Mt Kembang (Info Gunung Kembang), Ketinggian Gunung Kembang, Trek Gunung Kembang - Santri Dan Alam
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mt Kembang (Info Gunung Kembang), Ketinggian Gunung Kembang, Trek Gunung Kembang

Gunung Kembang atau anak muda sekarang biasanya mengganti penyebutan gunung dengan kata mountain dan disingkat Mt. Jadi jangan kaget kalau ada yang mengajak ke Mt Kembang, yang dimaksud Mt Kembang itu ya Gunung Kembang. Untuk infonya sudah banyak bertebaran di dunia maya, dari media mainstream, blog, review google map, atau yang jadi trend anak muda yaitu di channel youtube. Tapi tidak ada salahnya saya juga mencoba menulis tentang Info Gunung Kembang.

Awalnya mungkin kita tidak tahu ada nama gunung, Mt Kembang, bisa jadi seringnya kita memakai medsos akhirnya lihat kok banyak pendaki berselfie di tempat yang belum pernah kita lihat. Akhirnya dari situlah menyebar info terkait Gunung Kembang, paling tidak informasi berupa foto view di Gunung Kembang yang lebih cepat sampai ke kita, dan bisa menarik kita untuk mendakinya. 
Pendaki yang ingin mencoba tujuan mendaki baru biasanya tanya dulu letaknya di mana? Terus ketinggiannya berapa mdpl. Lanjut bertanya enak tidak trek nya. Kalau sudah dapat semua info yang diinginkan, langsung deh buat agenda mendaki gunung tersebut.

Lokasi Gunung Kembang

Gunung Kembang ini ada yang menyebutnya anak Gunung Sindoro, atau secara ilmu vulkanologi namanya kerucut parasiter (parasitic cone), parasit kalau dalam tanaman seperti benalu, tapi kalau pada gunung ini, kemungkinan adalah magma yang menerobos ke samping dan membeku, jadilah Gunung Kembang. Dari sini kita ketahui lokasi Gunung Kembang yaitu sama lokasinya dengan Gunung Sindoro, berada di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Gunung Kembang ini di samping arah barat daya dari Gunung Sindoro. Jika kita pernah mendaki Gunung Prahu, maka bisa kita lihat sisi samping kanan Gunung Sindoro ada gundukan kecil, itulah Gunung Kembang.


Mt Kembang
Mt Kembang


Ketinggian Gunung Kembang 2.320 mdpl

Pendaki bisanya akan menanyakan berapa ketinggian gunung yang kamu daki kemarin? Informasi ketinggian sebuah gunung bisa menjadi gambaran bagi pendaki tersebut. Misalnya jika ketinggian gunung 3000 lebih berarti diperkirakan lama perjalanan sampai pos terakhir, bagaimana suhu di ketinggian tersebut, terus bisa menyusun strategi untuk mendaki gunung tersebut. Ketinggian Gunung Kembang yang tertulis di papan yang berada di puncak adalah 2.320 mdpl.  Lumayan tinggi juga kan? Walaupun kadang gunung yang terkesan pendek belum tentu waktu yang dibutuhkan sampai puncak jadi lebih pendek juga, karena ada hal lain misalnya panjang jalur pendakian, kemudian kondisi trek jalur pendakian dan lain-lain sebagainya.

Trek Gunung Kembang

Gunung Kembang banyak yang menyebutnya kecil-kecil cabe rawit, karena walaupun statusnya anak Sindoro yang kecil dan di bawah 3000 mdpl, tapi trek nya memang membuat pendaki seperti makan cabe rawit, pedes tapi bakalan ketagihan he he.. Namanya juga naik gunung ya capek, nanjak terus tanpa bonus itu wajar, ntar bonusnya kalau sampai puncak dan ketika turun lah. Lebih lengkapnya bisa baca di catatan perjalanan kami mendaki Gunung Kembang via Blembem

Lokasi Basecamp Gunung Kembang

Setahu saya basecamp pendakian Gunung Kembang itu di Blembem, tapi setelah buka google kok ada juga yang mencari jalur pendakian gunung kembang via Lengkong. Apa ada juga ya basecamp pendakian Gunung Kembang via Lengkong.

Basecamp Pendakian Gunung Kembang Via Blembem

Untuk basecamp pendakian Gunung Kembang Via Blembem sudah ada dan mulai populer sudah lebih dari satu tahun yang lalu. Basecamp tersebut menempati bangunan tua bekas pabrik teh. Bangunannya luas dan bisa menampung banyak pendaki.  Blembem berada di Desa Damarkasiyan, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk kontak Basecamp Gunung Kembang bisa hubungi 0812-1079-6164. Letaknya bisa di lihat di google map di sini. Registrasi di layani sekitar pukul 7.30 sampai jam  22.00, kadang sampai pukul 23.00

Dilihat di google map, terkait hari dan jam berapa basecamp mulai ramai seperti di bawah ini. Untuk hari Sabtu tampaknya dari pagi sudah mulai ramai, sampai jam 21.00 kunjungan ke basecamp mulai berkurang. 

Info Gunung Kembang
Hari Sabtu ( screenshoot 14/12/2019)


Bagaimana kalau hari Minggunya, bisa di lihat pada gambar berikut ini :


Info Gunung Kembang
Kunjungan Di Hari Minggu Ke Basecamp Gunung Kembang

Tampaknya hari Minggu paginya sepi di basecamp, tentu saja para pendaki sudah berada di pendakian Gunung Kembang, kemudian mulai naik kunjungan ke Basecamp mulai jam 12.00 siang ( ini bisa jadi indikasi pendaki sudah mulai turun dari gunung dan kembali ke basecamp. Atau juga indikasi memang di hari Minggu ini ada tambahan pendaki juga yang baru datang siang harinya.

Peraturan Di Gunung Kembang

Beberapa Larangan Di Gunung Kembang antaralain :
  • Masuk Tanpa Ijin
  • Membuang Sampah Sembarangan
  • Membuat Api Unggun
  • Tidak Membawa Turun Sampah
  • Menebang Pohon
  • Membawa Senjata Tajam Lebih Dari 20 cm
  • Membawa Senjata Api
  • Mendirikan Tenda
  • Membawa Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)+ Tisu Basah (lebih baik kita pakai tempat minum lipat saja, mengurangi limbah plastik juga)
  • Membawa Kembang Api/ Petasan
  • Membawa Alat Musik
  • Memetik Bunga Edelweisse
  • Berzina
  • Mencoret Pohon/Batu
  • Dilarang Membuat Jalur Sendiri/trobosan
  • Dilarang Camp Di Dalam Hutan
  • Mendaki Dalam Keadaan Sakit

Posting Komentar untuk "Mt Kembang (Info Gunung Kembang), Ketinggian Gunung Kembang, Trek Gunung Kembang "

Berlangganan via Email