Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Security Boot Fail ( Enable & Disable Secure Boot)

Kemarin saat mencoba Ubuntu live USB di laptop Acer Aspire E 14, sudah setting boot ke USB, kenapa muncul peringatan “ Security Boot Fail” ? Saya membuat live USB memakai YUMI dengan harapan bisa multiboot. Saya coba di komputer lain bisa booting tanpa ada peringatan tersebut. Berarti ada sesuatu di settingan BIOS/UEFI nya. Aha.. pasti diaktifkan security bootnya. Oke, Saya matikan laptop dan menyalakan kembali, masuk ke pengaturan UEFI dengan pencet tombol F2. Dan langsung pilih tab Security. Pastilah ada di menu ini pengaturan secure bootnya, kalau Enable ya tinggal di pilih Disable. Selesai sudah.


cara mematikan secure boot acer
Security Boot Fail


Namun ternyata Saya lihat : Password on Boot sudah dalam posisi disable. Berartikan harusnya sudah bisa booting lewat USB ya?  Di bawahnya lagi ada pilihan Secure Boot Mode dalam posisi Standar. Ingin saya ubah, cuma menu ini tidak berwarna biru alias tidak bisa diakses.

Set Supervisor Password

Saya coba dengan setting Supervisor Password dulu, caranya :

  • Tekan enter
  • Isikan password baru
  • Ketik lagi di kolom Confirm New password 
  • Tekan Enter

set supervisor password acer
set supervisor password 


Iya dengan setting Supervisor Password, Saya jadi bisa mengakses menu-menu di Secure Boot Mode. Tanpa berpikir panjang dan tanpa cari solusi di google, Saya tertuju pada menu Erase all Secure Boot Setting, yang kalau Saya artikan maksudnya menu tersebut adalah:  Untuk menghapus semua settingan keamanan boot (secure boot). Tekan Enter saja dah.


erase all secure boot set
erase all secure boot setting


Selesai seperti biasa pilih Exit dan Save settingan UEFI tersebut. Dan akhirnya bisa juga boot live USB Ubuntu.


live usb ubuntu dengan yumi
live usb ubuntu dengan yumi


Default Enable Secure Boot

Secara default untuk laptop acer ini memang settingan UEFI nya akan Enable Secure Boot. Coba lihat di seetingan UEFI dengan tekan F2 saat akan booting. Atau jika terlewat bisa juga masuk pengaturan UEFI lewat UEFI Firmware Settings yang pernah Saya coba di tulisan ini : Cara Masuk Bios Acer 


Secure Boot Enabled
Secure Boot Enabled


Disabled Secure Boot

Agar menu enabled dan disabled ini bisa diakses, kita harus set Supervisor Password dulu seperti di atas. Setelah selesai set Supervisor Password, maka bisa kita ganti Secure Boot menjadi Disabled.


Disabled Secure Boot
Disabled Secure Boot


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Security Boot Fail ( Enable & Disable Secure Boot)"