Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger (Blogspot)

Bagaimana cara mengalihkan URL blog. Atau bagaimana sih cara mengalihkan domain blog pertama ke domain blog kedua. Itu masalah yang saya hadapi. Jadi ingat postingan di grup blogger FB soal pengalihan tersebut, yang  dinamakan redirect 301.

Begitulah tuntutan kebutuhan dan pekerjaan memang selalu ada, dan saya coba cari solusinya di google. Kuncinya tinggal ketepatan kata kunci yang kita gunakan. Karena tiap permasalahn biasanya di google ada solusinya.

Oke, saya cari di google bagaimana cara mengalihkan alamat domain di blogspot. Dan kenapa saya lakukan pengalihan (redirect) tersebut ? Ceritanya begini 

Saya diberi tugas membuat website/blog untuk suatu produk herbal. Karena saya newbie saya masih memakai blogspot dan custom domain TLD saja. Awalnya disuruh beli domain (.com ) hanya saja domain tersebut sudah ada yang pakai.

Karena harus segera buat weblog tersebut. Maka inisiatif saya untuk membeli yang domain ( .id ). Setelah beberapa pekan blog tersebut terindeks google.


Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger


Selang beberapa bulan kemudian, ternyata yang domain (.com) sudah tersedia, alias bisa digunakan. Saya disuruh beli domain (.com) tersebut dan isi juga dengan produk herbal yang sama.

Saya berpikir akan ada dua domain yang nanti isi atau kontennya sama, ini apa tidak berakibat buruk ? Jika ingin diisi dengan konten berbeda, menurut saya berat, karena kalau tidak fokus mengerjakan salah satunya, blog tersebut akan rendah trafiknya.

Bingungkan, capeknya nanti double. Aha... akhirnya saya ingat soal redirect atau pengalihan alamat blog. Jadi jika orang akses blog yang saya buat di domain (.id), maka secara otomatis akan diarahkan ke domain (.com) . Kalau tidak seperti itu, misal yang domain (.id) dihapus sayang sekali, karena konten di domain (.id) sudah muncul di google.


Kasus yang saya hadapi ini ingin mengalihkan haramainfood.id ke alamat barunya di haramainfood.com


Langkah-langkah yang saya lakukan sebagai berikut :

  • masuk blogger dan membuat blog baru
  • tema blog baru saya samakan dengan tema blog lama
  • masuk ke dashboard blog lama, cadangkan konten dengan cara masuk ke menu setelan dan cari cadangkan konten

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger
cadangkan konten





cara mengalihkan url blog
download cadangkan konten


  • selesaikan pembuatan blog baru dan custom domain baru, pada kasus saya  ini ke domain (.com)
  • setelah selesai , masuk ke dashboard blog baru, masuk ke menu setelan dan cari impor konten


Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger
impor konten



  • jika di blog lama kita memakai custom permalink, maka matikan postingan secara otomatis, karena permalink baru harus sama dengan permalink lama

redirect domain lama dengan domain baru blogger
impor konten



  • agar pengalihan (redirect) dari blog lama bisa dilakukan maka butuh script redirect dan untuk blogspot ada beberapa script.
  • saya pilih satu script saja yaitu sebagai berikut :


<script type=’text/javascript’>

var this_url = windows.location.href ;

var new_url = this_url.replace(&quot;https://www.haramainfood.id&quot;,&quot;https://www.haramainfood.com&quot;);

window.location = new_url;

</script>


  • ganti alamat blog yang berwarna merah dengan alamat blog anda
  • buka dashboard blog lama, masuk menu tema, edit html, dan copy pastekan script di atas di bawah <head>

script redirect blogspot
script redirect blogspot


Setelah semua dilakukan, permalink postingan baru juga sudah sama dengan permalink blog lama, maka sekarang coba akses domain lama, maka secara otomatis akan diarahkan ke domain baru.


Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger (Blogspot)
permalink lama



Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger
permalink baru


Yah.. untungnya buat saya jumlah postingan diblog lama masih sedikit dan permalink yang saya gunakan otomatis, jadi tidak capek edit permalink.

Sekian catatan dari saya ini. Apa yang saya alami sehari-hari dan bisa ditulis, maka akan saya usahakan untuk ditulis diblog ini, walaupun mungkin sedikit orang yang mencarinya.


2 komentar untuk " Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Blogger (Blogspot)"

Comment Author Avatar
Halo, kak..

Kak mau tanya, ketika sudah berhasil direct ke blog baru, domain lama apa harus tetap aktif atau gapapa dibiarkan mati kak?
Comment Author Avatar
biarkan aktif beberapa waktu sampai domain baru terindeks google dan mendapat peringkat di pencarian google. Setelahnya bisa dibiarkan mati sendiri domain lama tersebut