Tata Cara Sholat Idul Adha Sendiri di Rumah

Lama tidak menulis materi agama Islam, sejak blog ini sengaja saya monetize , iya ada iklannya. Selain karena dari segi ilmu agama Saya tidak banyak ilmunya, lebih dari itu jika berbagi faedah apalagi terkait agama saya sendiri kurang sreg kalau ada iklannya. Dengan cara tidak pernah menulis terkait ilmu agama di blog ini harapannya menjadi tidak populer tulisan tersebut di google. Dan rata-rata memang yang masuk membaca blog ini, datang dari google berdasarkan pencarian materi seputar komputer dan internet. Ya sudah itu saja yang saya perbanyak , dan semakin banyak yang berkunjung karena mencari materi seputar komputer dan internet, maka saya pun berpikir tidak masalahlah kalau di blog ini ada iklannya, maklum bisa untuk bayar domain blog ini, sisanya bisa untuk menambah uang jajan walaupun harus sabar kumpulin recehannya.

Waduh, paragraf di atas malah seperti curhat saja. Langsung saja kali ini saya bermaksud membagikan ebook tentang " Tata Cara Sholat Id di Rumah " , maaf kalau saya telat membagikannya, karena ebook ini sudah tahun lalu ditulisnya , saat  pemerintah menetapkan PSBB untuk wilayah Jakarta demikian juga dengan wilayah diluar Jabodetabek, pemerintah memerintahkan untuk sholat di rumah.  


tata cara sholat idul adha di rumah
Cara Sholat Id di Rumah


Pandemi Covid-19 masih terjadi dan belum terkendali di tahun 2021 ini, dan saat ini saya tulis, peningkatan kasus di Indonesia sudah menjadi rekor dunia, padahal sebentar lagi akan datang perayaan Idul Adha. Pemerintah sudah sejak tangal 2 Juli 2021 menetapkan PPKM darurat, dimana salah satu aturannya tidak membolehkan aktivitas keagamaan di tempat ibadah, termasuk nanti saat sholat Idul Adha.

Saya dapat ebook baru tadi dan sayang juga kalau terlewatkan atau tidak saya simpan ebook tersebut. Karena sering lupanya saya, lebih baik saya tulisa dan upload di blog ini saja ebooknya, jika suatu saat dibutuhkan tinggal download lagi dan baca lagi.

Ebook ini dalam bentuk file pdf. Ditulis oleh Ustadz Qomar Su'aidi, beliau adalah pimpinan Pondok Pesantren Darul Atsar Temanggung.  Beberapa hal yang akan dibahas di ebook ini yaitu tentang :

  • Shalat Id di Rumah Menurut Tinjauan Syariat 
  • Syariat Islam Memberi Solusi
  • Tuntunan Akidah Ahlus Sunnah
  • Apakah Shalat Id di Rumah Memiliki Tata Cara Tertentu? 
  • Meneladani Nabi dalam Beridul Fitri 

Sholat-sholat yang sejatinya harus dikerjakan berjama'ah di masjid, karena ada sebab yang syar'i, maka dibolehkan untuk mengerjakannya di rumah. Demikian juga dengan sholat id ( Idul Fitri ataupun Idul Adha). Apakah pandemi covid-19 ini menjadi alasan syar'i sehingga sholat harus dikerjakan di rumah ?

Melihat situasi saat ini, pemerintah dan para ahli kesehatan sudah memperhitungkan hal tersebut, karena berkumpulnya orang dalam jumlah banyak disuatu tempat akan beresiko menjadi klaster penularan Covid-19, apalagi kondisi layanan kesehatan sudah mulai kolaps, rumah sakit penuh, oksigen sulit dicari, kondisi sangat darurat. Maka kondisi seperti saat ini jelas menjadi alasan syar'i sehingga dibolehkan untuk mengerjakan sholat id di rumah.

terus bagaimana tata cara sholat Id di rumah ?


secara umum tata caranya sama seperti saat sholat id kondisi normal. Jika berjama'ah boleh ada khutbah, boleh tidak. Kalau sholat sendiri, maka sholat saja tidak dengan khutbah id.

Penjelasan lebih rinci bisa unduh ebooknya , klik di sini

Posting Komentar untuk "Tata Cara Sholat Idul Adha Sendiri di Rumah "