Upgrade Wordpress Tidak Bisa Posting, Solusi Bagaimana?


Hari ini, dibalik suntuknya saya berusaha agar bisa nambah penghasilan walau cuma Rp 100.000,- perbulan sehingga bisa ditabung, akhirnya saya menulis corat-coret ini huft..., kaya artikel unfaedah banget.

Persoalan menulis untuk menambah konten di blog emang sulit-sulit gampang, bukan gampang-gampang sulit lagi, dan karena artikel ini masuk kategori unek-unek admin, mari kita simak admin akan nulis apa di bawah ini.
lapak instan tidak bisa updgrade wordpress baru
Editor Baru Wordpress - Gutenberg

Ada beberapa website yang admin kelola, bukan milik admin pribadi sih, tapi itu tugas admin untuk update kontennya dengan tulisan agar pengunjung bisa tambah lagi. Kebetulan saya buat dengan CMS wordpress dengan tema toko online wp-grosir dari theme id , dan ada juga website yang temanya smart toko dari lapak instan. Di wordpress versi sebelumnya berjalan lancar saat akan posting produk baru, setelah saya updgrade ke wordpress 5.0 kenapa saat akan posting produk baru jadi blank putih ?

Langsung saya nonaktifkan semua plugin, tapi cara ini tidak berpengaruh. Terus saya ganti tema defaultnya wordpress berhasil bisa terbuka halaman dashboard untuk menambah postingan barunya. Jadi apa penyebabnya ya?  Apa berarti temanya belum support wordpress terbaru ? Terus solusinya bagaimana ?

Saya cari di grup Wordpress di Facebook, awalnya tidak ada postingan yang sama dengan kasus saya ini, selang beberapa jam ehhh..ada yang buat postingan yang sama dengan kasus saya ini.  Ada yang memberi solusi dengan instal , install plugin classic editor , karena  tema lapak instan, wp grosir,oke theme memodifikasi default post dari wordpress. Asumsinya  tema-tema toko online tersebut masih support memakai default editor lama (classic editor) belum support editor baru wordpress yaitu Guttenberg.

wordpress baru tidak bisa posting toko online
Sebagian Screenshoot Chat di Grup,
Kalau Semua Ditampilkan Kepanjangan lah...

Ayo di coba solusinya dengan instal pluggin classic editor, kalau saya belum praktekkan karena lagi suntuk pakai banget. Semoga para pembaca tidak ketularan saya ini ya, dan artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

11 komentar untuk "Upgrade Wordpress Tidak Bisa Posting, Solusi Bagaimana?"

Comment Author Avatar
Gan, ane juga sempet ngalamin masalah yang sama. Abis upgrade trus ga bisa post, error mulu. Kata temen ane itu gara2 plugin share button 'add this' bener ga gan?

Ane butuh pencerahan ni. Ane bingung web ane ga update2 artikelnya.
Comment Author Avatar
pastikan tema agan sudah support editor baru wordpress alias editor gutenberg, kalau belum support , instal aja plugin classic editor , semoga membantu
Comment Author Avatar
makasih untuk infonya sangat bermanfaat
Comment Author Avatar
terimakasih kembali untuk tips sehat yang sudah berkunjung di blog ini, mungkin mengalami hal yang sama tidak bisa posting setelah upgrade wordpress
Comment Author Avatar
Wah, terimakasih buat artikelnya. Baru kemarin saya mengalami masalah ini. Saya coba caranya, ya...
Comment Author Avatar
iya di coba saja gan, ini cara lama sih saat rame-ramenya dahulu wordpress update. Karena editor wordpress sudah baru pakai Guttenberg, sedangkan template toko-toko online biasanya hanya modifikasi post dan belum support Guttenberg. Yang belum support editor baru , pakai saja pluggin editor clasicc. Semoga template toko-toko online dengan wordpress di perbarui oleh pembuatnya agar support editor Guttenberg.
Comment Author Avatar
Terimakasih atas informasinya, kunjungi www.wanitajago.com
Comment Author Avatar
mantap gan, udah bisa , thks infonya
Comment Author Avatar
iya itu postingan lama gan, sekarang tema wordpress harusnya ikuti perkembangan wordpress sendiri, jadi bisa posting dan edit dengan block layaknya page builder
Comment Author Avatar
Mantap, instal langsung berhasil alhamdulillah... maturnuwun banget gan..
Comment Author Avatar
ya sama-sama, ini tulisan sudah lama banget, mungkin seharusnya tema sudah support wordpress terbaru, tapi gak papa kalau masih ada yg terbantu dengan tulisan ini