Tenda Ultralight 4p ( Kere Hore ?) - Santri Dan Alam

Tenda Ultralight 4p ( Kere Hore ?)

Mengingat Kembali Konsep Ultralight Backpacking

Ultralight backpacking / Ultralight hiking tampaknya mulai banyak dikenal di dunia pendakian Indonesia, tentu atas jerih payah rekan-rekan di grup Indonesian Ultralight Backpacking (IUB) yang dengan senang hati membuat grup FB dan saluran informasi seputar ultralight backpacking lainnya ( seperti IG dan Channel di Youtube), adapun saya di sini hanya menyajikan ulang, menulis ulang sebatas apa yang saya pahami, semoga tidak salah pemahaman saya ini he he..

Istilah Penting Di Ultralight Backpacking (Ultralight Hiking)

Apa yang membedakan antara Ultralight (UL)  Backpacking  dengan mendaki pada umumnya ? Iya adanya batasan base weight di dalam Ultralight Backpacking. Perlu diingat juga beberapa istilah di UL backpacking, yaitu :
  • Baseweight ( Berat Dasar) alias berat keseluruhan peralatan yang ada di dalam tas selain consumable. Contoh baseweight seperti : tas, shelter (tenda/tarptent), perlengkapan tidur, perlengkapan masak, perlengkapan makan dan minum, baju ganti, alat elektronik, dan benda-benda yang di masukkan ke tas.
  • Consumable adalah bahan yang berkurang bahkan bisa habis ketika digunakan atau di makan atau di minum, jelas contohnya seperti : makanan, air, dan bahan bakar ( gas atau yang cair seperti minyak , spirtus dan sebagainya)
  • Worn item adalah perlengkapan yang dipakai, menempel di tubuh atau digunakan saat trekking atau mendaki gunung seperti : pakaian yang kita kenakan – baselayer-baju-celana- , sepatu, trekking pole, topi dan sebagainya.
Kalau sudah paham istilah di UL, dan dari pengertian UL Backpacking yaitu metode mendaki gunung atau berkegiatan alam dengan membawa perlengkapan dan bekal yang lebih ringan dan ringkas, tanpa meninggalkan safety procedure ( prosedur keselamatan dan kenyamanan). 

Point lebih ringan mengacu pada batasan baseweight ( misal 6 kg atau bahkan 4.5 kg disesuaikan dengan ketersediaan perlengkapan tersebut) , namun jangan sampai kita korbankan keselamatan hanya demi mengejar berat yang ringan semata.
Tenda Ultralight 4p
Tenda Kapasitas 4 Person

Tenda Ultralight 4p Kere Hore ( Bukan Stupid light lho)

Self Support Hiking 

Saran yang ingin hijrah ke UL adalah dengan fokus ke "the big three" tiga hal yang berpengaruh besar pada berat baseweight yaitu : tas, shelter dan sleeping bag. Jadi tenda masuk dalam shelter yang memang kita harus fokus untuk menggunakan peralatan yang lebih ringan untuk peralatan ultralight hiking ini, ada orang yang menyebut UL hiking adalah management peralatannya, ya tampaknya memang sedikit benar walaupun dalam cara mendakinya biasanya untuk UL ini menganut self support hiking  atau mandiri berjama'ah. Tiap orang membawa perlengkapan sendiri-sendiri, jadi kalau membutuhkan tenda kapasitas 4 person ini berarti bagaimana? apa tiap bagian dari tenda di bagi pada tiap orang atau bagaimana min ? Karena hiking itu harusnya saling support, apalagi dalam tim , bentuk support kita adalah jangan membebani teman kita dengan perlengkapan yang seharusnya tidak dibawa dia he he.. Kalau begitu dibagi saja perbagian dari tenda tersebut, karena kan temen kita juga butuh, tapi pastikan jangan sampai terpisah atau berpisah, itulah kalau mendaki tapi tergantung dengan orang lain.

Definisi Tenda Ultralight

Kita tidak akan terlalu dalam memikirkan soal self support atau tidak self support lagi deh,  pokoknya tenda ultralight untuk 4p yang recomended apa?, tinggal dijawab saja kok susah. Iya agak susah karena biasanya sih tanyanya begini : "Tenda ultralight 4p yang terjangkau (murah )dana 700ribuan sampai 1,5 juta, kira-kira tenda apa ya? Kira-kira ada yang bisa langsung jawab? ya ada juga sih yang bisa langsung jawab, tapi  saya pribadi mencari tenda ultralight 2p dengan dana 1 juta ke bawah masih agak bingung. Iya definisi tenda ultralight itu beratnya berapa? Lha gitu saja kembali ke definisi tenda ultralight itu beratnya berapa, terus apa saja kelengkapan tenda agar tetap safety. Iya jangan asal ringan tapi tidak safety, kalau tidak safety itu namanya stupid light.

Contoh Tenda Ultralight 2p

Big Agnes Fly Cree HV UL 2 Person
Apa ada tenda yang nyaman dan tentu safety tapi beratnya ringan cuma 1 kg saja ? Untuk yang kapasitas 2 person ada kok tenda tersebut, kehadirannya buat resah orang dan mengganggu stabilitas "keuangan negara" he he..Memang tenda ini ringan di tas tapi berat dikantong, contohnya tenda Big Agnes Fly Creek HV UL 2 Person.  Berat timbangan per item tenda 3 season ini  :
  • Flysheet 320 gr
  • Inner 348 gr
  • Poles (frame) 248 gr
  • Stakes (pasak) 121 gr
  • Stuff sack (bungkusnya) 16 gr
Total : 1053 gram

Ukuran packing 10 x 48 cm, luas lantai tenda (floor) : 2,6 m2, panjang 218 cm, lebar atas 132, lebar bawah 107 cm, tinggi 102 cm. Ukuran lebih jelas bisa di lihat di gambar, hanya saja kita harus merogoh saku 4-5 jutaan untuk dapatkan tenda ini.

Ukuran Tenda Big Agnes Fly Creek HV UL2
Ukuran Tenda Big Agnes Fly Creek HV UL2


Ukuran Tenda Big Agnes Fly Creek HV UL2
Tenda Big Agnes Fly Creek HV UL2


Naturehike Cloud Up 2
Dari contoh tenda di atas, coba sedikit di kiaskan ke shelter lainnya seperti untuk tarptent kapasitas 2 person berat 1 kg atau kurang (outer,inner,pasak,footprint,tali) dengan kelengkapan sesuai dengan tempat kegiatan. Atau di kiaskan ke tenda  2 person mumer (kere hore) walaupun bahan tidak sebagus big agnes tapi lengkap sehingga safety dan berat 1 kg untuk UL atau 1,5 kg -1,7 kg untuk  kriteria lightweight.

Yang sering untuk jadi contoh tenda di kelas murah meriah  dengan dana 1,5-2 jutaan  misal tenda  naturehike 2p yaitu naturehike cloud up 2 yang seri bahan silnylon 20D, berat rincian di website :
  • Tenda: 1240g
  • Pegs dan wind rope (pasak dan aksesoris) : 200g
  • Mat (footprint) : 120g
Total : 1560 gram = 1,56 kg
Tenda Naturehike Cloud Up 2 20 D
Tenda Naturehike Cloud Up 2 20 D
Firebird Merapi Mountain
Masih di bahasan tenda ultralight 2P versi kita yang kere hore, tidak ultralight kalau patokan beratnya 1 kg, karena firebird sendiri masih di angka 1,7 kg hal tersebut wajar karena bahannya memakai kain 190T Polyester. Lebih detail bisa lihat di website resmi Merapi Mountain tenda yang masih dibandrol dengan harga 815.000 ini semoga masih ready stock, kalau tidak ya preorder saja.
Fire Bird Tenda Merapi Mountain
Fire Bird Tenda Merapi Mountain

Compass 2P

Sekali ketik di google dengan kata kunci Compass 2P langsung bermunculan tenda ini di marketplace. Coba cek di Bukalapak, harganya antara 570 ribu sampai 700 ribuan. Bahan tenda 210T Polyester. Berapa kilo berat tenda ini? karena saya tidak punya tenda ini, maka hanya baca di marketplace beratnya 1,8 -1,9 kg.

Tenda Compass 2P
Tenda Compass 2P


Contoh Tenda Ultralight 4p

Pertama contohnya yang mahal-mahal saja ya he he.., seperti MSR atau Big Agnes, atau tidak usah saja, nanti juga belum bisa beli. Berarti contohkan yang lebih berat di tas tapi enteng di kantong. Standar berat tenda untuk tenda UL 4P terus berapa ? Ya paling tidak 2 kali berat yang kapasitas 2P he he.. berarti 2 kg, lebih sedikit tidak mengapa ya? ha ha...

Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d
Naturehike memang relatif murah untuk yang ingin berhijrah ke UL. Tenda kapasitas 3 person ini, dilihat dari ukurannya panjang 215 cm, lebar 180 cm, dengan lebar tersebut kira-kira bisa dipakai untuk 4 orang tidak ? 180 cm dibagi 4 = 45 cm, terlalu sempit juga kalau 4 orang. Untuk berat tenda Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d sekitar 2,3 kg. Adapun harganya cek di lapak merah sekitar 2,2 jutaan
Ukuran Tenda Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d
Ukuran Tenda Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d

Tenda Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d
Tenda Naturehike Cloud Up 3 Silnylon 20d
Compass 4P
Ketik saja di bukalapak tenda compass 4P , munculah tenda ini harga antara 800 ribu sampai 1 jutaan. Untuk berat kata pelapaknya sekitar 2,5 kg. Bahan outer 210T polyester . Untuk ukuran bisa di lihat pada gambar di bawah ini.
Ukuran Tenda Compass 4P
Ukuran Tenda Compass 4P


 Tenda Compass 4P
Tenda Compass 4P
Jadi bagaimana apakah tulisan ini membantu bagi yang sedang mencari tenda ultralight 4P ?

Sumber :

2 Komentar untuk "Tenda Ultralight 4p ( Kere Hore ?)"

  1. Balasan
    1. he he..wa fiika barakallah, biar enteng memang maksimal yang tenda 2P atau kreasi dengan tarptent sendiri

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel