Gunung Telomoyo Naik Motor Via Dalangan

Mencari informasi tentang gunung sudah terlalu banyak di google, kata kunci naik gunung, maka halaman pertama google pun dipenuhi oleh media-media koran online besar.

Mencari basecamp pendakian gunung dengan mudah bisa ditemukan di google map. Mencari foto dan akun official basecamp saja bisa dengan mudah didapatkan di instagram. Mencari review sebuah tempat wisata dan pendakian gunung pun bisa dilihat di youtube.

Dari kondisi di atas, tampaknya memang sudah tidak zamannya lagi menulis catatan pendakian gunung di sebuah blog pribadi dengan trafik alakadarnya, bakalan kalah posisi di pencarian google. Era nya web 2.0 pun menggeser web 1.0. Iya generasi media sosial cenderung lebih mendominasi daripada media online yang satu arah.

Tapi tidak mengapa kalau memang membuat tulisan entah karena gabut, atau karena hobi nulis daripada ngomong, apalagi ngomongin orang.

Menulis di blog pribadi sah-sah saja. Saya pun sekedar menulis beberapa paragraf dari hasil jalan-jalan dengan teman ke Gunung Telomoyo.

Gunung Telomoyo

Tentang Gunung Telomoyo saya sendiri tidak banyak tahu. Coba tanya google saja kalau bertanya soal kapan Gunung Telomoyo meletus he he. . , ya apa saja ditanyakan ke google. Misteri Gunung Telomoyo pun ada yang cari lho !

Daripada berpanjang lebar kali tinggi, langsung saja berikut catatan perjalanan naik motor ke Gunung Telomoyo

Posisi kami berada di Magelang, jadi untuk ke Gunung Telomoyo, kami pilih lewat Dalangan.  Sekali lagi karena kemudahan zaman sekarang, kalau ingin mencari basecamp pendakian gunung tinggal ketik saja di google. Misalnya kita ketik : " Gunung Telomoyo Via Dalangan " akan muncul di google, pilih saja map nya

gunung telomoyo naik mobil

Aplikasi google map akan terbuka dan hampir semua informasi bisa kita dapatkan di situ. Ada nomer HP yang bisa dihubungi bisa lewat whatsapp.

telomoyo magelang
Telomoyo Magelang

Untuk rute sampai pos tiketnya , jangan khawatir dari Magelang sampai Gunung Telomoyo selalu ada sinyal GSM, jadi gunakan saja google map online agar google bisa memandu perjalanan kita sampai tujuan.

Jika memakai google street view maka penampakannya akan berbeda sekali dengan kondisi saat ini, iya dikarenakan google street view terakhir ambil fotonya tahun 2005.

Untuk tahun 2022 ini pertigaan penanda masuknya ke wisata telomoyo terlihat lebih bagus lagi, kalau gelap tulisan telomoyo pun menyala

wisata telomoyo

Untuk sampai puncak telomoyo bisa naik motor atau naik mobil. Di lokasi juga ada penyewaan mobil jeep.

gunung telomoyo naik mobil
Mobil Jeep Telomoyo

Berapa tiket masuk telomoyo ? Saat tahun 2022 ini tiketnya Rp 10.000,- , ditambah karcis pemeliharaan Rp 5000,-

tiket masuk telomoyo

tiket masuk wisata telomoyo
karcis pemeliharaan wisata telomoyo

Untuk sampai puncak, jalannya sudah bagus dan relatif mudah dilalui. Hari liburpun lumayan rame, biasanya mereka berburu sunrise.

Kondisi aspal memang bervariasi, sebagian kecil saja aspal mulai mengelupas.

wisata telomoyo
telomoyo

tampak juga ada air terjun kecil, ciri khas telomoyo dengan air terjun kecil di pertengah jalan ini.

air terjun telomoyo
air terjun kecil telomoyo

lanjutkan terus perjalanannya , sampai pada pertigaan telomoyo via Dalangan dengan telomoyo via Pagergedok

petunjuk arah ke puncak

kalau ke puncak belok kanan, kalau mau turun ke pagergedok dari dalangan belok kiri, arah jalan turun dan cor-coran. Jika musim hujan jalan cor-coran ini licin.

Kalau dari Pagergedok lewat tanjakan ini , harus siap-siap, joki motor harus ambil persiapan agar motor kuat lewati tanjakan ini.

tanjakan dari Pagergedok

karena kita dari Dalangan, jalan relatif mudah, belok kanan lanjut menuju puncak. Walaupun mudah jalannya, tetap berhati-hati, jalan akan berkelok-kelok

jalan kelokan telomoyo
kelokan di telomoyo

nikmati saja perjalanannya , kadang disambut dengan dinginnya kabut pagi hari.

kabut gunung telomoyo
kabut di gunung telomoyo

karena mengejar moment sunrise teruskan saja menuju puncak sampai terlihat kumpulan orang-orang berhenti di tepi jalan

Ya namanya wisata gunung, tentu rame, jangan khawatir sampai puncakpun banyak penjual makanan. O iya cari spot-spot untuk foto sunrise dulu saja, nanti soal makanan bisa diatur waktunya.

spot sunrise telomoyo
menepi di jalan telomoyo

naik motor telomoyo
cari spot sunrise

siapkan kamera, setidaknya kamera HP saja. Yang ditunggu-tunggu muncul juga matahari terbit

sunrise telomoyo

view telomoyo lainnya selain sunrise, tentu gunung-gunung sekitar Telomoyo seperti Gunung Merbabu

view telomoyo

Danau Rawa Pening pun juga tampak dari Telomoyo

ambil foto sebanyak-banyaknya saja, apalagi bagi yang pintar fotografi bisa menambah koleksi portofolio.

Kalau sudah selesai mungkin ada yang bertanya, terus dimana puncak Gunung Telomoyo ini ?

Puncaknya adalah tower, Gunung Telomoyo memang dipakai untuk menempatkan beberapa stasiun repeater atau relay alat-alat komunikasi, salah satunya untuk komunikasi dengan radio amatir ( armature radio ) atau orang biasa menyebut HT ( handy talkie )

puncak telomoyo

Setelah turun sampai bawah, kita melihat sebuah rumah sepertinya basecamp untuk pendakian gunung. Dan benar ternyata ada juga jalur pendakian Gunung Telomoyo dengan jalan kaki. Di samping basecamp terlihat jelas peta pendakiannya.

pendakian gunung telomoyo
pendakian gunung telomoyo via ardat

gapura pendakian gunung telomoyo

Untuk pendakian Gunung Telomoyo dengan jalan kaki ini, kami belum pernah mencobanya. Kalau ada waktu suatu saat bisa jalan kaki dan camping di Telomoyo, akan kita coba untuk menulis lagi.

Terimakasih, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca semua.