Cara Membersihkan Catridge Canon G2000 Dan Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000 - Santri Dan Alam

Cara Membersihkan Catridge Canon G2000 Dan Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000


Berawal dari masalah tidak keluar tinta warna magenta di printer Canon G2000 akhirnya ada beberapa error yang harus saya jalani. Saya coba cleaning dan deep cleaning lewat maintanance berkali-kali pun tidak berhasil, malah sebaliknya muncul error dan saya harus reset canon G2000 karena error 5B00. Setelah saya coba ganti catride Canon G2000 ada langkah saya yang kelupaan tidak memposisikan penutup infus ke atas sehingga tintapun berbalik dari catridge ke tempat tinta infus, kalau orang bilang printer canon G2000 masuk angin jadinya. Hampir semua tinta tidak mengalir ke catridge, dan gilirannya sekarang catridge yang warna hitam kehabisan stok tinta di dalamnya. Jadi tugas saya bagaimana agar tinta hitam bisa masuk ke catridge. Setelah itu pastikan catridge warna hitam juga bersih dan bisa untuk ngeprint lagi.

Cara Membersihkan Catridge Canon G2000

Berkali-kali saya cek (buka tutup printer), dan awalnya tinta warna hitam sudah mengalir dengan baik melalui selang infus, jadi tidak ada kasus masuk angin, namun kenapa tinta tidak keluar ya? Kalau harus deep cleaning takutnya nanti terjadi error 5B00 lagi deh.. Apa saya harus ganti catridge Canon G2000 ini ya? Penasaran saja, saya buka dan saya ambil catridge seperti langkah di tulisan cara ganti catridge G2000 sebelumnya. Namun saya agak ceroboh atau lupa, kalau akan mengambil catridge printer G2000 , jangan lupa posisikan tutup tempat tinta (ink tank) harus di tarik ke atas agar tinta tidak kembali ke ink tank. 


Cara Membersihkan Catridge Canon G2000
Cara Membersihkan Catridge Canon G2000 

Yah..., dapat masalah lagi sekarang selain catridge warna hitam yang mampet, sekarang tinta pun tidak mengalir ke selang infus. Coba saya fokus dulu ke masalah macetnya tinta di catridge G2000 ini. Akan saya coba bersihkan dengan cara manual saja. Saya beranikan diri untuk melakukan langkah-langkah seperti berikut ini :
  • Cek dengan tissue, dengan menempelkannya ke bawah catridge, saya coba berkali-kali tetap saja tissue masih putih bersih tanpa ada noda tinta hitam sedikitpun.
  • Apa benar sudah mampet catridge ini ? akhirnya saya ambil piring, terus saya isi air hangat dan saya benamkan catridge sebatas beberapa cm saja, yang penting bagian bawah catridge yang merupakan tempat keluarnya tinta sudah masuk ke air hangat tersebut.
  • Beberapa saat air mulai berwarna hitam, bisa jadi sisa tinta mulai luntur dengan air dan sampai akhirnya tidak keluar sama sekali tintanya alias sudah habis.
Begitu cara saya membersihkan catridge Canon G2000, apa benar-benar berhasil? saya juga masih tanda tanya, kalau bersih memang iya, tapi apakah saya bisa berhasil menjadikan catridge bisa di fungsikan kembali untuk mencetak nanti. 

Cara Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000

Setelah saya bersihkan catridge Canon G2000 yang mampet seperti langkah di atas, tugas selanjutnya saya harus mengalirkan tinta pada selang infus dan memasukkannya ke catridge G2000 tersebut. Saya punya inisiatif bagaimana kalau sebelum saya lancarkan aliran tinta di selang infus, saya masukkan beberapa tinta ke dalam catridge dulu. Caranya saya suntikkan beberapa mili tinta ke catridge. Kemudian saya cek dengan tissue, ternyata berhasil tinta sudah bisa keluar dari catridge. Jadi semangat nih sementara belum ganti catridge dulu. Saatnya saya lanjutkan mengalirkan tinta ke selang infus yang masuk angin ini. Apakah harus saya memompa tinta printer Canon G2000 ? 



Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000
Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000

O iya, tadi kan punya suntikan, dan ukurannya pas sekali untuk di masukkan ke ujung selang yang terhubung ke catridge. Jadi yang akan saya lakukan bukanlah memompa tinta tapi sebaliknya akan saya sedot tintanya. Langkah-langkahnya :
  • Siapkan suntikan yang pas masuk di ujung selang tinta yang menuju catridge
  • Buka printer dan jangan lupa ketika akan melepas catridge posisikan penutup warna biru ink tank nya sudah benar ( di buka ke atas)
  • Lepas catridge, dan masukkan suntikan di ujung selang infus tersebut.
  • Mulailah kita sedot tintanya, dengan cara menurunkan kembali penutup warna biru dan tarik tuas suntikan, sampai masuklah beberapa mili tinta ke dalam suntikan.
  • Segera bisa di posisikan ke atas lagi penutup warna biru untuk mengunci agar tinta tidak kembali ke ink tank.
  • Mudah bukan, iya mudah ternyata. Ini untuk catridge warna hitam, karena hanya satu selang saja masih mudah, bagaimana kalau bagian tinta warna? Kan ada tiga selang, tampaknya kita butuh peralatan lagi agar tinta tidak kembali ke ink tank saat posisi penutup warna biru tidak mengunci tinta. Butuh penjepit agar bisa kita menahan sementara posisi tinta setelah kita sedot.
Untuk cara menyedot tinta warna dengan suntikan, kapan-kapan kita praktekkan, saya cari dahulu penjepit yang cocok untuk menahan tinta warna di saat saya sedot satu persatu tinta warna tersebut. Kapan-kapan kita lanjut lagi ya tulisannya ini. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Catridge Canon G2000 Dan Mengalirkan Tinta Pada Selang Infus Printer Canon G2000"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel