Mendaki Gunung Si Kendil 1800 mdpl via Sibajag Candiroto Temanggung

Diajak mendaki gunung oleh teman, bagi saya pribadi memang untuk saat ini masih banyak perhitungan. Mungkin karena sudah tidak muda lagi, atau karena kebiasaan sehari-hari saja yang sudah nyaman di depan komputer jadi malas gerak saja.

Tapi kalau sudah jalan dan mendaki gunung, memang suasana akan berbeda, lupa sementara pekerjaan, lupa soal mencari penghasilan tambahan, atau bahkan sampai lupa akan hutang ? he he . . .

Jadi tulisan ini mungkin bisa untuk referensi bagi yang mencari suasana berbeda dengan mendaki gunung bukan untuk pemula saja seperti kebanyakan artikel di google yang menulis tentang rekomendasi gunung untuk pendaki pemula. 

Mendaki gunung yang bisa jalan santai, bisa dilakukan dalam semalam, bisa ngecamp tipis-tipis, pemandangan indah, udara segar didapat dan mungkin yang penting bagi orang-orang saat ini adalah bisa update instagram dengan foto selfienya, atau mau live streaming juga memungkinkan.

Tapi bagi saya sih, bisa ngecamp, rasakan dingin dan sejuknya udara pegunungan, bisa dapat indahnya pemandangan, dan tidak terlalu melelahkan.



bukit sikendil berapa mdpl
view dari gunung sikendil


Iya Gunung Sikendil, atau Bukit Sikendil. Itulah yang ditanyakan teman saya saat pertama kali bertanya, apa pernah saya ke Gunung Sikendil ?

Belum pernah sih ke Sikendil, dulu pernahnya ke Gunung Sigandul Temanggung. Tapi mirip-mirip namanya ya, dan rasanya kok pernah dengar nama Sikendil. 

Pencarian di googlepun tentang Gunung Sikendil cukup banyak informasi, dan tampaknya memang bisa didaki dengan santai. Oke lah bisa kita agendakan untuk jalan-jalan ke Sikendil.


Info Bukit Sikendil

Sebelum mendaki gunung, cari dulu info tujuan pendakian tersebut. Dengan adanya internet dan google, maka sangat mudah sekali mencari informasi tersebut.

Bukit Sikendil ini di sekitar Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Kalau pernah mendaki Gunung Prau, maka terlihat banyak perbukitan antara Sindoro dan Prau.  

Kalau pernah mendaki Sindoro via Sigedang, maka sudah dekat dengan Dusun Sibajag, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung di mana basecamp Sikendil berada.

Jika pernah melewati Tambi dari Dieng akan ke Ngadirejo Temanggung, maka akan melewati daerah bukit Sikendil ini berada  Ada banyak wisata juga seperti Situs Liyangan, Jumprit.

Lebih jelas bisa buka google map dan cari Bukit Sikendil. Untuk basecampnya bisa juga dicari di google map dengan nama : Basecamp Joko Kendil 

Rute ke basecamp bisa dipelajari dengan google map. Jika dari Jakarta bisa lewat Wonosobo kemudian ke kabupaten Temanggung. 

Jika dari arah Semarang bisa lewat kabupaten Kendal kemudian ke Temanggung, yaitu ke kecamatan Candiroto atau Ngadirejo 

Jalan Wonosobo- Temanggung ini memang berkelok-kelok, kadang ada tanjakan yang butuh konsentrasi dan tenaga untuk bisa melaluinya. Kondisi aspal relatif bagus. Kondisi perjalanan saat malam hari ada belokan yang lumayan gelap. 

Untuk nomer kontak basecamp yang bisa dihubungi lewat whatsapp di : 0852 2551 2123

Buka tiap hari, dan tutup jam sebelas malam ( 23.00 WIB ) 


basecamp sikendil sibajag
basecamp sikendil


basecamp joko kendil sibajag
basecamp joko kendil sibajag


Registrasi mencatat nama tiap pendaki dan dengan meninggalkan satu KTP. Setelah semua selesai akan diberikan bukti pembayaran untuk mendaki dan parkir . Di bulan Juni 2022 ini tiketnya Rp 10.000,- adapun parkir motor dan fasilitas lainnya di basecamp Rp 5.000,-


bayar karcis gunung sikendil
Tiket Gunung Sikendil


parkir sikendil
Tiket Fasilitas Sikendil


Pendakian Bukit Sikendil

Kalau ada yang bertanya berapa ketinggian Gunung Sikendil ini, maka informasi di google ketinggiannya di angka 1800 mdpl.

Rata-rata waktu tempuh untuk sampai puncak sekitar 1 jam. Kalau pengamatan pribadi, untuk tempat ngecamp cukup untuk 10-12 tenda ukuran 2 orang.

Belum pernah ke Bukit Sikendil atau belum ada teman yang pernah ke Bukit Sikendil, maka bisa memilih mendaki ketika cuaca bagus, di hari yang relatif banyak pendaki agar tidak ragu saat mendaki dan takut salah jalur.

Kekurangannya menurut saya, di Bukit Sikendil ini, kalau sudah sampai puncak cukup sulit mencari tempat persembunyian untuk buang air besar.


basecamp sikendil
di depan parkiran basecamp sikendil



kalau dilihat dari foto di atas ada denah pendakian Gunung Sikendil ada penamaan tempat di sepanjang jalur  pendakian yang dapat dijadikan patokan ( POI / Point of Interest)




pendakian sikendil
denah pendakian sikendil




misalnya : Mushola, Sendang Keramat, Sungai Sirawa, untuk Pos 1 , Bukit Patah Hati , dan Pos 2  kami tidak tahu di mana letaknya.




bukit sikendil berapa mdpl
Bukit Sikendil 


Rute Pendakian  

Untuk jalurnya memang cukup jelas apalagi ketika sudah melewati rumah penduduk, ada masjid kecil, lewati ladang, dan sungai. Jalur menuju puncak cukup jelas, tapi tetap konsentrasi dan hati-hati jika mendaki malam hari dan berkabut. 


Jalan dari basecamp ke jalan utama, setelah beberapa meter ada warung, belok kanan ada gang kecil




pendakian bukit sikendil
awal masuk gang



berjalan lurus sampai ujung gang ada masjid kecil, kemudian lurus agak belok ke kanan cari jalan turun ke arah ladang



basecamp sikendil
masjid dekat basecamp sikendil



Trek yang dilewati saat mendaki Bukit Sikendil ini lumayan bisa jalan santai, awalnya banyak bonus karena dari basecamp kemudian melewati rumah penduduk dan ladang, trek akan turun terus.


pendakian sikendil
turun menuju jalan ladang


Masih dijalur jalan batu yang tertata antar rumah penduduk, menuju ke ladang 



masih di sekitar ladang



turun terus, ikuti saja jalan batu tersebut 




sampai pada persimpangan jalan, ambil arah kanan, ada tanda anak panah yang akan menuju ke gerbang pendakian. 


menuju persimpangan ke sungai


Jika ke arah kiri menuju tempat air, kalau dalam denah pendakian tempat tersebut di beri nama " Sendang Keramat "


sendang keramat sikendil
sendang keramat sikendil


Memasuki gerbang awal pendakian yaitu melewati sungai kecil, mulai ada tanjakan ringan bisa untuk pemanasan untuk hadapi tanjakan berikutnya.


gerbang pendakian


Setelah melewati sungai kecil ( Sungai Sirawa) , dan masuk gerbang pendakian ambil arah kanan jalur mulai menanjak, tapi masih bisa santai, tidak terlalu berat.

Terus ikuti jalur tersebut, jalan setapak terlihat dengan jelas. Kalau malam pun masih bisa dikenali jalurnya, walaupun kadang tidak terlihat jelas sekitarnya, seperti batu besar akan terlihat jelas ketika siang hari.


jalur sekitar batu besar


Jika jalur masih bisa dilalui tanpa rasa berat, berarti puncak masih jauh. Bahkan setelah menemui tanjakan yang cukup terjal, kanan kiri mulai ada pegangan dan tali, ternyata puncakpun masih jauh.



jalur menuju puncak sikendil
jalur menuju puncak sikendil



Perjuangan untuk sampai puncak dengan melewati jalur terjal ini baru dimulai. Kondisi tanah jika hujan atau setelah hujan akan jadi lebih sulit, karena cukup licin juga.


jalan menuju puncak



Atur ritme jalan kita, pelan-pelan saja , yang penting sampai puncak 


jalur di lihat dari atas bukit





masih menuju puncak




puncak sikendil
di puncak gunung sikendil






tenda di puncak sikendil
tenda di puncak sikendil





bukit sikendil sikatok canggal kabupaten temanggung
sunrise tertutup awan





pemandangan dari atas bukit sikendil
pemandangan dari atas bukit sikendil




Gunung butak via Sikatok
Gunung Sibuthak 








basecamp sikendil
kampung sekitar basecamp sikendil





Gunung Sindoro dari sikatok
Gunung Sindoro



Tracklog Pendakian Gunung Sikendil

Kurang lengkap rasanya jika mendaki gunung tidak sekalian record tracklog pendakiannya. Yah kan harus beli GPS ? Tidak harus beli GPS lah, dengan android yang kita punya pun bisa kok record tracklog dalam format.gpx

Saya memakai Xioami Redmi 5a dan aplikasi GPS Offline A-GPS Tracker  . Kami mendaki Gunung Sikendil malah hari, sehingga tidak sempat menandai POI di tracklog yang kami record tersebut.






Untuk tracklog Pendakian Gunung Sikendil , bisa di download di sini

Adapun tracklog pendakian gunung lainnya bisa di cari di blog ini juga


Demikian catatan singkat perjalanan mendaki Gunung Sikendil, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Mendaki Gunung Si Kendil 1800 mdpl via Sibajag Candiroto Temanggung"