Cara Instal Driver Wifi HG680p Armbian - Santri Dan Alam

Cara Instal Driver Wifi HG680p Armbian

Beberapa waktu yang lalu saya sudah instal Armbian Dekstop di STB HG680p,sekedar untuk ngetik-ngetik dan rencana bisa saya pakai di rumah paling tidak bisa untuk menulis blog. Menulis di blog, langkah pertama jangan sampai terlewatkan adalah tentang riset kata kunci atau keyword. Semula di kantor saya bisa menghubungkan STB ke internet lewat LAN karena kantor langganan indihome. Hal yang tidak saya pikirkan sebelumnya saat di rumah karena tidak punya koneksi jaringan lewat LAN, saya pikir bisa saja menghubungkan STB HG680p dalam mode Armbian dengan HP android lewat tethering. Kenyataannya ternyata wifi internal STB HG680p di Armbian tidak aktif. Saya coba utek-utek pengaturan jaringan, tetap saja tidak bisa.

Menghadapi bagaimana cara aktifkan wifi internal STB HG680p ini saya coba search di grup facebook ARMBIAN LINUX STB HG680P B860H [ID], tapi karena yang posting banyak dan macam-macam saya jadi pusing sendiri he he. Tidak menyerah, saya cari di google, ketemu di blog Loksado, hanya saja perintah untuk instal driver wifi HG680p di blog Loksado lewat terminal dan memakai perintah wget, jadi syarat pertama untuk download file driver wifi langsung ke STB, harus ada koneksi internetnya. Padahal seperti yang di atas saya sebutkan, di rumah tidak punya koneksi internet lewat LAN, jadi bagaimana STB bisa download file tersebut kalau tidak ada koneksi internetnya. Kalau di kantor sih ada, tapi saya coba saja instal driver wifi lewat perintah lain saja.

Cara Instal Driver Wifi HG680p Armbian

  • Pakailah android anda untuk mendownload file deb driver wifi Hg680p, saya lihat di tutor blog Loksado alamat wget nya , yaitu di http://files.loksado.com/hg680p/wlan-black.deb , untuk HG680p pantat hitam, karena memang punya saya STB HG680p yang pantat hitam.
  • Setelah file deb berhasil didownload, pindahkan ke USB flashdisk, kalau android anda support OTG mudah lah memindahkan dari HP android ke USB flashdisk, kebetulan saya pakai Xiaomi Redmi 5a.
  • Setelah file deb dicopykan ke USB flashdisk, jalankan Armbian di STB, dan tancapkan flashdisk ke STB
  • Dari flashdisk, silakan copy file deb (wlan-black.deb) ke folder yang mudah dicari misalnya ke Desktop
  • Buka terminal Armbian
  • Ketik beberapa perintah  berikut ini :

ls                   
cd Desktop    
ls                    
sudo dpkg -i wlan-black.deb

Aktifkan Wifi Internal STB HG680p di Armbian
Aktifkan Wifi Internal STB HG680p di Armbian

tunggu sampai selesai eksekusi file deb nya

  • Setelah selesai bisa kita cek sudah berfungsi belum wifi internalnya, bisa lewat terminal dengan mengetik perintah :  nmcli dev wifi list

Wifi Bawaan HG680p di Armbian
Wifi Bawaan HG680p di Armbian 

Belum ada Komentar untuk "Cara Instal Driver Wifi HG680p Armbian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel