Urutan Kabel LAN dan Cara Memasang Kabel LAN - Santri Dan Alam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Kabel LAN dan Cara Memasang Kabel LAN

urutan kabel LAN

Sekilas Tentang Kabel UTP dan Konektor RJ-45

Bagaimana cara memasang kabel LAN? Hal yang perlu diketahui sebelum memasang kabel LAN tentu harus tahu urutan kabel LAN, dan sebelum tahu urutan kabel LAN, kita perlu tahu dulu tentang kabel LAN. Sebagian dari pembaca mungkin sudah tahu tentang Kabel LAN, iya kabel yang dipakai untuk menghubungkan  komputer, router, switch, akses point dan lain-lain dalam jaringan Local Area Network ( LAN ). Kabel yang sering dipakai adalah kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) dengan konektor RJ 45. Kabel UTP yang dipakai karena lebih murah daripada kabel STP ( Shielded Twisted Pair ) dan biasanya pengkabelan jaringan LAN untuk di dalam ruangan (indoor), sedangkan kabel STP digunakan untuk outdoor.  Kabel UTP tidak memiliki pelindung seperti STP, namun keduanya terdiri dari 4 pasang kabel kecil berwarna di dalamnya dan terpilin.


kabel utp
Kabel UTP


Kabel UTP standar biasanya didalamnya ada kabel kecil dengan beberapa warna. Fungsi masing-masing kabel sesuai warnanya adalah :

  • Orange: untuk trasmisi data
  • Orange-Putih: transmisi data
  • Hijau: transmisi data
  • Hijau-Putih: transmisi data
  • Biru:  transmisi suara digital (Audio Over Ethernet)
  • Biru-Putih  transmisi suara digital (Audio Over Ethernet)
  • Coklat: penghantar power supply  DC ( Power Over Ethernet )
  • Coklat-Putih: penghantar power supply DC ( Power Over Ethernet )
Jadi sebenarnya jika untuk transmisi data maka bisa saja kabel warna yang digunakan adalah : Orange, Orange-Putih, Hijau dan Hijau-Putih. 

Kabel UTP saat ini yang banyak dijual rata-rata sudah kategori 5 (CAT 5) dan kategori 5e ( CAT5e)

Untuk standar dipakailah konektor RJ-45 ( Registered Jack 45 ) yang memiliki 8 pin, jadi sesuai dengan jumlah kabel UTP. RJ-45 adalah standar yang ditetapkan oleh Universal Service Ordering Code (USOC) dari Sistem Bell pada tahun 70-an yang digunakan untuk koneksi telepon. Kenapa harus pakai kabel UTP dan kenapa harus pakai RJ-45, karena memang semua sudah dibuat standar agar sama. Semua perlengkapan baik di komputer, laptop, router dan peralatan networking lainnya, port ethernetnya sudah distandarkan dengan konektor RJ-45, jadi kalau kita tidak memakai RJ-45 untuk kabel LAN, tentu tidak cocok dengan peralatan tersebut.


register jack 45
RJ-45


Urutan Kabel LAN

Sebelum kita mulai memasang kabel LAN, jika kita merakit sendiri dengan membeli kabel UTP dan konektornya, maka perlu kita ketahui urutan kabel LAN . Sebenarnya ada dua macam urutan kabel LAN yaitu straight dan cross over. Selama ini yang Saya temui kebanyakan yang straight. Kabel LAN yang dibuat dengan susunan straight dan cross mempunyai fungsi yang berbeda. Susunan straight dipakai untuk menghubungkan perlengkapan (device) yang berbeda misalnya : komputer dengan router, komputer dengan switch. Adapun susunan cross dipakai untuk menghubungkan device yang sama misalnya : komputer dengan komputer langsung.

UTP harus mengikuti standar T568A atau T568B. Pemasangan urutan warna kabel mengikuti dua aturan standarisasi internasional, yaitu aturan IEA/TIA 568A dan TIA/IEA 568B. Agar lebih mudah dalam menghafal standar internasional ini, kita sebut standar IEA/TIA 568A sebagai STANDAR A, sementara standar TIA/IEA 568B kita sebut STANDAR B. Aturan urutannya adalah sebagai berikut.


Urutan Warna Kabel Straight

Langsung saja kita mulai dengan kabel straight dulu karena ini yang biasa Saya pakai saat mengerjakan jaringan komputer sederhana di kantor. Walaupun biasa Saya lakukan tapi setiap akan pasang kabel LAN lupa lagi urutan warnanya, atau kalau ingat sedikit rasanya masih ragu sebelum cari di google. Daripada setiap akan pasang harus cari di google, ya Saya tulis diblog sendiri saja. Straight secara harfiah artinya lurus atau langsung, maksudnya kalau di susunan kabel UTP berarti urutan warna kabel lurus saja ujung kabel 1 dengan ujung kabel 2 alias sama urutan warnanya. Berikut urutan warna kabel straight.


kabel straight
Urutan Warna Kabel Straight - Standar A


urutan kabel LAN
Urutan Warna Kabel Straight - Standar B


Urutan Warna Kabel Cross

Dari urutan atau susunan kabel straight dan cross tentu berbeda , yang jadi pertanyaan dengan susunan yang berbeda tersebut kok bisa ya fungsinya jadi berbeda ?


kabel cross
Urutan Kabel LAN Cross


Cara Pasang Kabel LAN

Sudah paham ya penjelasan tentang urutan kabel LAN di atas. Kita lanjutkan dengan cara pasangnya.  Untuk memasang ke konektor RJ45 kita membutuhkan alat namanya tang crimping. Ada yang belum tahu seperti apa tang crimping itu ? Berikut penampakkannya beberapa tang crimping yang sering dipakai.


Cara pasangnya mudah bukan dengan mengupas satu persatu kabel kecil berwarna tersebut, tapi cukup kita potong kabel UTP  dengan tang crimping (tiap tang crimping tentu ada fitur untuk memotong kabel), selanjutnya ikuti langkah berikut :

  1. Kupas selubung kabel yang menyatukan beberapa kabel kecil berwarna. Beberapa jenis tang crimping ketika kita memotong kabel, otomatis selubung kabel akan ikut terkelupas dan jarak kupasan dengan ujung kabel juga terukur.
  2. Atur atau susun kabel sesuai urutan yang akan kita gunakan ( straight atau cross over)
  3. Yakinkan sekali lagi kalau urutan kabel sudah benar
  4. Masukkan ke konektor RJ-45, pastikan juga sudah tepat  kabel masuk pada jalur yang ada di konektor tersebut.
  5. Masukkan kepala konektor RJ-45 ke dalam tang crimping
  6. Tekan tuas tang crimping sampai benar-benar tertekan jalur tembaga yang ada di konektor RJ-45 tersebut, ada yang sampai bunyi “klik”
  7. Lepas kepala konektor dari tang crimping
  8. Lakukan hal yang sama untuk ujung kabel lainnya, setelah semua selesai sebelum dipakai bisa juga dilakukan pengetesan hasil crimping kita dengan alat tester kabel LAN sehingga kalau ada kesalahan bisa kita ketahui lebih awal, daripada nanti kebingungan ketika susunan kabel salah atau hasil crimping tidak bagus akan mengakibatkan jaringan LAN  tidak berfungsi.

Demikian catatan pendek dari Saya tentang urutan kabel LAN dan cara memasang kabel LAN tersebut. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Urutan Kabel LAN dan Cara Memasang Kabel LAN"

Berlangganan via Email