dibutuhkan. 


Cara Membuat Favicon Blogger   

Apakah butuh skill tertentu untuk membuat favicon? 

Menurut Saya sih, kalau kita bisa menggunakan aplikasi atau software grafis apapun ( corel, inkscape, pixelab dll) maka kita bisa membuat favicon. Buat saja logo atau gambar apa saja yang bagus untuk blog kita. 

Ukurannya berapa atau harus pakai file format .ico ataukah harus pakai favicon generator ?

Di blogger kita tidak harus membuat favicon dalam format file .ico, tidak perlu membuatnya dengan favicon generator (generator favicon) cukup sediakan file gambar bisa dalam format jpeg dengan bentuk kotak atau bujur sangkar , dan besar file kurang dari 100 KB.

Wah mudah sekali ya, membuat favicon di blogger itu.


Memasang Favicon Blog

Sampai pada pembahasan utama bagaimana cara mengganti favicon blog versi baru. Tampilan blogger baru sudah mulai sejak 2019 tapi semakin fix dengan tidak bisa dikembalikan ke tampilan klasik memang mulai tahun 2020. Sedikit membingungkan ya, termasuk Saya sendiri mencari dimana sih letak widget favicon. Karena seingat Saya untuk mengganti favicon melalui menu “Tata Letak” atau layout dan cari widgetnya yang sudah disediakan oleh blogger. Tapi di blogger versi baru ini tidak ada widget tersebut.  Karena bingung mencari dimana sih pengaturan favicon untuk blogger atau blogspot itu. Apa di edit tema secara html kah ? Kalau iya, kurang praktis dong mengganti favicon kok harus dengan edit tema. Terpaksa cari di google he he..

Tara ... akhirnya ketemu , cara mengganti favicon tersebut, Saya saja yang kurang cermat, apa mata ini sudah ngantuk ya kok tidak lihat menu tersebut. Berkali-kali masuk menu setelan tapi tidak ketemu favicon ha ha. Lihat gambar di bawah ini, disitulah letak pengaturan favicon.


memasang favicon di blogger
Setelah > Favicon


cara mengganti favicon blogger 2020
Klik Choose File Untuk Upload File Gambar Favicon


Klik saja tulisan biru Favicon, kemudian akan diarahkan ke halaman change favicon, kemudian klik choose file, cari file gambar yang sudah kita buat sebelumnya. Ukuran kotak/bujur sangkar dan besar file tidak lebih dari 100 KB. Begitulah kira-kira cara mengganti favicon blogger, sangat mudah sekali. Sekian catatan ngeblog Saya ini semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Favicon Blogger 2020 ( Versi Baru)"

Berlangganan via Email