Cara Membuat Kolom Komentar Di Ch Telegram

Beberapa waktu yang lalu ketika whatsapp, instagram dan facebook down, saya mulai coba lihat media sosial lainnya seperti twitter dan telegram. 

Tiap medsos tersebut memang ada kelebihan dan kekurangannya. Sudah sejak lama pula saya membuat akun di media sosial tersebut. Untuk telegram sebagian orang masih belum menggunakan apalagi untuk menggantikan media chat whatsapp. 

Untuk group saya pun masih banyak mengambil manfaat dari facebook. Grup-grup dengan tema tertentu di facebook rasanya lebih nyaman dengan komentar yang terkelompok pada satu postingan. Sebuah postingan akan menyertakan kolom komentar, walaupun postingan lama akan naik jika di komentari lagi.


Bermula mendapat link telegram di group facebook, yaitu group Windows Community yang ternyata link tersebut channel telegram. 

Namun saya lihat bagus juga karena tiap unggahan di telegram ada komentarnya. Kalau group telegram yang saya tahu sama seperti group di whatsapp.


Komentar baru akan membuat komentar atau postingan sebelumnya tenggelam dalam percakapan (chat)Ini membuat tidak nyaman dimana komentar tidak bisa terkumpul pada satu postingan tertentu.

Setelah saya cek lagi ternyata memang fasilitas komentar di telegram tersebut adalah di channel yang semula channel bersifat searah

Dengan adanya komentar membuat channel lebih bisa interaktif .Bagusnya lagi komentar bisa terkumpul dalam satu postingan tertentu. Jika memang ingin channel tidak ada komentar, maka di nonaktifkan saja diskusi pada : manage channel.

Saya sebelumnya penasaran bagaimana caranya menambahkan kolom komentar pada telegram tersebut. Saya cari di google : " Cara Membuat Kolom Komentar di Channel Telegram " saya dapatkan tulisannya , kemudian saya baca dan saya praktekkan pada channel telegram santri dan alam. 


Berikut caranya menggunakan telegram desktop:

  • buka aplikasi telegram dekstop di pc 
  • pilih channel telegram yang kita kelola
  • klik titik 3 pojok paling kanan
  • pilih Manage Channel


Cara Membuat Kolom Komentar Di Ch Telegram
Manage Channel



  • cari pilihan Discussion , klik Add a group

Cara Membuat Kolom Komentar Di Ch Telegram



  • buat grup baru dengan klik CREATE A NEW GROUP

cara mengaktifkan fitur komentar di telegram
Create A New Group


  • defaultnya akan diberi nama seperti nama channel + chat, contohnya di saya nama groupya santri dan alam chat, grup ini bersifat privat
  • beri gambar group yang berbeda dengan gambar pada channel agar memudahkan mengenalinya
  • group tersebut otomatis terhubung dengan channel kita


cara ch tele bisa komentar
Discussion


  • coba buat postingan baru di channel kita dan lihat ada kolom komentarnya ( Leave a comment )


cara aktifkan komentar di channel telegram
Leave a comment


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kolom Komentar Di Ch Telegram"