Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Dengan Bantuan CS Penyedia Domain

Ada lagi kegiatan di depan komputer yaitu buat website untuk produk herbal. Saya masih sering menggunakan blogspot dengan custom domain. Mengelola banyak blog lebih mudah dengan satu akun saja. Beberapa domain sebelumnya saya beli di niagahoster, dan untuk kali ini saya beli lagi di niagahoster. Untuk custom domain blogspot niagahoster sudah pernah saya tulis di blog ini. Dengan klik-klik saja, mengikuti tiap tahap dan taraa... tunggu beberapa saat blogspot sudah bisa di akses dengan domain TLD.

Hanya saja untuk custom domain blogspot yang saya kerjakan kok terjadi error saat diakses. Saya tunggu saja mungkin proses propagasi DNS belum selesai. Setelah di tunggu sekian lama, bisa terbuka blognya, tapi beberapa jam kemudian tidak bisa diakses lagi , apa ada yang salah saat proses custom domainnya ya ? 


DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN
DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN 


Sempat Kehilangan CNAME 

Ceritanya panjang sampai saya bingung kenapa cname dari blogspot tidak muncul lagi? Blog awal saya hapus, buat blog lagi dan coba saya masukkan custom domain, tapi cnamenya tidak muncul he he .. Saya cari tahu di google, bagaimana cara melihat CName (Canonical Name ) tersebut.  Jika kita kehilangan cname, untuk melihatnya bisa ke link berikut : 


klik Verificaton details , pada domain yang kita maksud ( kalau sudah kita submit sebelumnya), kalau belum ya :  add a property

Pada kasus saya ini domain sudah saya tambahkan (add a property) hanya saat saya buat blogspot baru, cname tidak muncul. Saya klik verification details pada domain yang saya maksud dan tampaklah cnamenya


Custom Domain Saya Ulang

CNAME sudah ketemu, langkah saya adalah custom domain saya ulangi lagi dari awal, namun belum juga terbuka blog saya, masih error. Mungkin baru proses propagasi DNS lagi, ya ditunggu saja. Beberapa jam sampai hari tetap saya tunggu dan masalah masih sama kadang bisa dibuka dan kadang tiba-tiba tidak bisa terbuka. Wahh..., mulai dari sini saya perhatikan pesan errornya, yaitu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.


Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Kalau mati hidup seperti ini jadi tidak bisa memulai isi blognya dengan postingan. Saya anggap ini ada error dan saya cari solusinya dulu di google. Ketik saja di google :DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, munculah banyak artikel cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Rata-rata di halaman pertama ini sudah dipenuhi oleh artikel dari penyedia hosting dan domain. Paling atas saat ini masih ditempati oleh niagahoster sendiri. Saya buka saja artikelnya, agar jika kita tanya CS nanti dan disuruh lakukan langkah-langkah tersebut sudah saya kerjakan dahulu.


DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN bisa terjadi di sisi client. Oke, jadi cek dulu kondisi kita sebagai client.  Coba kita buka blog dengan client yang berbeda, beda perangkat komputer atau hp dengan koneksi internet yang berbeda pula. Hasilnya sama juga error DNS probe terjadi pada sisi client yang lain. Tapi tidak mengapa saya coba solusi yang biasa disarankan oleh para penulis artikel sebagai berikut :


Release & Renew IP Address

Jika PC pakai windows buka saja cmd (command prompt) dan ketik :

ipconfig/release
ipconfig/flushdns 
ipconfig/renew 

Restart DNS Client Service

masih di cmd , ketik :

Net stop dnscache
Net start dnscache


sampai sini belum juga berhasil, lama-lama saya capek juga, apalagi yang harus saya lakukan he he. 

Inisiatif tanya pada CS niagahoster saja, karena saya beli domainnya di niagahoster. CS lumayan lama saat coba mengatasi masalah tersebut, tapi saya sabar menunggu. Belum selesai jawaban dari CS, saya coba akses blog sudah bisa , ya sudah saya bilang ke CS, sudah bisa kok... CS pun menutup chat , jika ada masalah lagi nanti disampaikan saja.

Belum ada satu hari, ternyata blog kembali tidak bisa diakses dengan error sama " DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ", saya tanya CS lagi sekarang beda orangnya.


Kenapa ya kok muncul error tersebut, saya tanya ke CS nya. Selang  beberapa lama, akhirnya CS menjawab kalau ada yang tidak sinkron dipengaturan DNS nya. Akhirnya blog pun bisa diakses tanpa ada error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN lagi.



DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN
DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN 



Posting Komentar untuk "Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Dengan Bantuan CS Penyedia Domain"